Fitriyah, Lailatul (2005) Korelasi antara sikap belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa MA Manba'ul Ulum Bungah Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01160027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sikap belajar merupakan sikap yang cenderung dipilih atau dimiliki dan merupakan ciri khas seorang siswa dan menerima informasi dari lingkungan dan sebagaimana seorang siswa dan memproses informasi tersebut, setiap siswa memilki sikap belajar yang berbeda-beda dalam menguasai Suatu mata pelajaran yang diajarkan oleh guru.
Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu aktifitas belajar yaitu proses adanya perubahan menjadi baik yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Dengan demikian bahwasannya siswa yang dapat menguasai dari membiasakan belajar secara afektif, maka akan mencapai prestasi belajar yang lebik baik.
Berdasarkan paparan diatas maka permasalahan yang timbtil adalah bagaimana sikap belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, bagaimana tingkat prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi, serta adakah korelasi antara sikap belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi di MA Manba’ul Ulum Bungah Gresik.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi, serta untuk mengetahui ada atau tidak adanya korelasi antara sikap belajar siswa MA Manba’ul Ulum Bungah Gresik terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi.Adapun rancangan penelitian yaitu menggunakan rancangan deskriptif korelasional yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis korelasi antara sikap belajar siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa MA Manba’ul Ulum Bungah Gresik.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka peneliti mengumpulkan data melalui interview atau wawancara, dokumentasi, dan menyebarkan angket. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisa menggunakan analisa korelasi product moment dengan rumus sebagai berikut:
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Manba’ul Ulum Bungah Gresik Kelas n semester n Tahun ajaran 2004- 2005. Sedangkan sampel yang yang digunakan adalah purposive sample yaitu 50 anak.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara sikap belajar siswa dengan prestasi belajar sebesar 0,832 atau 83 %. Dan berdasarkan
tabel intepretasi nilai r angka 0,832 menunjukkan bahwa korelasi antara sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar adalah hubungan yang sedang, meskipun begitu hubungan ini merupakan hubungan positif, sehingga hubungan ini menunjukkan bahwa dengan membiasakan sikap belajar masing-masing. Siswa cenderung dapat menguasai suatu mata pelajaran dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M |
Keywords: | sikap belajar siswa; prestasi belajar |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mohammad Rofiul Achsan |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 11:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 11:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67890 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |