Al Hazmi, Baariq Ikbar (2024) Implementasi program adiwiyata pada proses pembelajaran IPS terpadu dalam pembentukan karakter peduli lingkungan bagi siswa di MTsN 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
200102110055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk menciptakan generasi yang kokoh di masa yang akan datang. Salah satu pendidikan karakter yang harus diperoleh siswa yaitu sikap peduli terhadap lingkungan. Pendidikan karakter peduli lingkungan juga memiliki keterkaitan yang erat terhadap mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Karena Bersama-sama memiliki visi yang searah, dengan fokus pada peserta didik, warga dan lingkungan sebagai inti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dalam kerangka kurikulum berbasis lingkungan, program Adiwiyata mengharuskan keterkaitan setiap pelajaran dengan pendidikan karakter peduli lingkungan hidup.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan Implementasi program adiwiyata nasional pada proses pembelajaran IPS terpadu dalam pembentukan karakter peduli lingkungan bagi peserta didik di MTsN 2 Malang tahun ajaran 2023/2024. (2) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat terhadap Implementasi program adiwiyata pada proses pembelajaran IPS terpadu dalam pembentukan karakter peduli lingkungan bagi peserta didik di MTsN 2 Malang tahun ajaran 2023/2024. (3) untuk mengetahui manfaat program adiwiyata nasional dalam membentuk karakter peduli lingkungan bagi peserta didik di MTsN 2 Malang tahun ajaran 2023/2024.
MTsN 2 Malang menjadi subjek lokasi peneliti. Pemilihan MTsN 2 Malang sebagai lokasi penelitian didasarkan pada prestasinya sebagai satu dari beberapa sekolah Adiwiyata di Kabupaten Malang. Pendekatan dan jenis Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian ini menciptakan data deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, menerapkan model analisis data yang dilakukan Miles, Huberman dan Saldana (2014).
Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan di MTsN 2 Malang bahwa: (1) implementasi program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada proses pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 2 Malang berjalan dengan baik. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan pada proses pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 2 Malang antara lain: a) sarana prasarana, b) kebijakan sekolah. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu: a) kesadaran peserta didik b) gender c) motivasi peserta didik. (3) Manfaat program Adiwiyata untuk menanamkan sikap peduli lingkungan di MTs Negeri 2 Malang membawa implikasi yang baik bagi warga sekolah yaitu (a) siswa dapat memanfaatkan air dengan baik (b) siswa dapat mematikan tenaga listrik ketika sedang tidak digunakan (c) siswa mampu memilah sampah dan mengolah sampah (d) siswa dapat mengelola dan melindungi hewan dan tumbuhan.
ENGLISH:
Character education is really needed to create a strong generation in the future. One of the education character that students must obtain is a caring attitude towards the environment. Character education that cares about the environment is also closely related to the Social Sciences learning subject. Because together we have the same vision, with a focus on students, citizens and the environment as the core of Social Sciences learning. Within the framework of an environmentally based curriculum, the Adiwiyata program requires the connection of each lesson with character education that cares about the environment.
The aims of this research are (1) To describe the implementation of the national adiwiyata program in the integrated social studies learning process in the formation of environmentally caring character for students at MTsN 2 Malang for the 2023/2024 academic year. (2) To explain the supporting and inhibiting factors for the implementation of the adiwiyata program in integrated social studies learning process in forming environmentally caring character for students at MTsN 2 Malang for the 2023/2024 academic year. (3) To find out the benefits of the national adiwiyata program in forming environmentally caring character for students at MTsN 2 Malang for the 2023/2024 academic year.
MTsN 2 Malang was the subject of the research location. The selection of MTsN 2 Malang as the research location was based on its achievements as one of several Adiwiyata schools in Malang Regency. The approach and type of this research is in the form of qualitative research, where this research creates descriptive data. The data collection technique uses observation, interviews and documentation. In this research, the data analysis model used by Miles, Huberman and Saldana (2014) was applied.
The results of the research carried out at MTsN 2 Malang: (1) The implementation of the Adiwiyata program in building environmentally caring character in the Integrated Social Sciences learning process at MTs Negeri 2 Malang is running smoothly. good (2) Supporting and inhibiting factors for the implementation of the adiwiyata program in the formation of environmentally caring character in the Integrated Social Sciences learning process at MTs Negeri 2 Malang include: a) infrastructure, b) school policies. Meanwhile, the inhibiting factors are: a) student awareness b) gender c) student motivation. (3) The benefits of the Adiwiyata program to instill an attitude of caring for the environment at MTs Negeri 2 Malang have good implications for the school community, namely (a) students can make good use of water (b) students can turn off electric power when it is not in use (c) students are able to sort waste and process waste (d) students can manage and protect animals and plants.
ARABIC:
إن تَنْمِيَةَ الشَّخْصِيَّةِ ذَاتِ القِيَمِ تُعَدُ أَمْرًا ضَرُورِيًّا لِبُنَاءِ جِيلٍ قَوِيٍّ فِي الْمُسْتَقْبَلِ. وَاحِدٌ مِنْ تَنْمِيَاتِ الشَّخْصِيَّةِ الَّتِي يَجِبُ عَلَى الطُّلَابِ الْحُصُولَ عَلَيْهَا هُوَ السُّلُوكُ الَّذِي يَعْتَنِي بِالْبَيْئَةِ. وَتَمْلَكُ تَنْمِيَةُ الشَّخْصِيَّةِ الَّتِي تَعْتَنِي بِالْبَيْئَةِ أَيْضًا تَصَاحُبًا وِثَاقًا مَعَ مَادَّةِ تَعْلِيمِ الدَّرَاسَاتِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ. لِأَنَّهَا تَتَمَيَّزُ بِرُؤْيَةٍ مُتَّجَهِّةٍ نَحْوَ الْطُّلَابِ وَالْمَجْتَمَعِ وَالْبَيْئَةِ كَأَسَاسٍ لِتَعْلِيمِ الدَّرَاسَاتِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ. ضِمْنَ إِطَارِ مَنْهَجِ الْبَيْئَةِ الَّذِي يَعْتَمِدُ عَلَى الْمَنْهَجِ الْبَيْئِيِّ، يَتَطَلَّبُ بَرْنَامَجُ أَدِيويَاتَا ارْتِبَاطًا لِكُلِّ مَادَّةٍ بِتَعْلِيمِ السُّلُوكِ الَّذِي يَعْتَنِي بِالْبَيْئَةِ الْحَيَاةِ.هَدَفُ هَذَا الْبَحْثِ هُوَ: (١) لِوَصْفِ تَنْفِيذِ بَرْنَامَجِ أَدِيويَاتَا الْوَطَنِيِّ فِي عَمَلِيَّةِ تَعْلِيمِ الدَّرَاسَاتِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ الْمُتَكَامِلَةِ فِي بَنَاءِ شَخْصِيَّةِ الِاهْتِمَامِ بِالْبَيْئَةِ لِدَى الطُّلَابِ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج فِي السَّنَةِ الدَّرَاسِيَّةِ ٢٠٢٢/٢٠٢٣ (٢) لِتَفْسِيرِ الْعُوَامِلِ الدَّاعِمَةِ وَالْمُعَوِّقَةِ لِتَنْفِيذِ بَرْنَامَجِ أَدِيويَاتَا فِي عَمَ
لِيَّةِ تَعْلِيمِ الدَّرَاسَاتِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ الْمُتَكَامِلَةِ فِي بَنَاءِ شَخْصِيَّةِ الِاهْتِمَامِ بِالْبَيْئَةِ لِدَى الطُّلَابِ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج فِي السَّنَةِ الدَّرَاسِيَّةِ ٢٠٢٢/٢٠٢٣ (٣) لِمَعْرِفَةِ فَوَائِدِ بَرْنَامَجِ أَدِيويَاتَا الْوَطَنِيِّ فِي بَنَاءِ شَخْصِيَّةِ الِاهْتِمَامِ بِالْبَيْئَةِ لِدَى الطُّلَابِ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج فِي السَّنَةِ الدَّرَاسِيَّةِ ٢٠٢٢/٢٠٢٣. مَدْرَسَةُ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج تَكُونُ مَكَانًا لِلْبَحْثِ. اخْتِيَارُ مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج كَمَكَانِ لِلْبَحْثِ يَعُودُ إِلَى تَحْقِيقِهَا كَوَاحِدَةٍ مِنْ عَدَدٍ قَلِيلٍ مِنَ الْمَدَارِسِ الَّتِي تَتَمَيَّزُ بِشَهَادَتِهَا كَوَاحِدَةٍ مِنْ الْمَدَارِسِ أَدِيويَاتَا فِي مُقَاطَعَةِ مَالَانْج، وَفِي الْوَاقِعِ، فَإِنَّ هَذَا الْإِنْجَازَ يُجْعَلُهَا تَمْثِلُ مُقَاطَعَةَ مَالَانْج فِي الْمُنَافِسَةِ فِي مُسَابَقَةِ أَدِيويَاتَا عَلَى مُسَافَةٍ وَطَنِيَّةٍ لِمَدَارِسِ الْمُتَوَسِّطَةِ/الثَّانَوِيَّةِ الثَّانَوِيَّةِ الْمُشَابِهَةِ.
نَتِيجَةُ الْبَحْثِ الَّتِي تَمَّتْ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج بَيَّنَتْ أَنَّ تَنْفِيذَ بَرْنَامِجِ أَدِيويَاتَا لِزَرْعِ السُّلُوكِ الَّذِي يَعْتَنِي بِالْبَيْئَةِ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج كَانَ كَالْتَالِي: (١) تَنْفِيذُ بَرْنَامِجِ أَدِيويَاتَا فِي بَنَاءِ شَخْصِيَّةِ الِاهْتِمَامِ بِالْبَيْئَةِ فِي عَمَلِيَّةِ تَعْلِيمِ الدَّرَاسَاتِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ الْمُتَكَامِلَةِ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج يَسِيرُ بِشَكْلٍ جَيِّدٍ (٢) الْعُوَامِلُ الدَّاعِمَةُ وَالْمُعَوِّقَةُ لِتَنْفِيذِ بَرْنَامِجِ أَدِيويَاتَا فِي بَنَاءِ شَخْصِيَّةِ الِاهْتِمَامِ بِالْبَيْئَةِ فِي عَمَلِmيَّةِ تَعْلِيمِ الدَّرَاسَاتِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ الْمُتَكَامِلَةِ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج يَشْمَلُ: أ) الْبُنْيَةُ التَّحْتِيَةُ، ب) سِيَاسَةُ الْمَدْرَسَةِ. أَمَّا الْعُوَامِلُ الْمُعَوِّقَةُ فَهِيَ: أ) وَعْيُ الطُّلَابِ، ب) النُّوعُ، ج) الدَّافِعُ لِلطُّلَابِ، (٣) فَوَائِدُ بَرْنَامَجِ أَدِيويَاتَا لِزَرْعِ السُّلُوكِ الَّذِي يَعْتَنِي بِالْبَيْئَةِ فِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ رَقْمَ ٢ مَالَانْج تَعُودُ بِتَأْثِيرٍ جَيِّدٍ عَلَى أَعْضَاءِ الْمَدْرَسَةِ وَهِيَ: (١) الطَّلَابُ يَسْتَطِيعُونَ الْاِسْتِفَادَةَ مِنْ الْمَاءِ بِشَكْلٍ جَيِّدٍ (٢) الطَّلَابُ يَسْتَطِيعُونَ إِطْفَاءَ الكَهْرَبَاءَ عِنْدَ عَدَمِ اسْتِخْدَامِهَا (٣) الطَّلَابُ يَسْتَطِيعُونَ فَرْزَ النُّفَايَاتِ وَمَعَالَجَتِهَا (٤) الطَّلَابُ يَسْتَطِيعُونَ إِدَارَةَ وَحِمَايَةَ الْحَيَوَانَاتِ وَالنَّبَاتَاتِ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Amin, Saiful |
Keywords: | Program Adiwiyata; Pembelajaran IPS Terpadu; Karakter Peduli Lingkungan; Adiwiyata Program; Integrated Social Sciences Learning; Environmental Care Character; بَرْناَمَجُ أدَِيوياَتاَ ;تعَْلِيمُ الدَّرَاسَاتِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ الْمُتكََامِلَةِ ;شَخْصِيَّةُ الِا هْتِمَامِ باِلْبَيْئ ةَِ |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Baariq Ikbar Al Hazmi |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 13:12 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 13:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/66102 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |