Chamim, Muhammad (2020) Peran guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kecakapan diri siswa di MAN 1 Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
16770057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan kecakaan diri siswa perlu diungkapkan karena menjadi satu bagian dalam mencapai peningkatan kecakapan hidup siswa. Peningkatan kecakapan diri terbagi 2 yaitu, kecakapan mengenal diri dan kecakapan berpikir dan sekaligus mengetahui kemampuan siswa mulai awal, proses dan akhir pembelajaran. Begitu halnya mata pelajaran aqidah akhlak mempunyai peran penting dalam menningkatkan kecakapan diri siswa, juga terkait dengan pelajaran aqidah akhlak juga berupaya agar siswa dapat menguasai materi- materi tentang aqidah dan akhlak sekaligus agar dapat mengamakannya dikehidupan sehari- hari. Oleh karena itu, peningkatan kecakapan diri siswa sangat penting dalam mata pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan kecakapan diri siswa mencakup tiga aspek yaitu, aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek ketrampilan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan kecakapan diri siswa di MAN 1 Kota Malang, mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kecakapan diri siswa di MAN 1 Kota Malang, mengetahui keberhasilan peningkatan kecakapan diri siswa di MAN 1 Kota Malang.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitiam kualitatif dengan rancangan pendekatan studi kasus atau naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan bersifat naratif- kualitatif, mulai tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data yang di dapat selanjutnya analisis. Upaya mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yakni membandingkan antar hasil penelitian yang diperoleh dengan ketekunan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MAN 1 Kota Malang menunjukkan bahwa: Pertama, Peran guru aqidah akhlak dalam meningkatakan kecakapan diri siswa antara lain: 1) Menganalisis KI KD yang terdapat dalam silabus. 2) Menetapkan KKM, dan 3) Menyusun RPP beserta peningkatan kecakapan diri siswa. Kedua, faktor- faktor yang mempengaruhi dalam
viii
peningkatan kecakapan diri siswa antara lain: 1) Guru masih belum maksimal dalam meningkatkan kecakapan diri siswa. 2) Persolan dari siswa yang cenderung kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. 3). Jumlah siswa dalam rombel terlalu banyak sehingga sulit diatasi serta keterbatasan waktu dalam pembelajaran. Ketiga, Tingkat keberhasilan peningkatan kecakapan diri siswa cukup memuaskan dari hasil klarifikasi yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Ridwan, A. Muhtadi and Mahmudi, Zaenul |
Keywords: | Peran Guru Aqidah Akhlak, Peningkatan Kecakapan Diri Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Chamim |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 10:22 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 10:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/68610 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |