Lestari, Vivin (2013) Analisis peran perilaku konsumen untuk merespon green marketing : Survei pada konsumen air mineral merek Ades di kalangan mahasiswa Ma’had Puteri Sunan Ampel al-Ali Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09510115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Perkembangan industri sepanjang tahun selalu mengalami peningkatan yang sangat pesat. Namun peningkatan ini bukan hanya memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian dunia, tetapi juga memberikan kontribusi negatif terhadap permasalahan sosial dan lingkungan. Kesadaran tentang pelestarian, keamanan dan keramahan lingkungan yang meningkat, membuat masyarakat bertindak sebagai konsumen yang sebelumnya dalam mengkonsumsi produk tidak memikirkan dampaknya bagi lingkungan, mulai mempertimbangkan apa yang akan dikonsumsi. Peran internal konsumen menjadi salah satu alat pengukur untuk mengetahui seberapa besar respon konsumen terhadap penerapan green marketing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif-Survei, yang mengkaji pengaruh Pengetahuan Konsumen (X1), Perasaan Konsumen (X2), Kepercayaan Konsumen (X3), Motivasi Konsumen (X4) terhadap Green Marketing (Y) teknik pengambilan sampel Dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 72 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner, kemudian data yang diperoleh dengan statistic deskriptif, regresi linier berganda serta di uji parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan konsumen (X1), perasaan konsumen (X2), kepercayaan konsumen (X3) dan motivasi konsumen (X4) berpengaruh signifikan dalam merespon green marketing (Y) pada produk air mineral merek Ades, dan uji F menunjukkan angka sebesar
0,000000 < 0,05 (5%) dan F hitung lebih besar dari F tabel, yaitu sebesar 214,161
> 2,37. Selain itu nilai Adjusted R Square sebesar 0,923 atau 92,3%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial indikator pengetahuan konsumen (X1) nilai t hitung sebesar 6,808 > nilai t tabel 1,645 dan nilai sig t sebesar 0,000 <
0.05 berpengaruh signifikan, indikator perasaan konsumen (X2) nilai t hitung sebesar 7,387 > nilai t tabel 1,645 dan nilai sig t sebesar 0,000 < 0.05 berpengaruh signifikan, indikator kepercayaan konsumen (X3) nilai t hitung sebesar 2,416 > nilai t tabel 1,645 dan nilai sig t sebesar 0,018 < 0.05 berpengaruh signifikan, indikator motivasi konsumen (X4) nilai t hitung sebesar 6,171 > nilai t tabel 1,645 dan nilai sig t sebesar 0,000 < 0.05 berpengaruh signifikan. Untuk indikator yang berpengaruh dominan terhadap respon green marketing (Y) adalah pengetahuan konsumen (X1) yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 0,8408 dengan kontribusi
84,08%.
ENGLISH :
The industrial development always increases very rapidly every year. However, this improvement does not only have a positive impact on the world economic, but also has a negative contribution to the social and environmental issues. The improved awareness about conservation, safety, and eco friendliness make the consumers who previously do not consider the impact of cigarette for the environment begin to consider the product that will be consumed. The consumers' internal role becomes one of the measurement tools to determine how much the consumer response to the implementation of green marketing.
This study uses a quantitative-survey approach, which examines the influence of the Knowledge (X1), Sentiment (X2), Confidence (X3), and Motivation (X4) of the consumers toward Green Marketing (Y). The samples, 72 respondents, are obtained using purposive sampling technique. The instrument used in this study is a questionnaire. The obtained data are then analyzed using descriptive statistics, linear regression, and partial test.
The results show that the Knowledge (X1), Sentiment (X2), Confidence (X3) and Motivation (X4) of the consumers significantly influence Green Marketing (Y) of Ades Mineral Water. The F test shows the number of 0.000000
< 0.05 (5%) and F count is greater than F table of 214.161 > 2.37. Besides, the value of Adjusted R Square is 0.923 or 92.3%. The results of the t test shows that partially t count value of consumer knowledge (X1) indicator that is 6.808 > 1.645 and t table value that is 0.000 t sig < 0.05. The consumer sentiment (X2) indicator with t count value of 7.387 > t table value of 1.645 and sig t of 0.000 < 0.05. The consumer confidence (X3 ) indicator with t count value of 2.416 > t table value of
1.645, and sig t of 0.018 < 0.05. The consumer motivation (X4) indicator with t count value of 6.171 > t table value of 1.645, and sig t of 0.000 < 0.05. From the explanations, it can be proved that the four variables (X1, X2, X3, and X4) have a significant influence toward the green marketing (Y). The indicator that has a dominant influence toward green marketing response (Y) is the consumer knowledge (X1) with the average value of 0.8408 and a contribution of 84.08%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perilaku Konsumen; Pemasaran Hijau (Green Marketing) | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Farah Aunil Haq | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2017 10:30 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 10:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6692 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |