Implementasi nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran PJOK di Madrasah Ibtidaiyah KH. A. Thohir Tumpang Malang

Anwar, Nuzulul (2016) Implementasi nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran PJOK di Madrasah Ibtidaiyah KH. A. Thohir Tumpang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

MI KH. A. Tthohir mempunyai strategi dalam pembentukan karakter atau perilaku anak, dimana pendidikan karakter adalah landasan awal untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral ataupun akhlak yang mulia, penerapan pendidikan karakter dilaksanakan di lingkungan sekolah, pada mata pelajaran PJOK dimana seoang guru dan pihak sekolah mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter dan perilaku anak.

Tujuan penelitian ini adalah: (l) mendiskripsikan metode pendidikan karakter dalam pembelajaran PJOK guna meningkatkan akhlak di MI KH. A. Thohir Tumpang Malang, (2) mendeskripsikan kendala dalam pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak di MI KH. A. Thohir Tumpang Malang. (3) mendiskripsikan solusi dalam pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak di MI KH. A. Thohir Tumpang Malang.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian, ferifikasi dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk akhlak MI KH. A. Thohir Tumpang Malang.dilakukan setiap hari dengan menggunakn beberapa metode tertentu yaitu pemberian contoh, senam dan imam sholat dan pembudayaan senyum sapa dan salam. (2) kendala serta solusi penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak di MI KH. A. Thohir Tumpang Malang., kendalanya yaitu dari pihak orang tua dan lingkungan yang tidak dapat di ajak kersama dengan sekolah,(3) solusi dari kendala tersebut yaitu diadakannya evaluasi setiap hari bersama guru-guru

ENGLISH:

Character education is a preliminary strategy to shape children's good and exemplary behavior in the generation. This education was firstly done at home and school where parents and teachers have a crucial role in shaping the character.

The purposes of this research are; (1) To describe the character education implementation to increase akhlaq at MI KH. A. Thohir Tumpang Malang, (2) to describe the problem and solution for character education at MI KH. A. Thohir Tumpang Malang.

To achieve those purposes, the research applies qualitative approach with a case study. The kev instrument is the researcher herself, and the data collection technique is observation, interview and documentation. Data are analyzed with triangulation by matching the result with interview, documentation and presenting the result and drawing conclusion

The results showed that (l) the implementation of character education in improving akhlaq at MI KH. A. Thohir Tumpang Malang was done every day on
particular subjects; give example, dancing and leader of sholat (2) constraints and solutions to improve the implementation of character education akhlaq at MI KH. A. Thohir Tumpang Malang, the obstacles of the parents and the environment cannot take a cooperation with schools, (3) the solution of these constraints are holding daily evaluation together teachers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Widodo, Bintoro
Keywords: Pendidikan Karakter; Character Building
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 31 May 2017 04:28
Last Modified: 31 May 2017 04:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item