Dewi, Tiffany Chyntia (2016) Pengaruh keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK
Bimbingan belajar merupakan proses pertolongan pembimbing kepada peserta didik dalam memecahkan masalah belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah, agar peserta didik dapat menyesuaikan diri dalam belajarnya dan membentuk kebiasaan belajar dengan sistematis dan konsisten agar dapat mencapai prestasi semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh secara langsung keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang, (2) mendeskripsikan pengaruh secara langsung keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang, (3) mendeskripsikan pengaruh tidak langsung keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan analisis data dengan model Path Analysis. Instrumen kunci adalah angket yang digunakan untuk mengukur adanya pengaruh keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, sedangkan hasil belajar diukur dari buku nilai prestasi mata pelajaran Ekonomi semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) adanya pengaruh secara langsung keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang, semakin baik keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar maka semakin tinggi pula motivasi belajarnya, (2) adanya pengaruh secara langsung keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang, semakin baik keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar maka semakin baik pula hasil belajarnya, (3) adanya pengaruh secara tidak langsung keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jombang, semakin baik keterlibatan siswa dalam bimbingan belajar maka semakin tinggi motivasi belajarnya sehingga mempengaruhi hasil belajarnya pula.
ABSTRACT
Tutoring is a process to help mentor students in solving learning problems, both at school and outside school, so that students can adapt the learning and forming the habit of learning to systematically and consistently in order to achieve as much as possible in accordance with the exixting capability on him.
The objective of this study is to: (1) describe the direct influence of complicity in tutoring for the students’ motivation in 11th Grade SMA Negeri 1 Jombang, (2) describe the direct influence of complicity in tutoring for learning outcomes of students in 11th Grade SMA Negeri 1 Jombang (3) describe the indirect influence of complicity in tutoring for learning outcomes through the students’ motivation in 11th Grade SMA Negeri 1 Jombang.
To achieve the objectives above is used quantitative research approache with survey methods and data analysis with the Path Analysis model. Key instrument is a questionnaire used to measure the influence of complicity in tutoring and motivation for learning outcomes, while learning outcomes measured by the book value of the achievements of subjects Economic odd semester on academic year 2015/2016.
The result of study showed that (1) there is a direct influence of complicity in tutoring for students’ motivation in 11th Grade SMA Negeri 1 Jombang, the better complicity of students in participating tutoring then the students’ motivation be higher too, (2) there is a direct influence of complicity in tutoring for learning outcomes of students in 11th Grade SMA Negeri 1 Jombang, the better complicity of students in participating tutoring then the learning outcomes be higher too, (3) there is an indirect influence of complicity in tutoring for learning outcomes through the students’ motivation in 11th Grade SMA Negeri 1 Jombang, the better complicity of students in participating tutoring then the students’ motivation be higher and affect the learning outcomes anyway.
مُسْتَخْلِصُ الْبَحْثِ
تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ هُوَ عَمَلِيَّةُ الْخُلَاصَةِ إِلَى التَّلَامِذِ لِأَنْ أَتَى عَلَى مَسَائِلِ التَّعْلِيْمِ (فِيْ دَاخِلِ الْمَدْرَسَةِ وَ خَارِجِ الْمَدْرَسَةِ) لِكَيْ يُعَايِشُوْا التِّلْمِيْذُ بِبِيْئَةِ تَعْلِيْمِهِمْ وَ يُكَوِّنَ الْعَادَةَ بِمِنْهَاجِ وَ كَثَافَةِ التَّعْلِيْمِ لِلْإِحْرَازِ الْمُنَاقِبِ الَّذِيْ يُنَاسِبُ بِكَفَائَتِهِمْ.
غَايَاتِ هَذِهِ الْمِسَاحَةِ هُمْ : (1) لِيَشْرِحَ أَثَارَ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ مُبَاشَرَةً فِيْ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ لِمُشَوِّقِ تَعْلِيْمِ التَّلَامِذِ فِيْ الْفَصْلِ الثَّانِيَةِ لِلْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الْأَوَّلِ جومبانج. (2) لِيَشْرِحَ أَثَارَ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ مُبَاشَرَةً فِيْ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ لِمُأَثِّرِ تَعْلِيْمِ التَّلَامِذِ فِيْ الْفَصْلِ الثَّانِيَةِ لِلْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الْأَوَّلِ جومبانج. (3) لِيَشْرِحَ أَثَارَ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ تَدَرُّجًا فِيْ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ لِمُؤَثِّرِ التَّعْلِيْمِ بِمُشَوِّقِ تَعْلِيْمِ التَّلَامِذِ فِيْ الْفَصْلِ الثَّانِيَةِ لِلْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الْأَوَّلِ جومبانج. لِيَبْلُغَ تِلْكَ الْغَايَاتِ , فَيُسْتَعْمَلُ مُقَارَبَةً مُرَاجَعَةً الْكَمِّيّ بِكَيْفِيَّةِ الْإِسْتِطْلَاعِ وَ تَحْلِيْلُ الْمَعْلُوْمَاتِ بِقُدْوَةِ تَعَامِيْمِ التَّحْلِيْلِ. جِهَازُ الْمِفْتَاحِ هُوَ اسْتنَابَةُ الَّتِيْ تُسْتَعْمَلَ لِتَحْدِيْدِ أَثَارِ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ فِيْ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ وَ مُشَوِّقُ التَّعْلِيْمِ لِمُؤَثِّرِ تَعْليْمِ التَّلَاِمِذ , وَ مُؤَثِّرُ التَّعْلِيْمِ تُقِيْسُ مِنْ دَفْتَرِ قِيْمِ الْمَنَاقِبِ بِالْمَوْضُوْعِ الْإِقْتِصَادِيَةِ فِيْ الْمَرْحَلَةِ الشَّاذَ فِيْ سَنَةِ التَّعَالِيْمِ 2015\2016.
حَصِيْلَةَ الْبَحْثِ يَدُلُّ عَنْ , (1) أَثَارِ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ مُبَاشَرَةً فِيْ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ لِمُشَوِّقِ تَعْلِيْمِ التَّلَامِذِ فِيْ الْفَصْلِ الثَّانِيَةِ لِلْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الْأَوَّلِ جومبانج , كُلَّمَا أَحْسَنُ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ فِيْ اتِّبَاعِ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ فَأَعْلَى مُشَوِّقِ التَّعْلِيْمِ , (2) أَثَارِ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ مُبَاشَرَةً فِيْ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ لِمُشَوِّقِ تَعْلِيْمِ التَّلَامِذِ فِيْ الْفَصْلِ الثَّانِيَةِ لِلْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الْأَوَّلِ جومبانج , أَحْسَنُ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ فِيْ اتِّبَاعِ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ فَأَحْسَنُ مُؤَثِّرَهِ أَيْضًا , (3) أَثَارِ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ لَا مُبَاشَرَةً فِيْ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ لِمُؤَثِّرِ التَّعْلِيْمِ بِمُشَوِّقِ التَّعْلِيْمِ فِيْ الثَّانِيَةِ لِلْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُوْمِيَّةِ الْأَوَّلِ جومبانج أحْسَنُ مُزَاوَلَةِ التَّلَامِذِ فِيْ اتِّبَاعِ تَوْجِيْهِ التَّعْلِيْمِ فَأَعْلَى مُشَوِّقِ تَعْلِيْمِهِمْ حَتَّى يَسْتَطِيْعَ أَنْ يَرْفَعَ مُؤَثِّرَ تَعْلِيْمِهِمْ أَيْضًا.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi |
Keywords: | Bimbingan Belajar; Motivasi; Hasil belajar; Complicity in Tutoring; Motivation; Learning Outcomes; تَوْجِيْهُ التَّعْلِيْمِ ;مُشَوِّقٌ ;مُؤَثِّرُ التَّعْلِيْمِ |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ella Elysia Yunitasari |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 12:42 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 12:42 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/69665 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |