Evi, Elvianti (2015) Pengembangan buku ajar berbasis budaya daerah pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IV MI Al-Ma'arif 09 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140146.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan buku ajar berbasis budaya daerah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar. Pengembanagan buku ajar ini didasarkan pada sulitnya penerapan pembelajaran tematik di kelas karena masih kurang terbiasa dengan pembelajaran model tematik. Selain itu di dalam lapangan ditemukan masih kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai budaya daerah. Padahal budaya adalah sesuatu yang dekat dengan lingkungan peserta didik, sehingga diharapkan akan menjadi pendorong dalam peneningkatan hasil belajar peserta didik. Melalui buku ajar berbasis budaya daerah, diharapkan peserta didik dapat termotivasi dan memperoleh pengetahuan baru mengenai budaya daerah sekitar sehingga peserta didik dapat melestarikan nilai-nilai budaya yang positif dan menjadi bangga terhadap Indonesia. Buku ajar ini berupa buku ajar tematik berbasis budaya daerah untuk kelas IV SD/MI pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berbasis budaya daerah yang memiliki tingkat validitas pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkungaku dengan objek penelitian peserta didik kelas IV MI AL-Ma'arif 09 Singosari Malang, mengetahui desain buku ajar berbasis budaya daerah dan menjelaskan efektifitas buku ajar terhadap hasil belajar peserta didik.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model plomp.
Hasil dari penelitian pengembangan buku ajar berbasis budaya daerah pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku untuk kelas IV memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli isi/materi mencapai tingkat kevalidan 82,30%, ahli desain mencapai 86%, ahli pembelajaran kelas IV mencapai 84%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 88,56%, hasil belajar peserta didik rata-rata nilai pre-test 51,6 dan nilai post-test 80,0. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 4,241 ≥ 1,711 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku ajar yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga buku ajar berbasis budaya daerah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
ENGLISH:
The development of lesson book based on local culture is one of the efforts to improve the learning process as indicated by the increasing of learning outcomes. This development of this book is based on the difficulty of the implementation of thematic learning in the classroom because they are less familiar with the learning model of thematic. And what is more, in the class is found that the students don’t know about knowledge of local culture. In fact, culture is something that is near to the environment of the learners, which is expected to be a driving force in the incrasing of learning outcomes. Through the lesson book-based on local culture, it is expected that learners can be motivated and acquire new knowledge about the culture, so learners can preserve the cultural values of positive and be proud of Indonesia. This lesson book form of lesson of thematic book based on local culture for 4th grade of elementary school subtema “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku”.
The purpose of this research was to develop the lesson book based local culture that has degree of validity in subtema Kebergaman Makluk Hidup di Lingkunganku, and the research object in the 4th grade MI AL-ma'arif 09 Singosari Malang, knowing design of lesson book based local culture and explaining the influence of lesson book to the learning outcomes.
This research was conducted by using descriptive qualitative and quantitative design. The genre of this research is Research and Development, which refer in polm model of research.
The result of this research fulfill the criteria of validities by test result from the matter experts equal to 82,30%, design experts up to 86 %, lesson experts equipped 84%, result of field trials up to 88,56%, result of students’ pre-test mark average 51,6, and result of students’ post-test mark average 80,0. In t-manual test by significance level 0,05 obtained result t number ≥ t table is 4,241 ≥ 1,711 means Rejecting H0 and Accepting H1. Therefore, there are significant differences among lesson book being developed. It’s show that the product being developed has high-quality of validity that consequently lesson book which is being developed is appropriate to be used in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar; Budaya Daerah; Subtema Keberagaman Makhluk Hidup; Kelas Iv Sd/Mi; Development; Lesson Book; Local Culture; Subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku; Fifth Grade Elementary School Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 22 May 2017 09:45 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2017 09:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6797 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |