Zulhidayani, Zulhidayani (2005) Efektivitas penerapan model pembelajaran tutorial dalam mata pelajaran Ekonomi di Kelas VIII-D SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01160020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Model pembelajaran tutorial merupakan salah satu dari beberapa model pembelajaran yang dianggap lebih inovatif karena model pembelajaran ini dapat meemotivasi siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar yang dalam pelaksanaannya mengikutsertakan siswa, untuk berperan aktif dikelas. Model pembelajan tutorial merupakan metode yang dapat diterapkan dalam berbagai tingkatandan tidak selalu dalam situasi yang ideal, serta serta untuk memberikan pertolongan secara individu bagi siswa yang mengalami kesulitan. Dengan demikian maka dapat meningkatkan prestasi siswa seoptimal mungkin. Model pembelajaran ini dinilai juga sangat efektif karena siswa dapat membantu siswaa yang lainnya atau sering di sebut dengan tutor sebaya, bisa juga siswa dibantu oleh siswa yang umurnya lebih tinggi beberapa tahun dari siswa yang diajarkan atau disebut dengan tutor kaaka.
Berdasarkan pada latar belakaang maasalah tersebut, dapat dirumuskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk meengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran tutorial dalam mata pelaajaran ekonomi bagi siswa, 2) Apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat belaajar ekonomi bagi siswa dengan model pembelajaraan tutorial, 3) Adakah perbedaan anatara sebelum dan sesudah belajar ekonomi bagi siswa dengan model pembelajaran tutorri\al.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis eksperimen . Terkait dengan penelitian ini, maka yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V1II-D SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan teknik peengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test
Dari hasil peenelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah belajar ekonomi bagi siswa dengan model pembelajaran tutorial. Hal ini terbukti dengan perbedaan prestasi dari nilai siswa anaara sebelum menggunakan metode tutorial dan sesudah melaksanakan metode tutorial terdapat perbedaan yang signifikan terbukti dengan mengunakan rumus product moment nilai dari rytung 0,719 lebih besar dari nilai rtabei yaitu 0٠ 304.
Adapun saran penulis bagi guru-gurukhususnya guru-guru di SMP Negeri 13 Malang hendaknya lebih mengikut sertakan siswa dalam hal proses belajar mengajar sehingga proses belajar mengajar tidak terasa membosankankan dan monoton dengan begitu diharapkan prestasi siswa jauh lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus |
Keywords: | efektivitas; model pembelajaran tutorial |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mohammad Rofiul Achsan |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 10:51 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 10:51 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67837 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |