Sugiarto, M. Agung (2017) Penerapan metode bil qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada santri Al-Qur’an TPQ ar-Rayyan Cengger Ayam Dalam Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110191.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang sangat kurang di kalangan anak-anak dan remaja muslim saat ini dengan dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan Metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Al-Qur’an TPQ Ar-Rayyan Malang. 2) Mengetahui hasil penelitian dengan menerapkan Metode Bil Qolam pada santri Al-Qur’an TPQ Ar-Rayyan Malang. 3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Bil Qolam dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an pada santri Al-Qur’an TPQ Ar-Rayyan Malang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Penelitian bersifat kualitatif dengan mengambil latar TPQ Ar-Rayyan Malang. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Analisis data dilakukan dengan mengungkap makna dan proses pembelajaran sebagai bentuk peningkatan membaca Al-Qur’an melalui tindakan yang dilakukan, dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian yakni: 1) perencanaan, 2) implementasi, 3) pengamatan, dan 4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama tiga siklus. Penerapan Metode Bil Qolam ini lebih melibatkan santri dalam pembelajaran, dengan kegiatan praktek langsung pada santri dengan membaca ayat Al-Qur’an secara bergilir. 2) adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri, timbulnya rasa ingin tahu santri terhadap materi, adanya kemauan dan keinginan untuk bertanya. Secara umum peningkatan yang terjadi cukup baik, pada aspek kemampuan membaca Al-Qur’an santri mengalami peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dari siklus I ke siklus II adalah 25%. Sedangkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siklus III adalah 12,5%. Dari data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Bil Qolam dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Ar-Rayyan Malang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an 12,5%-25%. 3) faktor pendukung dalam penerapan metode Bil Qolam yaitu dari peserta didik adalah kedisiplinan santri belajar di rumah dan disiplin di TPQ, dari para guru yang sudah sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan maka akan lebih mudah mengajarkan para santri, dan bimbingan orang tua juga merupakan faktor pendukung dan penghambat: peserta didik, guru, kedisiplinan sekolah dan lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode ini adalah masih terdapat pada santri yang malas belajar dan kurang tertib di TPQ, kurangnya disiplin dari para guru, serta kurangnya motivasi dari lingkungan santri.
ENGLISH:
This research is motivated by a phenomenon of Qur'anic education are sorely lacking among children and young people with a Muslim today are faced with heavier era which are now easily found that children and young Muslims who have not been able reciting Al-Qur'an.
As for the purpose of research in this regard are: 1) Describe the application Num Qolam method in enhancing the ability to read the Qur'an in Al-Qur'an students Ar-Rayyan Koranic School Malang. 2) Knowing the results of research by applying the Num Qolam method to the Al-Qur'an students Ar-Rayyan Koranic School Malang. 3) Knowing the factors that supporting and inhibiting the implementation of the method Num Qolam in enhancing the Al-Qur’an read ability in Al-Qur'an students Ar-Rayyan Koranic School Malang.
The method that used was classroom action research of Kemmis & McTaggart model. The research is qualitatively by taking Ar-Rayyan Koranic School Malang background. Data collection is done by observations, interviews, tests and documentation to supplement the data you want disclosed. Data analysis was performed to reveal the meaning and the learning process as an improvement over reading the Qur'an through the action. In this study using simple statistical data to help uncover data. The sequence of research activities are: 1) planning, 2) implementation, 3) observation, and 4) reflection.
The results showed: 1) Implementation of this classroom action research conducted during three cycles. Application of this method Num Qolam better to engage students in learning, with practical activities directly on the students to read the verses of the Qur'an in rotation. 2) an increased ability to read the Quran on the students, the emergence of the curiosity of students to the materials, their willingness and desire to ask. In general the improvement that occurred quite good, on the capability of reading the Qur'an increased the student ability to read the Qur'an from the first cycle to the second cycle was 25%. While improving the ability to read the Qur'an in the third cycle was 12.5%. From these data it can be concluded that the application of the method Num Qolam in learning to read the Qur'an in Ar-Rayyan Koranic School Malang can improve the ability to read the Qur'an 12.5% - 25%. 3) The supporting factors in the Num Qolam tmethods application is discipline students learn at home and discipline in the Koranic School, from teachers who already have experience and knowledge it will be easier to teach the students, and the guidance of parents is also a contributing factor and inhibitors: learners, teachers, school discipline and family environment. While the inhibiting factor in the application of this method is still contained with the laziness of students to learn and less orderly in Koranic Schools, lack of discipline of teachers, as well as the lack of motivation of students environment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Bil Qolam; Membaca Al-Qur’an; Bil Qolam Method; Reading The Qur'an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 23 May 2017 14:09 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6829 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |