Roziki, Khafid (2011) إعداد الملصقات لترقية مهارة القراءة: بحث تطويري في مدرسة واحد هاشم المتوسطة داوو بمالانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09720035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dimulai dari kegiatan membaca, lalu mengidentifikasi kosakata dan kalimat pendek, kemudian perlahan menginjak kaidah bahasa. Jadi bisa dikatakan bahwa membaca adalah suatu keterampilan yang penting sebelum siswa belajar keterampilan berbahasa yang lain. Dalam pembelajaran bahasa, penggunaan media pembelajaran yang benar dan bermacam-macam dapat mengurangi dampak negatif siswa dan dapat menumbuhkan daya tarik siswa dalam belajar. Begitupula media visual (gambar dan rumus) merupakan suatu media yang dapat diterapkan dimanapun dan bisa memberikan kontribusi yang besar dalam kegiatan belajar mengajar.
Setelah peneliti melakukan pengamatan terhadap proses pengajaran bahasa Arab di kelas II B Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 2 Dau Malang, peneliti menemukan banyak masalah sehingga target kompetensi masih belum bisa tercapai dengan baik. Diantara permasalahan itu adalah proses pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran yang beragam, hal ini akan menyebabkan rendahnya daya tarik siswa belajar bahasa Arab dan hasil belajar siswa yang kurang maksimal.
Dari problematika di atas, muncullah gagasan peneliti untuk membuat media pembelajaran yang bisa mengatasi masalah tersebut, khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan berbahasa Arab. Peneliti membuat poster-poster pembelajaran dengan menggunakan program Adobe Photoshop untuk menunjang kemampuan membaca siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) membuat poster-poster pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuan membaca. (2) Mengetahui efektifitas penggunaan poster dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami bacaan berbahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan (Development Research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 2 Dau Malang tahun ajaran 2010 – 2011 yang berjumlah 65 orang. Dari jumlah populasi tersebut peneliti mengambil kelas II B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa. Instrument yang digunakan berupa interview, observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan poster sangat member pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami bacaan maupun ide pokok bacaan berbahasa Arab siswa kelas II B Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 2 Dau Malang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik menggunakan uji T-Test Independent dengan hasil 7,131. Dan hipotesis yang diajukan diterima.
ABSTRACT
Learning Arabic in Indonesia is started from reading activities, and identify the vocabulary and short sentences, and then slowly step on the rules of language. So reading skill is essential before students learn another language skills. In language learning, the correct use of media and a variety can reduce the negative impact of students and to foster the attraction of students in learning. Neither visual media (images and formulas) is a media that can be applied anywhere and can give a large contribution in teaching and learning activities.
The researcher has examined the process of teaching Arabic in the class II B Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 2 Dau Malang, so investigated and there was found many problems so the target is can not competency achieved properly. Among the problems it is a learning process that does not use a variety of instructional media, this will cause low attractiveness of students studying Arabic and student learning outcomes are less than the maximum.
From the above problems, there emerged the idea of researchers to create instructional media that can overcome these problems, particularly in improving students' skills in comprehending reading texts written in Arabic. Researcher create learning posters using Adobe Photoshop program to support students' reading skills.
The purpose of this study were (1) Creating posters for learning to improve students' skills in reading skills. (2) Determine the effective use of posters in improving students' reading comprehension skills in Arabic.
The population in this study were class II of Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 2 Dau Malang year 2010-2011, amounting to 65 people. Of the total population of researchers took a class II B as an experimental class that numbered 34 students. Instruments used were interviews, observation, tests and questionnaires. The results showed that the use of posters very member influence in improving students' reading comprehension skills as well as the main idea of Arabic literature class VII B Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 2 Dau Malang. This is evident from the results of statistical calculations using T-test Independent with the results of 7.131. And the hypothesis was accepted.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Poster; Meningkatkan keterampilan membaca; Posters; improve reading skills. | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 01 Jun 2017 14:46 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:04 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6948 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |