Hidayat, Achmad Nur (2017) Internalisasi nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran Fiqih di MTS Negeri Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Humanistik merupakan salah satu teori belajar yang mengedepankan nilai kemanusiaan. Dalam dunia pendidikan, implementasi humanistik ini mengarah pada kebebasan siswa untuk menentukan langkahnya, serta memberikan peran yang sangat penting pada siswa dalam menwujudkan suatu pembelajaran yang lebih bermakna dan harmonis. Fiqih merupakan pelajaran yang ada pada PAI yang dalam islam sendiri ada beberapa madzhab yang bisa diikuti. Sehingga tidak menutup kemungkin ada perbedaan pada beberapa siswa. Guru berperan sebagai fasilitator memiliki tugas menuntun siswa, memberi motivasi dan mengarahkan siswa pada alur pembelajaran untuk menuju tujuan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran fiqih yang ada di MTs Negeri Tuban, (2) mendeskripsikan proses guru dalam membelajarkan nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran fiiqih di MTs Negeri Tuban.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif, karena peniliti akan melaporkan hasil penelitian tentang Internalisasi Nilai-nilai Humanistik dalam Pembelajaran Fiqih, kemudian mendeskripsikan dan memadukan dengan konsepsi teori yang ada. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Teknik analisa deskriptif penulis gunakan untuk menentukan, menafsirkan, serta menguraikan data yang bersifat kualitatif yang penulis peroleh dari metode observasi, dokumentasi , wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran fiqih yang ada di MTs Negeri Tuban adalah berlangsungnya pembelajaran fiqih tanpa ancaman, tidak ada perbedaan dalam hal kemampuan siswa, selalu menjunjung tinggi hak-hak manusia dan senantiasa memupuk potensi yang dimiliki oleh siswa, (2) cara guru membelajarkan nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran fiqih di MTs Negeri tuban adalah pembelajaran fiqih berlangsung dengan harmonis, tidak ada perbedaan dalam hal kemampuan siswa, dan guru menggunakan metode-metode yang relevan dengan materi yang sedang berlangsung.
ABSTRACT
Humanistic is one of learning theory put forward human value. In education, the implementation of this humanistic aim to the freedom of students to determine the pace, with providing a very important role to student learning in creating a more meaningful and harmonious. Fiqh is the lesson from the Islamic Religious Education in Islam, there are several madzhab that can be followed. So do not rule out the possibility there are differences on some students. Teachers act as facilitator have the task of guiding the students, to give motivation and aim students in the learning path toward learning goals.
The purpose of this research was to : 1) Describe the humanistic values in learning fiqh at Islamic State Junior High School of Tuban, 2) Describe the process of teachers on teaching humanistic values in learning fiqh at Islamic State Junior High School of Tuban.
To achieve the above objectives, this research used a qualitative descriptive and qualitative approach, because researcher will report the results of research about “Internalisation Humanistic Values in Learning Fiqh at Islamic State Junior High School of Tuban ”, then describe and integrate with existing theory conception. Data collection is done by using observation, documentation and interview, the writer uses descriptive qualitative analysis technique. Writer uses descriptive analysis technique to determine, interprete, and describe qualitative data that the writer obtained from observation, documentation and interview.
The results of research showed that : 1) Humanistic values in learning fiqh at Islamic State Junior High School of Tuban is learning fiqh takes place without the threat, there is no difference in the ability of students, always uphold human rights and continue to nurture the potential of the students, 2)Method of teacher to teach humanistic values in learning fiqh at Islamic State Junior High School of Tuban is learning fiqh takes place in harmony, there is no difference in the ability of students and teachers are using methods that are relevant to an exising subject.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-nilai Humanistik; Pembelajaran Fiqih; Humanistic Values; Learning Fiqh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 23 May 2017 10:39 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 14:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6827 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |