Wijayati, Arifah Trias (2005) Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas II SMPN 2 Porong Sidoarjo tahun ajaran 2004/2005. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01160040.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi belajar mengajar yang tepat sangat penting dalam usaha meningkatkan hasil belajar. Cara belajar siswa aktif yaitu proses belajar mengajar yang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan proses belajar mengajar akan memotivasi siswa dalam mendalami bahan yang dipelajari dan pada akhirnya siswa akan menemukan konsep yang dipelajari.
Dalam upaya menumbuhkan siswa aktif dan kreatif di dalam proses belajar mengajar kini banyak digunakan LKS, dimana dalam LKS siswa dilatih untuk mengerjakan soal sehingga menemukan pengetahuan.
Berdasarkan hal diatas, maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang perbedaan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang menggunakan LKS dan siswa yang tidak menggunakan LKS dengan rumusan masalah bagaimana prestasi belajar siswa yang menggunakan LKS, bagaimana prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan LKS dan adakah perbedaan prestasi belajar ekonomi siswa yang menggunakan LKS dan prestasi belajar ekonomi yang tidak menggunakan LKS.
Pencapaian tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat diketahui dari prestasi belajar siswa. Sedangkan ukuran normatif untuk menentukan tingkat prestasi belajar siswa dari penelitian ini adalah nilai tes harian semester I tahun 2005/2006.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang menggunakan LKS dan siswa yang tidak menggunakan LKS di SMPN 2 Porong-Sidoarjo.
Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah 94 siswa yang terbagi kelas II D yang belajar menggunakan LKS berjumlah 48 dan kelas II B yang belajar tidak menggunakan LKS beijumlah 46. untuk membedakannya menggunakan analisa data uji t.
Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar kelas II D yang belajar menggunakan LKS adalah baik denagn nilai rata-rata kelas 7,21 dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas II B yang belajar tidak menggunakan LKS adalah baik dengan nilai rata-rata kelas 6,8. Dari nilai rata-rata kelas diatas dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas II D yang belajar dengan menggunakan LKS lebih baik dibandingkan kelas II B yang belajar tidak menggunakan LKS. Dan dari analisis uji t, dapat diketahui bahwa ada perbedaan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang
menggunakan LKS dan siswa yang tidak menggunakan LKS dimana diketahui t hitung > t tabel yaitu 2,74 > 2,014103
Berpijak pada hal diatas, para guru yang mengajar bidang studi ekonomi hendaknya menggunakan LKS dan metode belajar siswa aktif untuk meningkatkan keaktifan siswa sehingga bisa mencapai prestasi belajar yang maksimal.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi guru untuk menentukan metode mengajar yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo |
Keywords: | prestasi belajar ekonomi; lks |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mohammad Rofiul Achsan |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 13:05 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 13:05 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67912 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |