Penerapan metode target costing dalam penetapan harga jual untuk mengoptimalkan laba perusahaan: Studi kasus pada UKM Agronas Gizi Food Kota Batu Malang

Rohmah, Yulia Nailir (2016) Penerapan metode target costing dalam penetapan harga jual untuk mengoptimalkan laba perusahaan: Studi kasus pada UKM Agronas Gizi Food Kota Batu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12520108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Banyak UKM atau perusahaan yang mengolah kentang menjadi produk makanan salah satunya keripik kentang. Banyaknya UKM yang memproduksi keripik kentang, membuat tingginya persaingan yang sangat ketat antar UKM. Apalagi ditambah banyaknya UKM yang memproduksi produk makanan yang sejenis. Sehingga membuat masing-masing UKM berusaha agar produk yang dibuat dapat bersaing dipasaran. Salah satu caranya meminimalkan biaya produksi yang dikeluarkan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode target costing. Target costing adalah suatu metode yang digunakan untuk menentukan harga jual baru, meminimalisir biaya produksi dan untuk meningkatkan laba perusahaan

Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Dimana peneliti malakukan penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh data dengan cara observasi dan wawancara yang kemudian dikombinasikan dengan literatur yang berhubungan dengan penelitian. Setelah data diperoleh kemudian diolah dan dapat diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode target costing dapat diterapkan di UKM Agronas Gizi Food dengan menghasilkan harga jual baru yakni Rp 138.000 per Kg dan dapat meminimalisir biaya sebesar 5,97% serta dapat meningkatkan labanya sebesar 27,46% tanpa mengurangi kualitas dari produk tersebut.

ENGLISH:

Many Small and Medium Enterprises (SMEs) or companies that process potatoes into food products one of them is potato chips. As the increasing number of SMEs producing potato chips, making the high intense competition among SMEs. Moreover, the number of SMEs that produce the similar food products are increasing, make each SME tries to produce some products that can be competitive in the market. One of the many ways is minimizing the production cost. Therefore, this study used a method of target costing. Target costing is a method used to determine the new price, minimize production costs and increase the company profit.

This study used a descriptive qualitative analysis. Where researchers conducted direct field research to collect data through observation and interviews, combined with literature related to the research. Once the data is taken, it is then processed and concluded. The results indicate that target costing method can be applied in SME Agronas Food Nutrition by generating new sales price of Rp 138,000 per kg and can minimize the cost of 5.97% and can increase its profit by 27.46% without reducing the quality of the product.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Oktaviana, Ulfi Kartika
Keywords: Target Costing; Harga Jual; Biaya Produksi; Laba Perusahaan; Target Costing; Price; Production Costs; Profit Company
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Onik Anggita Febriana
Date Deposited: 15 May 2017 02:21
Last Modified: 15 May 2017 02:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6668

Actions (login required)

View Item View Item