Fathoni, Fathoni (2011) استخدام الطريقة الإستقرائية في تعليم قواعد اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة: دراسة تجريبية في مدرسة الرئسية المتوسطة الإسلامية بمتارم نوسا تنجارا الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dari sekian banyak problemat ika pembelajaran tata bahasa Arab adalah metode, di samping kurikulum, buku ajar, persepsi tentang tujuan pengajaran dan kualitas sumberdaya pengajar. Pada penelit ian ini, peneliti menfokuskan penelit ian pada masalah metode yaitu dengan menerapkan metode induktif dengan pertimbangan bahwa metode ini sangat cocok untuk siswa tingkat tsanawiyah. Metode yang telah diterapkan ini didasarkan pada teori Ta’liq yang dimunculkan oleh Tamam Hasan dalam buku “al Lughah al-Arabiyyah Ma’naha wa Mabnaha”. Teori ini merupakan usaha penulis untuk menerapkan teori lingustik modern dalam bahasa Arab yang bertujuan untuk mempermudah tata bahasa Arab itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelit ian ini adalah: ‘Bagaimana pengembangan kompetensi tata bahasa Arab pada siswa Madrasah Ar-Raisiyah Sekarbela Kota Mataram NTB dengan metode induktif dalam meningkatkan kemampuan menyusun kata-kata ke dalam kalimat atau paragraf, dan sejauhmana efektifitan metode induktif dalam pembelajaran tata bahasa Arab dalam dalam meningkatkan kemampuan menyusun kata-kata ke dalam kalimat atau paragraf Penelit ian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang pengembangan kompetensi tata bahasa Arab
Siswa dengan menggunakan metode induktif dalam meningkatkan kemampuan menyusun kata-kata ke dalam kalimat atau paragraf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dari penelelit ian ini meliputi para siswa kelas VIII Madrasah ArRaisiyah Sekarbela Mataram NTB Tahun Ajaran 2010/2011. Adapun instrumen penelit ian adalah peneliti sendiri, observasi, wawancara dan tes.
Sedangkan sampel penelit ian penulismengambil siswa kelas VIII A dengan jumlah 30 siswa. Hasil dari penelit ian ini adalah sebagai berikut: (1). Bahwa pembelajaran tata bahasa Arab dengan menggunakan metode induktif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa berpengaruh secara signifikan terhadap nilai siswa (2) ada perbedaan dalam prestasi belajar antara siswa yang diajarkan tata bahasa Arab dengan metode indukt if dengan metode deduktif. Dengan hasil bahwa t hitung = 17,875 dan t table = 2,75. Maka t dihitung hasilnya lebih besar dari t table. Shingga H0 ditolak dan H diterima, artinya bahwa pembelajaran tata bahasa Arab dengan metode induktif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa efektif dan lebih baik dari pada metode pembelajaran bahasa Arab dengan metode deduktif.
ABSTRACT
Some of Arabic grammar teaching problems are method, as well as curriculum, book, perception about teaching purpose and teacher skill. In this research, researcher focused on method by applying induct ive method because it was suitable for students in MTs (Junior High School) level.
This applied method is based on Ta’liq theory conducted by Tamam Hasan in his book “Al-Lughah Al-Arabiyah Ma’naha wa Mabnaha”. This theory is one of writer efforts to apply modern Arabic linguistic theory that aimed to make Arabic grammar easier.
The formulation of the problem in this research is: 'How is the Arabic grammar competency development of the students Madrasah Tsanawiyah Al-Raisiyah Sekarbela Mataram NTB, by induct ive method for improving the ability in arranging words into sentences or paragraphs. The purpose of this research is to get an empirical description about Arabic grammar competency development for improving the ability in arranging words, the student used the inductive method.
This research used the experiment research method by quantitative approach. The population research include of the students class VIII in Madrasah Tsanawiyah Al-Raisiyah Sekarbela NTB Mataram period 2010/2011. And The instrument research are the researcher, observation, interview and test. While the sample research is the students class VIII A contain of 30 students.
The results of this research are: (1). That Arabic grammar learning by using an inductive method for improving the writing skills has a significance effect to student values (2) There is a difference academic achievement among students who are taught Arabic grammar between inductive and deduct ive method. And the result is that t account = 17.875 and t table = 2.75. Then the result of t account is bigger than t table. Then H is rejected and H is accepted, it means that Arabic grammar learning by inductive method for improving the students writing skill is effective and better than Arabic grammar learning by inductive method.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الطريقة الإستقرائية; تعليم قواعد اللغة العربية; مهارة الكتابة; Metode Induktif; Pengajaran Tata Bahasa Arab; Kemahiran Menulis; Inductive Method; Teaching Arabic Grammar; Writing Proficiency | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 01 Jun 2017 14:50 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2018 14:04 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6934 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |