Responsive Banner

Upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran ekonomi: Studi kasus di SMP Negeri 01 Dau Malang

Akhmaliyah, Nazilatul (2005) Upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran ekonomi: Studi kasus di SMP Negeri 01 Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
01160044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Sejalan dengan laju perkembangan pengetahuan dan teknologi yang sekarang ini mampu mewarnai seluruh aspek kehidupan manusia, dan secara tidak langsung merupakan tantangan yang harus dijawab oleh bangsa Indonesia, maka dalam program pembangunan, bangsa Indonesia memberikan prioritas pada sektor pendidikan.

Namun pembelajaran yang sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah untuk sekarang ini masih kurang mengembirakan. Hal ini disebabkan karena adanya anggapan dari siswa bahwa pelajaran ekonomi adalah pelajaran yang mudah dipelajari, dan nanti kalau udah lulus sekolah sulit untuk mencari pekerjaan. Karena anggapan inilah maka para siswa kurang begitu antusias pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung. Agar pembelajaran ekonomi bisa berlangsung dengan baik maka guru ekonomi harus bisa membuat lingkungan kelas agar menjadi kelas yang kondusif, agar siswa bisa aktif dan kreatif. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk menggangkat judul upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran ekonomi di SMP Negeri 01 Dau Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan guru ekonomi, upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran ekonomi, serta untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran ekonomi.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 01 Dau Malang. Untuk mengumpulkan data diperoleh dari interviu. Untuk menganalisa datanya digunakan cara induktif. Analisis dengan cara induktif ini berangkat dari cara berfikir khusus ke umum.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, latar belakang pendidikan guru ekonomi dulu adalah fakultas keguruan ilmu pendidikan kejuruan sejarah. Antara disiplin ilmu yang dimiliki oleh guru ekonomi tidak sesuai dengan bidang studi yang diajarkan. Karena disiplin ilmu yang dimiliki tidak sesuai dengan bidang yang diajarkan, maka guru ekonomi tenis bemsaha dan berlatih agar bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Dan upaya peningkatan mutu pembelajaran ekonomi di SMP Negeri 01 Dau Malang sudah dilakukan, upaya tersebut berupa peningkatan sumber daya manusia atau guru ekonomi, pembaharuan pengajaran serta penyediaan dan pemanfaatan fasilitas atau alat-alat pendidikan. Adapun faktor yang menjadi penunjang dalam meningkatkan mutu pembelajaran ekonomi adalah siswa yang rajin mengikuti pelajaran ekonomi disekolah dan dirumah rajin belajar, adanya metode yang sesuai dengan materi dan fasilitas yang lengkap, serta adanya dorongan dari orang tua. Sedangkan factor yang menghambat 'dalam meningkatkan mutu pembelajaran ekonomi adalah guru yang kurang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, sarana dan prasarana yang kurang, misalnya buku-buku penunjang yang sangat minim, dan dorongan dari orang tua yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Keywords: guru; peningkatan mutu; pembelajaran ekonomi
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mohammad Rofiul Achsan
Date Deposited: 31 Jul 2024 13:24
Last Modified: 31 Jul 2024 13:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67931

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item