Khusna, Alindatul (2015) Pengembangan buku ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing materi gerak benda dan energi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III di MI Islamiyah Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140132.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Proses pembelajarannya mengkaitkan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan daya pikir siswa terhadap materi. Untuk mengembangkan daya pikir tersebut diperlukan adanya metode, media, serta sumber pendukung seperti buku.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan kelayakan desain dan isi produk pengembangan Buku Ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing materi gerak benda dan energi kelas III di MI Islamiyah Candi Sidoarjo, (2) mengetahui produk pengembangan Buku Ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing dapat lebih valid dan efektif jika digunakan pada kelas III di MI Islamiyah Candi Sidoarjo,(3) mengetahui produk pengembangan Buku Ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III di MI Islamiyah Candi Sidoarjo.
Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian dengan metode pengembangan atau Research and Development untuk menghasilkan suatu produk dan mengujikan keefektifannya. Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikenalkan oleh Borg and Gall yang terdapat sepuluh langkah dalam penelitian dan pengembangannya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk siswa, dan lembar validasi. Serta dilakukan pre-test dan post-tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validasi oleh ahli isi diperoleh persentase sebesar 85%. Validasi oleh ahli desain sebesar 90%. Validasi oleh ahli pembelajaran IPA sebesar 88%. Keterangan tersebut menunjukkan bahwasanya Buku Ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan, (2) Buku Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing yang telah dikembangkan mendapat penilaian kualifikasi yang baik, dari uji coba lapangan Buku Ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing diperoleh nilai 91%. Hasil penilaian pada uji coba lapangan menunjukkan tingkat keefektifan, (3) Buku Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi gerak benda dan energi pada siswa kelas III di MI Islamiyah Candi Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung = 5,194 t tabel = 1,697.
ABSTRACT
Natural Sciences is one vehicle for students to learn about themselves and the nature around. The learning process is linked to the provision of direct experience to develop student thinking of the material To develop the intellect necessary to methods, media, and sources of support such as books.
The purpose of this research is (1) explain the feasibility of the design and content of product Development of natural science Lessonbooks based on guided inquiry Content Objects Motion and Energy to Improve Concept Training Student Class III at MI Islamiyah Candi Sidoarjo. (2) knowing the product Development of natural science Lessonbooks based on guided inquiry Content Objects Motion and Energy to Improve Concept Training Student Class III at MI Islamiyah Candi Sidoarjo (3) knowing the product Development of natural science Lessonbooks based on guided inquiry Content Objects Motion and Energy to Improve Concept Training Student Class III at MI Islamiyah Candi Sidoarjo.
To achieve that objective by using research methods Research and Development to of producing a product and testing this effectiveness. The model used of this research using the theory introduced by Borg and Gall that there are ten steps in the research and development. Data collection instruments used of this research was a questionnaire for students, and the validation sheet. And conducted a pre-test and post-test to know the level of student understanding.
Results from this research shows that (1) Validation by contents experts percentage obtained by 85%, Validation by design experts by 90%, Validation by expert science teaching by 88%. The statement shows that natural science Lessonbooks based on guided inquiry Content Objects Motion and Energy to Improve Concept Training feasible to use (2) natural science Lessonbooks based on guided inquiry Content Objects Motion and Energy to Improve Concept Training has been developed got a good qualification assessment, and from field testing natural science Lessonbooks based on guided inquiry Content Objects Motion and Energy to Improve Concept Training obtaining the value of 91% Assessment results in field testing showed the effectiveness (3) proved to be significantly effective to Improve Concept Training Student Class III at MI Islamiyah Candi Sidoarjo. This is evidenced by the calculation results show Tcount = 5.194 Ttable = 1.697.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing; Pemahaman Konsep; Development; natural science Lessonbooks based on guided inquiry; Concept Training | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 22 May 2017 09:45 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2023 15:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6786 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |