Internalisasi karakter peduli terhadap lingkungan di SMAN 4 Kota Pasuruan

Ulum, Bahrul (2017) Internalisasi karakter peduli terhadap lingkungan di SMAN 4 Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Seorang siswa harus memiliki karakter peduli terhadap lingkungan agar terbiasa hidup bersih juga sehat dan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kegiatan sehari-hari. Karakter peduli terhadap lingkungan dapat dibentuk melalui berbagai cara. Salah satunya melalui internalisasi nilai.

Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Mengetahui kondisi lingkungan di SMAN 4 Pasuruan. (2) Mengetahui tahapan internalisasi karakter peduli terhadap lingkungan di SMAN 4 Pasuruan. (3) Mengetahui faktor-faktor penghambat dan solusi dalam internalisasi karakter peduli terhadap lingkungan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian di SMAN 4 Kota Pasuruan menunjukkan bahwa, (1) Kondisi lingkungan sekolah siap untuk digunakan PBM dan siap untuk menyumbangkan oksigen dan sekolah sudah cukup nyaman dan bersih, hal demikian sangat membantu dalam proses belajar mengajar. (2) Tahapan Internalisasi Nilai; pertama, tahapan transformasi nilai yaitu dibagi menjadi dua, secara langsung dan secara tidak langsung. Secara langsung guru menyampaikan langsung pada waktu sebelum dan sesudah PBM atau pada waktu upacara. Secara tidak langsung dengan cara memajang slogan-slogan mengenai lingkungan; kedua, tahapan transaksi nilai dibagi menjadi dua, secara langsung dan secara tidak langsung. Secara langsung ketika guru sedang menasehati atau memberikan nilai-nilai mengenai lingkungan, dan para siswa langsung menanggapinya. Secara tidak langsung seperti para siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan atau program sekolah; dan ketiga, tahapan trans-internalisasi nilai seperti Kepala sekolah, guru dan semua pendidik yang ada di SMAN 4 Kota Pasuruan memberikan teladan yang baik terhadap siswa, seperti ikut serta dalam kegiatan atau program sekolah yang berkaitan dengan lingkungan (3) Kendala dan solusinya di dalam tahapan internalisasi nilai meliputi: pertama, kendala transformasi nilai seperti siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, slogan sedikit rapuh atau kurang menarik dan solusinya menasehati kembali siswa tersebut lalu disuruh duduk di bangku depan dan membenahi slogan. Kedua, kendala di dalam tahapan transaksi nilai seperti siswa tidak ikut berpartisipasi mengenai kegiatan sekolah dan para guru tidak dapat memantau dan solusinya menghandalkan mata-mata untuk memantau siswa yang tidak ikut berpartisipasi. Ketiga, kendala di dalam tahapan trans-internalisasi nilai seperti siswa yang acuh tak acuh terhadap guru yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah dan solusinya ditegur dan membersihkan lingkungan yang sedang dibersihkan oleh guru dan teman-temannya.

ENGLISH:

A student must have a character to care about the environment so accustomed for living a healthy and clean too. So, it can create conducive environment to daily activities. The character of caring about the environment can be shaped in various ways. One of them is through the internalization of value.

The purposes of this research are: (1) to determine the environmental conditions in SMAN 4 Pasuruan. (2) To determine the stages of internalization of the character concerned about the environment in SMAN 4 Pasuruan. (3) To know the factors inhibiting and solutions in the internalization of the character concerned about the environment.

This study used a qualitative research approach. The research instrument is a researcher himself, and data collection techniques by observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by reducing the data, presenting data and drawing the conclusions.

The results of the study in SMAN 4 Pasuruan shows that, (1) The condition of the school environment is ready to use PBM and ready to donate oxygen and schools are already quite comfortable and clean, so this is very helpful in the learning process. (2) Stages Internalization of Values; First, the stages of transformation of values is divided into two, directly and indirectly. The direct one is the teachers to communicate directly in the time before and after the PBM or at the time of the ceremony. Indirectly, by way of displaying slogans on the school’s environment; the second stage of the transaction value is divided into two, directly and indirectly. The directly one when the teacher was advised or give the values of the environment, and the students immediately responded. Indirectly as the students participating in school programs; and third, stage of trans-internalization of values such as school principals, teachers and all educators in SMAN 4 Pasuruan give a good example to the students, such as taking part in activities in school programs relating to the environment (3) Obstacles and solutions in stages of internalization of values are: first, constraint transformation of values such as students pay less attention to the teacher's explanation, slogan slightly brittle or less attractive and the solution is advised returning students was then made to sit in the front seat and fix the slogan. Second, constraints at the stage of the transaction value such as students do not participate on the activities of schools and teachers can’t monitor and the solution of this one is making the group of spies to monitor students who do not participate. Third, constraint on the stage of trans-internalization of some students who don’t care to the teachers who participate in school activities and the solution was reprimanded and cleaning up the environment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Esha, Muhammad In’am
Keywords: Internalisasi; Karakter; dan Peduli Lingkungan; Internalization; Character and Environmental Care
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 05 Jun 2017 09:07
Last Modified: 05 Jun 2017 09:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6889

Actions (login required)

View Item View Item