Waluya, Eko Budi (2005) Peran pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan produktivitas kader: Studi kasus Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAMP) Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00160042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam masalah jurnalistik Unit Aktivitas Pers Mahasiswa ( UAPM ) harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman, kalau tidak ingin ketinggalan oleh organisasi lainnya bahkan organisasi pers kampus yang lainnya. Namun begitu UAPM tidak akan mampu berkompetisi dengan organisasi lainnya khususnya pers jika personilnya atau anggotanya tidak dibekali dengan kemampuan dan ketrampilan sesuai dengan ruang lingkup yang dilakukan organisasi. Untuk itu perlu bagi organisasi untuk mempersiapkan langkah-langkah pemecahannya guna menghadapi kesulitan- kesulitan yang akan dihadapi dan memeperkecil resiko akibat adanya masalah- masalah tersebut. Pendidikan dan pelatihan juga dipandang sebagai investasi yang imbalannya dapat diperoleh beberapa tahun kemudian dalam bentuk pertambahan ketrampilan kerja. Pendidikan dan pelatihan merupakan dua hal yang hampir sama maksud dan pelaksanaanya, namun ruang lingkupnya yang membedakan karateristik kedua kegiatan tersebut Pendidikan merupakan tugas untuk meningkatkan kemampuan, pengertian, atau sikap para tenaga kerja sehingga dapat lebih menyesuaikan dalam lingkungan kerja mereka. Pendidikan berhubungan dengan menjawab how dan why, biasanya pendidikan berhubungan dengan teori pekerjaan sekaligus bahwa pendidikan merupakan suatu usaha untuk mengembangkan kemampuan berpikir dari seorang tenaga kerja.Sedangkan pelatihan merupakan suatu proses aplikasi,terutama terhada proses kecakapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan dan pelatihan dalam peningkatan produktivitas kader, Metode serta kendalanya dalam pengembangan kemampuan kader di UAPM. Dalam penelitian ini peneliti berhasil memperoleh data dari 20 informan yang mempunyai keterikatan dengan obyek penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dengan penelitian semacam ini diharapkan memperoleh gambaran yang mendalam mengenai subyek penelitian, memandang peristiwa secara keseluruhan dalam konteksnya dan mencoba memperoleh pemahaman yang mendalam. Serta memahami makna dari perilaku subyek penelitian.
Dari paparan data hasil penelitian di atas mengenai Pendidikan dan Pelatihan Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Kader di Unit Aktivitas Pers Mahasiswa ( UAPM ) sebagai salah satu wadah pembinaan minat dan bakat mahasiswa dalam hal jurnalistik mempunyai andil yang cukup signifikan dalam rangka meningkatkan produktivitas anggotanya. Di mana berdasarkan paparan data di atas bahwa setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan di UAPM anggotanya mengalami peningkatan minimal dalam basic dasar jurnalistik yaitu perubahan pola pikir mereka yang cenderung waspada terhadap masalah yang ada, dan cara berwacana liar tanpa batasan ruang dan waktu yang selama ini mengkungkung mereka, kader mengalami kemampuan yang signifikan setelah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rahman, Nur Ali |
Keywords: | pendidikan dan pelatihan; produktivitas; kader |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mohammad Rofiul Achsan |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 10:32 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 10:32 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67815 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |