تطوير الكتاب التعليمي لمادة النحو الثاني المزود بالقصص بجامعة إندونسيا التزبوية ببندونج جاوى الغربية

Nazhrotul Khaerot,, Siti (2011) تطوير الكتاب التعليمي لمادة النحو الثاني المزود بالقصص بجامعة إندونسيا التزبوية ببندونج جاوى الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09720025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)
[img] Other (Book)
09720025.rar - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Nahwu bagi sebagian pelajar bahasa Arab terasa sangat membosankan. Bagi mereka, nahwu merupakan mata pelajaran yang paling ingin dihindari karena materinya dirasa sangat sulit. Mereka membutuhkan hal baru dalam pembelajaran
yang mampu memotivasi dan meningkatkan minat belajar mereka. Untuk itu, penelitian ini akan menghasilkan sebuah produk berupa buku ajar yang menjadi variasi dalam pembelajaran nahwu dengan mengangkat cerita-cerita yang berhubungan dengan ilmu nahwu dan ahli nahwu di dalam teks pelajaran, dengan judul : Pengembangan Buku Ajar Nahwu II Dilengkapi Cerita Di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung(UPI) Jawa Barat.

Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakaan untuk menghasilkan produk tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan interview, observasi, dan angket dalam pengumpulan data. Sebelum peneliti mengadakan uji coba produk (buku ajar), terlebih dahulu peneliti mengadakan pertemuan dengan pakar bidang penyusunan buku ajar bahasa Arab untuk membenahi aspek-aspek penting dalam sebuah buku ajar. Hasil revisi tersebut diuji-cobakan kepada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan nahwu II.

Dalam proses tersebut, peneliti membagikan angket terbuka kepada para mahasiswa untuk mengetahui sikap dan tanggapan mereka terhadap produk. Dari hasil angket tersebut, peneliti akan merevisi ulang produk dan menguji-cobakan kembali.

Selanjutnya, peneliti akan mengadakan interview dengan dosen mata kuliah nahwu untuk menghasilkan produk akhir berupa buku ajar nahwu berbasis cerita berdasarkan saran dan masukan para dosen tersebut. Hasil penelitian ini Buku ajar nahwu berbasis cerita ini memuat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian, latihan pemahaman mahasiswa pada setiap topik, dan dilengkapi dengan permainan bahasa yang dapat dipilih oleh pengajar pada topik-topik yang dianggap sesuai.

ABSTRACT

Nahwu or Arabic grammar for some students of the Arabic language was very boring. For them, nahwu is a subject that most want to avoid because its material is considered very difficult. They require learning new things that can motivate and increase interest in their learning. Therefor, this research will makes a product that became a textbook in a variety of learning nahwu by lifting the stories related to science and experts of nahwu in the text of the lesson, by the topic : Development for Textbook of Nahwu II Completed with Stories in Indonesia Educatiaon University
(UPI) Bandung West Java.

The method used in this research is method of research and development, a method used to make a particular product. The research was conducted using literature, interviews, observation, and questionnaires in data collection. Before conducting trials of the product (textbook), the researcher first had a meeting with some experts in the preparation of Arabic textbook to fix the important aspects in a textbook. The results of these revisions tested on students attending Nahwu II. In the process, the researcher distributed open questionnaires to students to determine their attitudes and responses toward the product. From the results of the questionnaire, the researcher will revises and retestes the products returned.

Next, researcher will conducts interviews with the lecturer of nahwu to make the final product in the form of textbook of nahwu based stories and depend on suggestionsand inputs of the lecturers. The textbook of nahwu based story contains standards of competence, basic competencies, indicators of achievement, and exercises for student comprehension on each topic. Besides, it also comes with a language game that can be selected by the faculty on topics that are considered appropriate.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Syuhadak and Mohamed Bakheet Ahmad, Bakry
Keywords: الكتاب التعليمي; النحو; القصص; Text book; nahwu; stories; buku ajar; nahwu; cerita
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 May 2017 02:43
Last Modified: 22 May 2017 02:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6798

Actions (login required)

View Item View Item