Putra, Tri Fahmi (2017) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional Guru IPS di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bima. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kepemimpinan yang efektif bukanlah sebuah idialisme yang tak pernah tercapai. Sebaliknya kepemimpinan yang efektif dapat di capai dengan cara berpegang pada usaha tertentu maupun faktor kunci yang dapat memberikan dampak tertentu atas gaya kepemimpinan yang dipilih. Karena kepemimpinan selalu berhadapan dengan faktor manusia sebagai sentral bagi kelangsungan organisasi, maka ia berusaha memahaminya sebagai individu yang satu dan yang lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru IPS, (2) Untuk mengetahui kendala dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru IPS.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan saintifik dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang lazim digunakan dalam penelitian kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Interpretasi ini untuk menginterpretasikan data-data yang bersifat kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru IPS, yaitu memberikan pelatihan, menugaskan guru untuk ikut pelatihan diluar, menetapkan guru pada bidang studi yang sesuai dengan latar belakangnya. Mendorong guru untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan tingkat kualifikasinya. (2) Faktor penghambat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru IPS, yakni, a) Faktor internal, yaitu faktor yang datang dari dalam individu guru tersebut dikarenakan guru tidak mengajar pada bidangnya, b) Faktor eksternal, yaitu faktor yang datang dari luar individu guru yang disebabkan oleh kurangnya dana untuk mengikuti pelatihan diluar.
ENGLISH:
An effective leadership is not an idealism that is never reached. Instead, an effective leadership can be achieved by means of adhering to the specific way and the key factors that can give a certain impact on the chosen leadership style. Because leadership is always dealing with the human factors as central to the survival of the organization, so it is tried to understand as an individual and the others.
The purpose of this study was to: (1) To determine the role of principals in increasing pedagogical competence and professional competency of social studies teacher, (2) To determine the obstacles in Increasing Pedagogical Competence and Professional Competency of Social studies Teacher.
To achieve the objective above, scientific approach was used by qualitative methods. Qualitative research is research that aims to understand the phenomenon of what is experienced by research subjects. Data collection techniques used interviews, observation and documentation methods. Analysis techniques used the qualitative research: data reduction, data presentation, and verification of data. This interpretation was to interpret the qualitative data.
The results showed that: (1) The principal's role in improving the pedagogical competence and professional competence of social studies teacher, which provided training, assigned teacher to participate in outside training, the teacher set the appropriate field of study with the background. Teacher was supported in improving the level of knowledge and qualifications. (2) inhibiting factors in improving the pedagogical competence and professional competence of IPS teacher, namely, a) Internal factors, ie factors that come from within the teacher because teacher does not teach in the field, b) External factors, ie factors that come from outside the teacher due to lack of funds for outside training.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional; Guru IPS MAN 1 Kota Bima; Role Of The Principal; Improving Pedagogical Competence And Professional Competence; Teacher Of Ips Of Man 1 Of Bima | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 31 May 2017 11:26 | ||||||
Last Modified: | 31 May 2017 11:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6888 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |