Sa'adah, Umi Lailatus (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi keislaman untuk melatih kemampuan literasi matematika pada materi aritmetika sosial Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
200108110039.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman guna melatih kemampuan literasi matematika pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP yang layak dan praktis. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs Darul Falah Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan pengumpulan data mengenai permasalahan awal dalam pembelajaran matematika. Tahap desain adalah proses merancang LKPD yang akan dikembangkan. Tahap pengembangan adalah pembuatan produk berdasarkan rancangan yang telah dibuat sebelumnya, disesuaikan dengan saran dan validasi oleh validator ahli. Setelah produk dinyatakan layak, maka selanjutnya tahap implementasi adalah penerapan produk yang telah dikembangkan dalam pembelajaran. Tahap terakhir, yaitu evaluasi, melibatkan penilaian produk yang telah diuji coba untuk mengetahui kepraktisannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus persentase kelayakan dan persentase kepraktisan. Penilaian produk dilakukan oleh lima validator ahli: ahli materi, ahli media, ahli evaluasi, ahli integrasi, dan ahli pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki persentase kelayakan rata-rata sebesar 91,04%, yang dikategorikan sangat layak. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa produk ini memiliki persentase kepraktisan rata-rata sebesar 87,48%, yang juga dikategorikan sangat praktis untuk digunakan. Dengan demikian, LKPD yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman ini dinyatakan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi aritmetika sosial, untuk melatih kemampuan literasi matematika siswa.
ENGLISH:
This research aims to develop a Student Worksheet integrated with Islamic values to enhance mathematical literacy skills in social arithmetic for 7th-grade junior high school students, ensuring that the worksheet is both feasible and practical. The research was conducted with seventh-grade students at Islamic Junior High School Darul Falah Banyuwangi. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model, which includes the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. In the analysis stage, data was collected regarding the initial problems in mathematics learning. The design phase involves the process of designing the student worksheet to be developed. The development phase includes the creation of the product based on the previously made design, adjusted according to suggestions and validation by expert validators. Once the product is deemed feasible, the implementation phase follows, which involves applying the developed product in the learning process. The final phase, evaluation, involves assessing the product that has been tested to determine its practicality. The data collection techniques used include interviews and questionnaires. The data analysis techniques used are the feasibility percentage formula and the practicality percentage formula. The product assessment was conducted by five expert validators: material expert, media expert, evaluation expert, integration expert, and learning expert. The research results show that the developed product has an average feasibility percentage of 91,04%, categorized as very feasible. Additionally, the research results indicate that the product has an average practicality percentage of 87,48%, also categorized as very practical for use. Therefore, the Student Worksheets integrated with Islamic values are deemed feasible and practical for use in mathematics learning, particularly in social arithmetic material, to enhance students' mathematical literacy skills.
ARABIC:
في ةيضيارلا ةفرعلما تاراهم زيزعتل ةيملاسلإا ميقلبا ةمجدم بلاطلل لمع ةقرو ريوطت لىإ ثحبلا اذه فدهي ذيفنتلا ةنكمم نوكت لمعلا ةقرو نأ نم دكأتلا عم ،ةطسوتلما ةسردلما نم عباسلا فصلا بلاطل يعامتجلاا باسلحا ةيلمعو تيرجأ . جهنلما .ينجاووينبا حلافلا راد ةيملاسلإا ةيدادعلإا ةسردلما في عباسلا فصلا بلاط عم ثحبلا ،ريوطتلا ،ميمصتلا ،ليلحتلا لحارم لمشي يذلا يِّ دَأ ريوطت جذونم عم ريوطتلاو ثحبلا وه مدختسلما يثحبلا .مييقتلاو ،ذيفنتلا لكاشلمبا ةقلعتلما تناايبلا عجم تم ،ليلحتلا ةلحرم في .تايضيارلا ملعت في ةيلولأا ميمصتلا ةلحرم لمشت يذلا ميمصتلا ىلع ً ءانب جتنلما ءاشنإ ريوطتلا ةلحرم نمضتت .اهريوطت متيس تيلا بلاطلا لمع ةقرو ميمصت ةيلمع رم تيتأ ،ا ً بسانم جتنلما رابتعا درجبم .ءابرلخا ةحص نم ققحتلاو تاحاترقلال اً قفو ليدعتلا عم ،اً قباس هدادعإ تم ةلح تم يذلا جتنلما مييقت لمشت ،مييقتلا يهو ،ةيئاهنلا ةلحرلما .ملعتلا ةيلمع في ر وطلما جتنلما قيبطت نمضتت تيلا ذيفنتلا تاينقت لمشتو .تناايبتسلااو تلاباقلما ةمدختسلما تناايبلا عجم تاينقت لمشت .هتيلمع ىدم ديدحتل هرابتخا ىودلجا ةبسن ةغيص مادختسا تناايبلا ليلتح .ةيلمعلا ةبسن ةغيصو يربخو ،لماكتلا يربخ ،مييقتلا يربخ ،طئاسولا يربخ ،ةدالما يربخ :ءابرلخا نم ةسخم لبق نم جتنلما مييقت متلا اهردق ةطسوتم ةمءلام ةبسن هيدل روطلما جتنلما نأ ثحبلا جئاتن رهظت .ميلعتلا ٩١٫٠٤ ،٪ مئلام هنأ ىلع فنصُ يو ن يرشت ،كلذ لىإ ةفاضلإبا .ً ادج اهردق ةطسوتم ةيلمع ةبسن هيدل جتنلما نأ لىإ ثحبلا جئات ٨٧,٤٨ فنصُ يو ،٪ مادختسلال ةيلمعو ةمئلام ةيملاسلإا ميقلا عم ةلماكتلما لمعلا قاروأ برتعت ،كلذل .مادختسلال ً ادج يلمع هنأ ىلع لأا ومح في بلاطلا تاراهم زيزعتل ،يعامتجلاا باسلحا ةدام في ةصاخ ،تايضيارلا ملعت في .ةيضيارلا ةيم
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Utami, Mutiara Arlisyah Putri |
Keywords: | LKPD; Integrasi; Literasi Matematika; Aritmetika Sosial; Student Worksheets; Integration; Mathematical Literacy; Social Arithmetic; ،لماكتلا ،بلاطلا لمع قاروأ يعا |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | UMI LAILATUS SA'ADAH |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 14:21 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 14:21 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/69206 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |