Thoyyibah, Nadhiya Noor (2024) Efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI dan metode Bil Qolam: Studi di SD laboratoriun UM dan MI Darul Hikmah Lab. UIN Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
220101210064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sebagai umat Islam dituntut untuk selalu membaca dan mempelajari Al-Qur’an sejak masih anak-anak sebagi bekal dan pedoman hidup di masa depan, terutama di era sekarang banyak anak yang hanya bisa membaca Al-Qur’an tetapi tidak sesuai dengan tajwid dan makhorijul hurufnya. Hal ini akan berpengaruh pada makna dari bacaan tersebut maka diperlukan sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an yang cocok untuk anak SD. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pembelajaraan metode ummi dan bil qolam dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field resech). Data yang diperoleh penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti mendeskripsikan dan menggunakan apa adanya hasil temuan di lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya efektif penggunaan metode dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak-anak. Pada menggunaan metode ummi di SD Laboratorium UM dikatakan efektif dalam penerapannya karena proses pembelajarannya disesuaikan dengan ketentuan yang sudah ditetapkan, tidak hanya itu saja dari ustadz/ustadzah yang mengajar juga banyak yang memiliki syahadah (sertifikat) metode ummi. Sedangkan metode bil qolam di MI Darul Hikmah Lab UIN Malang menggunakan proses baca simak yang tidak efektif sehingga banyak anak yang membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan ilmu tajwid dan makhorijulnya. Selain itu banyak dari ustadz/ustadzah tidak memiliki syahadah (sertifikat) metode bil qolam.
Kesimpulannya dari penelitian ini adalah penerapan kedua metode tersebut dirasa sudah bagus hal ini dibuktikan dengan siswa dapat membaca Al-Qur’an secara tartil. Dari kedua metode tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, serta memiliki target pencapaian masing-masing.
ABSTRACT
As Muslims, they are required to always read and study the Qur'an since they were children as provisions and guidelines for life in the future, especially in this era many children can only read the Qur'an but not in accordance with tajweed and makhorijul letters. This will affect the meaning of the reading, so a Qur'an learning method is needed that is suitable for elementary school children. In this study, researchers used the ummi and bil qolam method learning in learning the Qur'an.
This research uses a qualitative approach, with the type of field research (field resech). The data obtained by this study through observation, interviews, and documentation. Based on the data obtained, researchers describe and use what the findings in the field are.
The result of this study is the effective use of methods in learning the Qur'an in children. In using the ummi method in the UM Laboratory Elementary School is said to be effective in its application because the learning process is adjusted to the provisions that have been set, not only that from the ustadz/ustadzah who teach but also many who have a shahadah (certificate) of the ummi method. Meanwhile, the bil qolam method at MI Darul Hikmah Lab UIN Malang uses an ineffective reading process so that many children who read the Qur'an are not in accordance with the science of tajweed and makhorijul. In addition, many of the ustadz/ustadzah do not have a shahadah (certificate) of the bil qolam method.
The conclusion of this study is that the application of the two methods is considered to be good, this is evidenced by students being able to read the Qur'an in a tartil manner. Both methods also have advantages and disadvantages, and have their own achievement targets.
مستخلص البحث
إﻧﻪ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ اﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ أن ﻳﻮاﻇﺒﻮا ﻋﻠﻰ ﻗﺮاءة اﻟﻘﺮآن وﺗﻌﻠﻤﻪ ﻣﻦ وﻗﺖ اﻟﺼﺒﺎ زادا ﻟﻬﻢ وﻫﺪﻳﺎ ﻟﻤﺴﺘﻘﺒﻠﻬﻢ . ﻻ ﺳﻴﻤﺎ ﻓﻲ ﻋﺼﺮﻧﺎ اﻟﺤﺎﺿﺮ اﻟﺬي ﻳﻜﺜﺮ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ اﻟﺼﺒﻴﺎن ﻣﻦ ﻳﻘﺮأ اﻟﻘﺮآن دون أي ﺗﺠﻮﻳﺪ وﻣﺨﺎرج اﻟﺤﺮوف اﻟﺼﺤﻴﺤﺔ، وذﻟﻚ ﻳﺆﺛﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻨﻰ اﻟﻨﺺ اﻟﻤﻘﺮوء؛ ﻓﻴﺤﺘﺎج إﻟﻰ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺗﻌﻠﻢ اﻟﻘﺮآن ﻣﻨﺎﺳﺒﺔ ﻟﺘﻼﻣﻴﺬ اﻟﻤﺪرﺳﺔ ا ﻹﺑﺘﺪاﺋﻴﺔ .
وﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ ﻳﻤﺸﻲ ﻋﻠﻰ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺑﺤﺚ ﻛﻴﻔﻲ ﺑﻨﻮع ﺑﺤﺚ واﻗﻌﻲ research). (field واﻟﻤﻌﻠﻮﻣﺎت اﻟﻤﻌﺮوﺿﺔ ﻓﻲ ﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ ﻣﻜﺘﺴﺒﺔٌ ﻣﻦ اﻟﻤﺮﺻﺎدات واﻟﻤﻘﺎﺑﻼت وإﺛﺒﺎت واﻟﺜﺎﺋﻖ .وﻳﻘﻮم اﻟﺒﺎﺣﺚ ﻋﻠﻰ ﺗﺼﻮﻳﺮ ﺗﻠﻚ اﻟﻤﻌﻠﻮﻣﺎت ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻫﻲ ﻋﻠﻴﻪ اﻣﺘﺪادا ﻣﻦ ﺗﻠﻚ اﻟﻮﺳﺎﺋﻞ .
واﻟﺤﺎﺻﻞ ﻣﻦ ﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ ﻫﻮ ﻓﻌﺎﻟﻴﺔ اﺳﺘﺨﺪام اﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﻓﻲ ﺗﻌﻠﻢ اﻟﻘﺮآن ﻟﻠﺼﺒﻴﺎن .واﻟﻔﻌﺎﻟﻴﺔ اﻟﻤﻌﺘﺒﺮة ﻓﻲ ﻃﺮﻳﻘﺔاﻷم ﻓﻲ SD ﻻﺑﻮراﺗﻮرﻳﻮم UM ﻫﻲ ﺗﻄﺒﻴﻖ اﻟﻄﺮﻳﻘﺔ، ﻷن إﺟﺮاءات اﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﻣﻮﺿﻮﻋﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﺸﺮوط اﻟﻤﻘﺮرة .وإﺿﺎﻓﺔ ﻋﻠﻰ ﻛﺜﺮة ﻣﻦ ﻳﻤﻠﻜﻮن ﺷﻬﺎدة ﻃﺮﻳﻖ اﻷم ﻣﻦ اﻷﺳﺎﺗﺬة اﻟﻤﺪرﺳﻴﻦ .وأﻣﺎ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺑﺎﻟﻘﻠﻢ ﻓﻲ MI دار اﻟﺤﻜﻤﺔ ﻣﺨﺒﺮ اﻟﺠﺎﻣﻌﺔ اﻹﺳﻼﻣﻴﺔ اﻟﺤﻜﻮﻣﻴﺔ (UIN) ﻣﺎﻻﻧﺞ ﻓﺘﺴﺘﺨﺪم إﺟﺮاءات اﻟﻘﺮاءة واﻟﺘﺴﻤﻴﻊ اﻟﺘﻲ ﻻ ﺗﺠﺪي ﻓﻲ ﻣﻬﺎرة اﻟﻘﺮاءة، ﻓﻴﻘﺮأ ﻛﺜﻴﺮٌ ﻣﻦ اﻟﻄﻼب ﺑﻐﻴﺮ ﺗﺠﻮﻳﺪ وﻓﺼﺎﺣﺔ اﻟﻤﺨﺎرج .وﻣﻊ ذﻟﻚ ﻛﺜﻴﺮٌ ﻣﻦ اﻷﺳﺎﺗﺬة ﻣﻦ ﻻ ﻳﻤﻠﻜﻮن ﺷﻬﺎدة ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺑﺎﻟﻘﻠﻢ. واﻟﻤﻐﺰى ﻣﻦ ﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ ﻫﻮ أن ﺗﻄﺒﻴﻖ اﻟﻄﺮﻳﻘﺘﻴﻦ ﻣﻌﺘﺒﺮٌ ﺟﻴﺎدﺗﻪ، وذﻟﻚ ﻣﺒﺮﻫﻦٌ ﺑﺎﺳﺘﻄﺎﻋﺔ اﻟﻄﻼب ﻋﻠﻰ اﻟﻘﺮاءة.وﻟﻜﻼ اﻟﻄﺮﻳﻘﺘﻴﻦ إﻳﺠﺎﺑﻲٌ وﺳﻠﺒﻲٌ واﻟﻬﺪف اﻷﺳﺎﺳﻲ اﻟﺬي ﻳﻘﺼﺪه ﺑﺎﻟﺘﺮﺗﻴﻞ
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muslimin, Imam and Izzudin, Ahmad |
Keywords: | Kata kunci: Efektivitas pembelajaran Al-Qur’am, metode ummi dan metode bil qolam Keywords: Effectiveness of Qur'am learning, ummi method and bil qolam method. اﻟﻜﻠﻤﺔ اﻟﻤﻔﺘﺎﺣﻴﺔ: ﻓﻌﺎﻟﻴﺔ ﺗﻌﻠﻢ اﻟﻘﺮآن، ﻃﺮﻳﻘﺔ اﻷم، ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺑﺎﻟﻘﻠﻢ |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadhiya Noor Thoyyibah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 14:03 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 14:03 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/67688 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |