Bahroin, M. (2017) Upaya guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Ketitang Poncokusumo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Guru mempunyai pengaruh yang besar bukan hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak disekolah dan terhadap kebiasaan belajar pada umumnya. Karena dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dimilik atau dikuasai siswa setelah menempuh proses belajar mengajar adalah kemampuan intelektual (kognitif), sikap (afektif) dan kemampuan bertindak (Psikomotorik). Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa sehingga dapat mendukung tingkat prestasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana usaha guru agama islam di MTs. Sunan Ampel Ketitang Poncokusumo Malang dalam meningkatkan prestasi belajar siswanya, 2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Sunan Ampel Ketitang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci dan mendalam pada kasus yang terjadi di MTs Sunan Ampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data di gunakan reflektif thingking dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, trianggulasi dan ketekunan pengamat.
Adapun upaya guru agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs. Sunan Ampel Poncokusumo Malang menunjukan bahwa: 1) Melakukan perencanaan yang baik dan matang, 2) Pengguna metode bervariasi, 3) Menggunakan sarana dan prasarana yang mendukung dengan baik, 4) Mengikuti pelatihan yang diselenggarakan sekolah maupun diluar sekolah, 5) Memotivasi siswa, 6) Mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Adapun faktor pendukungnya: 1) Metode pengajaran yang sesuai, 2) Lingkungan sekolah, 3) Banyaknya siswa dari pondok, 4) Banyaknya siswa bisa membaca tulisan arab, 5) Pengaruh dunia luar yang terbatas. Adapun faktor penghambatnya: 1) Kurangnya jam pelajaran, 2) Kurangnya minat siswa, 3) Pengaruh teman, lingkungan dan keluarga, 4) Perbedaan latar belakang pendidikan, 5) Fasilitas kurang memadahi.
Kata kunci: Upaya Guru Agama, Meningkatkan Prestasi Belajar
ENGLISH:
Teacher is not only having a big influence in student achievement, but also in student attitude in school and in their study habit. In teaching-learning process, the expected ability for students is intellectual ability (cognitive), attitude (affective), and act (psychomotor). So that way, it is important for teachers to develop students creativity in order to support their study achievement.
From those issues, the focus problems will be: 1) How Islamic teachers effort in developing Sunan Ampel Islamic Junior High School of Ketitang Poncokusumo Malang student’s study achievement, 2) What are the supporting and inhabiting factors in developing Sunan Ampel Junior High School of Ketitang student’s study achievement.
This research applies qualitative approach with case study research which the researcher research in the location to observe closely, detail and deeply to the Sunan Ampel Junior High School cases. Data accumulation technique are gotten by observation, interview, and documentation. Whereas data analysis used is reflecting thinking. The stes are data reduction, data presentation and data verification and also validity finding checking that is used etension observation, trigulation and dilligent observation.
The effort of the Islam in developing student’s study achievement in Sunan Ampel Islamic Junior High School research state: 1) Make the preparations well-prepared and nicely, 2) Using variated methods, 3) Using infrastructure medium which suport nicely, 4) Follow workshop which held from school or from out of school, 5) Motivate students, 6) Organize religious events. The supporting factors are: 1) The suitable reaching methods, 2) School environment, 3) Many boarding school students, 4) many students that able to read Arabic letter, 5) The limited influence from outside. The inhibiting factors: 1) The lack of study time, 2) The lack of student’s interest, 3) The influence from friend, environment and family, 4) The difference of educational background, 5) The lack of facility.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Guru Agama; Meningkatkan Prestasi Belajar; Islamic Teacher Effort; Developing Study Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 23 May 2017 13:34 | ||||||
Last Modified: | 23 May 2017 13:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6828 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |