Sari, Evi Novita (2005) Upaya guru ekonomi dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01160031.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Minat merupakan sesuatu yang sangat diperlukan dalam melakukan suatu aktivitas termasuk aktivitas belajar dan minat harus ada pada setiap siswa yang belajar ilmu pengetahuan termasuk didalamnya mata pelajaran ekonomi. Minat bukanlah merupakan substansi psikologis yang bersifat tetap, melainkan dapat dikembangkan atau dapat ditingkatkan. Menyadari akan sifat minat dan pentingnya faktor-faktor belajar yang dapat digerakkan lewat pengembangan minat, maka guru ekonomi sebagai pengelola proses belajar-mengajar mata pelajaran ekonomi harus berperan dalam meningkatkan minat siswa agar proses belajar-mengajamya dapat efektif, efisien dan produktif.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang: “Upaya Guru Ekonomi dalam Meningkatkan Minat Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Probolinggo". Adapun yang menjadi rumusan masalah: bagaimana minat siswa pada mata pelajaran ekonomi ? dan bagaimana upaya guru ekonomi dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi ?.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah untuk mengetahui minat siswa pada mata pelajaran ekonomi dan upaya guru ekonomi dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Dan untuk mengolah data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif dan diperkuat dengan perhitungan prosentase untuk angket dengan rumus sebagai berikut:
p=٤x100%/N
Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1.Sebagian siswa tertarik untuk belajar mata pelajaran ekonomi, sebagian siswa senang untuk belajar mata pelajaran ekonomi, sebagian besar siswa menyadari bahwa belajar mata pelajaran ekonomi sangat penting dan berguna, dan sebagian besar siswa mempunyai perhatian pada
mata pelajaran ekonomi. Yang tentu saja hal ini di dukung oleh upaya guru ekonomi yang sangat efektif dalam usahanya dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi.
2.Upaya guru ekonomi dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebagai berikut:
a.Untuk menimbulkan kecenderungan hati siswa untuk belajar:
1). Guru harus menarik dalam berpenampilan dan menggunakan beberapa metode yang variatif
2). Guru selalu mengadakan pre-test dan evaluasi secara lisan.
b.Untuk menumbuhkan rasa senang pada diri siswa untuk belajar:
1). Selalu menghimbau siswa untuk mencatat dan hasil catatan itu akan dinilai kokurikuler
2). Memberikan tugas mengamati kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang-orang disekitar tempat tinggalnya dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
c.Untuk meningkatkan perhatian dan kesadaran belajar siswa:
Dengan mengajak siswa melihat perusahaan, artinya siswa mengamati keadaan perusahaan dan membandingkan dengan teori- teori ekonomi yang di dapatkannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M |
Keywords: | minat; guru ekonomi |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mohammad Rofiul Achsan |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 11:35 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 11:35 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67896 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |