تحليل وتقويم منهج تعليم اللغة العربية: دراسة حالة في المدرسة "هداية الصّبيان" الثنوية الإسلامية بميكا تيمور بونتيانك كاليمنتان الغربية

Buhori, Buhori (2011) تحليل وتقويم منهج تعليم اللغة العربية: دراسة حالة في المدرسة "هداية الصّبيان" الثنوية الإسلامية بميكا تيمور بونتيانك كاليمنتان الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09720030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK

Proses pengembangan kurikulum dan me reviewnya kembali merupakan suatu hal yang urgen karena dengan hal itu akan mampu memberikan iklim baru dalam proses belajar mengajar dan mampu membawa pembalajaran pada hal yang lebih baik. Motif pengembangan kurikulum tidak hanya dikarenakan kurikulum itu buruk dan adanya kelemahan pada kurikulum tersebut, namun lebih merupakan upaya untuk memperoleh konstruk dan format yang terbaik.

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan studi analisis evaluatif, dengan cara menganalisis dan mengevaluasi unsur-unsur yang terdapat pada Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Madrash Aliyah Hidayatus Shibyan Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang Pontianak Kalimantan Barat. Langkah yang ditempuh adalah dengan mengidentifikasi keadaan dan hubungan yang terdapat antara fakta, begitu juga dengan memperhatikan praktek- praktek umumdalam pembelajaran dan kondisi keyakinan dan sikap setiap individu dan kelompok serta modalitas pertumbuhan dan perkembangannya.

Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Hidayatus Shibyan kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas), serta guru bidang studi Bahasa Arab di sekolah tersebut.

Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara (interview) terhadap kepala sekolah dan guru bidang studi Bahasa Arab, angket yang diberikan kepada seluruh siswa dan juga guru bahasa Arab, serta studi dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan dokumen- dokumen yang berkaitan dengan kurikulum pembelajaran bahasa Arab – seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, dan beberapa dokumen lain dan beberapa dokumen lain yang masih memiliki kerterkaitan erat dengan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Hidayatus Shibyan.

Penelitian ini menghasilkan beberapa hasil penelitian yang secara global dapat digambarkan bahwa kuriklum pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Hidayatus Shibyan secara garis besar selaras dengan kriteria kurikulum nasional dalam koridor konsep modern, sekalipun pada beberapa masih terlihat ketergantungan pada konsep tradisional.

Berdasarkan pada hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang harus ditempuh oleh pihak sekolah di antaranya hendaknya pembelajaran bahasa Arab difokuskan pada pengembangan pengetahuan kebahasaan dan kemampuan berbahasa siswa dalam kadar yang sama, dan pembelajaran ini tidak hanya diarahkan pada aspek keagamaan saja, namun lebih dari itu pembelajaran bahasa Arab hendaknya juga diarahkan pada pengembangan potensi siswa dalam ranah komunikasi dan akademik yang dapat ditempuh dengan pemilihan dan pengorganisiran materi secara baik. Selain itu juga metode pembelajaran harus disesuaikan dengan pendekatan dan style yang baru, media pembelajaran yang digunakan serta sistem evaluasi yang digunakan sesuai dengan aspek kemampuan yang akan diukur, baik dalam aspek perencanaan maupun implementasinya.

ABSTRACT

The development of the curriculum and re-examined is necessary because it to renew the educational process and push it from good to better, and to narrow into a wider Rehab. And development may not be ill-motivated approach and its inability to, but try to reach what is better and better.

This study is an analytical and evaluation study that analyzes and describes the what is an object for a curriculum for teaching Arabic in Senior High School of Islamic "Hidayatus Shibyan" Mega Timur Pontianak West Kalimantan, which is concerned with identifying the circumstances and relationships that exist between the facts as is also concerned with identifying common practices and conditions and to identify on the beliefs and attitudes, when individuals, groups and modalities of growth and development.

The sample of this study are all students in ten class (X) and eleven class (XI) and all teachers Arabic language in Senior High School of Islamic “Hidayatus Shibyan” in Pontiank West Kalimantan. In this research The researcher used search tools is the indept interview with the school principal and teachers of Arabic language and quistionnaire to students and teachers of Arabic language and examine the documents associated with the methodology of teaching Arabic language in this school, a plan of study (silabus) and the preparation of the lesson (RPP) and other documents still have correlation with curriculum Arabic language in Senior high school of Islamic Hidayatus Shibyan.

Reach the results of this research are summarized in the most important that the approach of teaching Arabic language in secondary high school of Islamic Hidayatus Shibyan largely in line with the standard national curriculum in light of recent trends, although some aspects did not abandon adherence to the traditional direction.

The result of this research will be proposed in order to the teaching Arabic language to provide students the knowledge and language abilities with the same level, and not only to religion aspect, but also to the communicative and academic aspect by the choice and organized with the good subject. And the methods used is new input method, and educational means rather new presence, and the evaluation system used with the appropriate area to be measured planning and implementation.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis and Syaikhun Muhamad Sulaiman, Mohamed
Keywords: منهج; تعليم; اللغة العربية; Curriculum; Teaching and Learning; Arabic Language; Kurikulum; Belajar Mengajar; Bahasa Arab
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 May 2017 02:41
Last Modified: 22 May 2017 02:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6803

Actions (login required)

View Item View Item