Responsive Banner

Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di MAN Mojosari-Mojokerto

Kumalasari, Rofiqoh (2005) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di MAN Mojosari-Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
01160045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di MAN Mojosari -Mojokerto bertujuan untuk memajukan pendidikan kejurusan IPS yang mana pembelajaran IPS ini kurang mendapatkan perhatian yang layak dari beberapa guru maupun siswa khususnya pada bidang studi ekonomi. Yang mana pendidikan ekonomi ini memeng belum menjadi perhatian utama dalam mempelajari ilmu ekonomi. Karena ilmu ekonomi itu sendiri masih dalam ruang lingkup pendidikan kejurusan IPS, yang mana sebagian orang juga masih menganggap bahwa pendidikan kejurusan IPS sangat membosankan dan lunak {soft} itu. Maka jelaslah pendidikan ekonomi hanyalah terkena dampak dari pendidikan؛kejurusan IPS itu sendiri. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejurusan IPS bidang studi ekonomi dibutuhkannya peran dari kepala madrasah itu sendiri karena salah satu kekuatan efektif dalam pengelolaan madrasah yang berperan bertanggung jawab menghadapi perubahan adalah kepemimpinan kepla madrasah itu sendiri, yaitu perilaku kepala madrasah yang mampu memprakasai pemikiran j baru dalam proses onteraksi di lingkungan madrasah dengan melakukan |perubahan atau penyesuaian tujuan, sasaran, konfigurasi, prosedur, input, proses atau output dari suatu madrasah sesuai dengan tuntutan perkembangan.

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1). Kualitas pembelajaran IPS ekonomi, 2). Upaya-upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS ekonomi, 3). Kendala- kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS ekonomi.

Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan atau menafsirkan data yang ada. Dari hasil analisis tersebut maka peneliti akan mengecek keabsahan data yang diperoleh dengan tiga uji. Pertama, kredibilitas, I dengan jalan ketekunan pada saat melakukan pengamatan, kedua, dependabilitas, ketiga, konfirmabililas.

Secara umum upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di MAN Mojosari-Mojokerto, didapatkan hasil bahwa upaya kepala MAN Mojosari-Mojokerto dalam meningkatkan kualitas pendidikan kejurusan IPS pada bidang studi ekonomi mengalami kemajuan karena beberapa pembaharuan dalam proses belajar mengajar IPS ekonomi itu sendiri cukup baik seperti diadakannya terjun langsung ke lapangan seperti diadakannya studi toor ke beberapal daerah yang behubungan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), serta diadakannya studi banding antar koperasi yang ada pada sekolah-sekolah lain. NamunI semua itu tidaklah lepas dari bantuan guru IPS ekonomi itu sendiri Maka dari itu guru IPS khususnya guru ekonomi yang ada di MAN Mojosri- Mojokertoiharus bisa bersikap kritis terhadap pembaharuan pendidikan kejurusan IPS itu sendiri.

Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di MAN Mojbsari Mojokerto ialah dengan diadakannya peningkatan SDM guru IPS khususnya; pada program studi ekonomi, penyelenggaraan proses belajar yang baik, serta ؛pemenuhan sarana dan prasarana.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan (1) hendaknya dengan ilmu yang dimiliki dapat memajukan lembaga pendidikan yang dipimpinnya dengan mutu dan kualitas yang lebih baik, (2) hendaknya guru ekonomi lebih mempersiapkan materi pendidikan ekonomi yang kreatif, agar para siswa tidak merasa jenuh dan bosan dalam belajar pendidikan kejurusan IPS khususnya dalam mata pelajaran ekonomi, (3) para pendidik khususnya para pengajar dalam lembaga pendidikan yang terkait dapat meyakinkan para siswanya bahwasanya belajar pendidikan kejurusan IPS bukanlah hal yang melelahkan dan membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Keywords: kepala madrasah; kualitas pembelajaran ips
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mohammad Rofiul Achsan
Date Deposited: 31 Jul 2024 13:26
Last Modified: 31 Jul 2024 13:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67933

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item