Pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga dan latar belakang sosial-ekonomi orang tua terhadap pengambilan keputusan berkonsumsi pada mahasiswa pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Iqomudin, Muhammad Afif (2017) Pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga dan latar belakang sosial-ekonomi orang tua terhadap pengambilan keputusan berkonsumsi pada mahasiswa pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pada masyarakat modern pada abad ke-20, konsumerisme menjadi bagian utama hidupnya secara terus-menerus. Masyarakat tersebut merupakan orang yang tidak mengkonsumsi barang bukan karena membutuhkan secara fungsional, melainkan karena tuntutan prestise (gensi), status, atau sekedar gaya hidup (life style), hal ini sering dilakukan masyarakat pada umur remaja. Dari permasalahan umum tersebut membuat perhatian bagi peneliti untuk melihat segi pendidikan baik itu pendidikan keluarga (informal) dan pembelajaran yang di dapat di lembaga pendidikan (formal) tentang bagaimana pengaruh pendidikan yang didapat di dalam pendidikan formal maupun informal dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan berkonsumsi mahasiswa yang tergolong remaja tersebut. Lembaga pendidikan yang dimaksud yakni perguruan tinggi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dikarenakan memiliki background Islam serta Universitas tersebut dekat dengan pusat pembelanjaan seperti Malang Town Square (MATOS), Dieng, MALL Matahari, Carrfure dan Pasar Besar serta dekat dengan Taman Kota Malang, sehingga peneliti mencoba untuk mencari pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam dan terhadap keluarga latar belakang sosial-ekonomi Orang tua terhadap pengambilan keputusan berkonsumsi yang rasional dalam perspektif Islam pada mahasiswa muslim.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan ekplanasi yakni menjelaskan pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. subjek peneliti yakni mahasiswa jurusan pendidikan IPS yang berjumlah 503 populasi, sedangkan dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan pendapat Arikunto maka sampel dari penelitian ini adalah 25% dari populasi atau 127 sampel.

Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disampaikan bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh literasi ekonomi, terhadap pengambilan keputusan berkonsumsi pada Mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 2) terdapat pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap pengambilan keputusan berkonsumsi pada Mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 3) terdapat pengaruh keluarga latar belakang sosial-ekonomi Orang tua terhadap pengambilan keputusan berkonsumsi pada Mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 4) terdapat pengaruh simultan antara literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam dan terhadap keluarga latar belakang sosial-ekonomi Orang tua terhadap pengambilan keputusan berkonsumsi pada Mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

ENGLISH:

In the 20th century’s modern society, consumerism is becoming part of lifestyle. There are people who treat consumption practicesas a major part of his life continuously. The society consume goods because of prestige, status, or just life style which is all often done by teenager. The common problem which trigger the researcher to be interested to analyze isin terms of education,how education in formal and informal education influence the decision-making process ofstudent’s consumption.

The researcher focuses the research at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang because having Islamic background and is located close to shopping centers such as Malang Town Square (MATOS), Dieng mall, Matahari, Carrefoure, Big Market and City Park. Therefore, the researcher tries to find the effect of economic literacy, economic education in the family and socio-economic background of parents in rational consumingdecision-making in the Islamic perspective on Muslim students.

This study uses quantitative research with explanation approach which explains the influence of variable X to variable Y. the subject of this research is students majoring in Social Science education amounting to 503 populations.In sampling process, the researcher used Arikunto’s opinion. So, the sample of this study is 25% of the population or 127 samples.

The findings of this research are: 1) there is no economic literacy effect against consuming decision-makingof IPS Education Studentsat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 2) Thereis influence of economic education in the family against consuming decision-making of the IPS Education Students at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 3) Thereisinfluence of parents’ socio-economic background against consuming decision-making of the IPS Education Students at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 4) There is a simultaneous influence of economic literacy, economic education in the family and socio-economic background of parents against consuming decision-making of the IPS Education Students at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Keywords: Literasi Ekonomi; Pendidikan Ekonomi Dalam Keluarga; Latar Belakang Sosial-Ekonomi Orang Tua; Economic Literacy; Economic Education In The Family; Parents’socio-Economic Background
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 05 Jun 2017 09:07
Last Modified: 05 Jun 2017 09:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6891

Actions (login required)

View Item View Item