Responsive Banner

Klasifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat konsep matematika

Pendra, Tri (2012) Klasifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang memuat konsep matematika. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07610007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Al-Qur’an merupakan kitab yang istimewa karena dapat ditinjau dari banyak aspek keilmuan, sehingga sudah banyak orang yang terinspirasi dari Al-Qur’an untuk mengembangkan keilmuan yang mereka tekuni. Begitu juga yang memuat konsep matematika, banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap bidang matematika. Sehingga muncul ide untuk mengklasifikasikan ayat-ayatyang berkaitan dengan konsep aljabar seperti memuat bilangan ordinal, kardinal, pecahan, relasi bilangan seperti kurang dari (<), lebih dari (>), sama dengan (=), kurang dan atau sama dengan (≤), lebih dan atau sama dengan (≥) dan operasi bilangan seperti penambahan (a+b), pengurangan (a – b), pembagian (a : b), perkalian (a x b). Begitu juga dengan konsep himpunan, konsep geometri dan pengukuran, konsep statistika maupun konsep logika.

Adapun jenis penelitiaannya kualitatif deskriptif dengan metode penelitian kepustakaan (library research) atau kajian pustaka yakni melakukan penelitian untuk memperoleh data-data dan informasi-informasi serta objek yang digunakan dalam pembahasan masalah tersebut. Langkah–langkah yang dilakukan dengan mendeteksi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan matematika, mengklasifikasikan ayat-ayattersebut yang memuat aljabar, geometri dan pengukuran, statistika dan logika serta memaknainya secara matematika. Di dalam pembahasan penelitian ini sungguh Al-Qur’an berbicara masalah matematika sehingga membuat keyakinan terhadap Al-Qur’an tidak diragukan lagi dan membuktikan Al-Qur’an sebagai kitab yang dapat dipandang dari banyak aspek keilmuan yang berbeda.

ENGLISH:

Al-Qur’an is a wonderful holly-book because it can be analyzed by all of subject’s point of views. Therefore, there were many scientists which are inspirited by Al-Qur’an in developing their discipline. Also from mathematics point of view, there are many verses which have direct and indirect correlation to mathematics. In addition, researcher has an idea to classifying the verses which are correlated to algebra such including ordinal number, cardinal, fractions, number relation like less then (< ), more than (+), equal with (=), less equal with (≤), more equal with (≥), and operational number like plus (a + b), minus (a - b), split (a : b), multiple (a x b). As well with algebra, geometry and measurement, statistics even logical. This research is classified as descriptive qualitative with library research method which is conducting a research to get data and information and object that used in problem analyzing.

Researcher done some steps, including detecting all of verses in Al-Qur’an which is correlating with mathematics, then classified that verses into algebra, geometry, measurement, statistics and logic then interpreted from mathematics point of view. In the analyzing of this research Al-Qur’an talking about mathematics so it makes us believe to Al-Qur’an as holy-book which can analyze from all of disciplines.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abdussakir, Abdussakir and Rozi, Fachrur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAbdussakir, AbdussakirUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRozi, FachrurUNSPECIFIED
Keywords: Ayat-ayat Al-Qur’an; Klasifikasi; Aljabar; Geometri; Pengukuran; Statistika; Logika; The Al-Qur'an Verses; The Classification; Algebra; Geometry; Measurement; Statistics; Logic
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Matematika
Depositing User: Dinda Akromatul Akhadiyah
Date Deposited: 18 May 2017 14:45
Last Modified: 18 May 2017 14:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6679

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item