Kufi, M. Bayuzar El (2017) Pengaruh sarana pembelajaran dan motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar pelajaran matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Turen Kabupaten Malang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12140072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Sarana pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan berupa informasi dari pengirim atau sumber ke penerima. Sarana pembelajaran pembelajaran dapat dikatakan sebagai sarana pembelajaran ketika membawa pesan dengan tujuan pembelajaran.
Motivasi belajar matematika merupakan suatu dorongan atau penggerak baik dari dalam diri maupun dari orang lain dengan ditandai munculnya rasa untuk mencapai tujuan untuk menjadi lebih baik bagi seorang siswa dalam belajar matematika.
Hasil belajar matematika adalah hasil yang telah diperoleh siswa dari pengalaman-pengalaman dan latihan-latihan yang diikutinya selama pembelajaran matematika yang berupa kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan antara sarana pembelajaran terhadap hasi belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Turen kabupatan Malang tahun ajaran 2016/2017
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan pengaruh antar variabel bebas dengan variabel terikat serta menguji hipotesis yang diajukan. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan korelasi yaitu pendekatan yang hanya mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Karena dalam penelitian ini menggunakan tiga variabel maka menggunakan pendekatan multivariate correlation. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sebanyak 43 siswa dengan teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ada pengaruh sarana pembelajaran dan motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematik siswa kelas V di MIN Turen kabupaten Malang tahun ajaran 2016/2017. Hal ini berarti tinggi rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V MIN Turen kabupaten Malang tahun ajaran 2016/2017 sangat dipengaruhi oleh tinggirendahnya sarana pembelajaran yang menunjang pembelajaran dan motivasi belajar matematika.
ENGLISH:
Learning tool is anything that can be used to deliver messages in the form of information from the sender or the source itself to the receiver. Learning tool can be considered as a tool of learning in carrying the message to the learning objectives.
Mathemathic learning motivation is an encouragement or stimulus either from self motivation or others with a marked sense of belonging to achieve the goal to be better student in learning mathematics.
The result is already obtained by the experiences and exercises of the student that followed during learning mathematics in the form of cognitive, affective, and psychomotor.
The goal of this study is to explain the significant influence between the tool toward learning outcomes and learning motivation over fifth grade mathematic learning result in Islamic State Elementary School Turen Malang.
This study uses quantitative method which explains the influence between independent variables and the dependent variable and to test the hypothesis. The approach in this study is the correlation approach which is the only approach to find a relationship between two or more variables. Due to this research uses three variables, the researcher uses a multivariate approach correlation. Furthermore, this study takes forty three students as the object to analyze. The questionnaire is used as the data collection.
The result of this study shows that: the influence of learning tool and mathematic learning motivation toward children learning outcomes in fifth grade mathematic class Islamic State Elementary School Turen Malang. From the result above is shows that learning process is strongly influenced by the level of infrastructures that support learning and motivation in learning mathematics.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abdussakir, Abdussakir | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sarana pembelajaran; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Infrastructures; Learning Motivation; Learning Outcome | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2017 16:07 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2017 16:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6893 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |