Khodijah, Siti (2016) Pengaruh agresivitas pajak terhadap corporate social responsibility dengan variabel kontrol ukuran perusahaan, ROA dan laverage pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12520094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Agresivitas Pajak terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Agresivitas Pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rates (ETR). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan 3 variabel komtrol yaitu Ukuran Perusahaan, ROA Dan Laverage. Fokus penelitian ini adalah 8 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2009-2014 sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan model analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial agresivitas pajak tidak berpengaruh terhadap CSR. Sedangkan dilihat secara simultan agresivitas pajak, ukuran perusahaan, ROA dan leverage berpengaruh terhadap CSR. Penelitian ini juga mengungkapkan dari variabel kontrol hanya ukuran perusahaan yang berpengaruh terhadap CSR, sedangkan ROA dan leverage tidak mempunyai pengaruh. Hal ini mengindikasi bahwa perusahaan besar cenderung mendapat tekanan untuk melakukan tanggung jawab sosial, sehingga cenderung mengungkapkan informasi lebih luas agar dapat dipandang positif oleh masyarakat.
ENGLISH:
This study aimed to examine the Influence of the Tax Aggressiveness towards Corporate Social Responsibility (CSR). Independent variables used the tax Aggressiveness proxy of effective tax rates (ETR). While the dependent variable in this study was Corporate Social Responsibility (CSR). This study used three variables, namely control of company size, ROA and Laverage. The focus of this research were 8 companies listed in the Jakarta Islamic Index 2009-2014 period as samples. The data used secondary data sampling technique used was purposive sampling. Analysis of data used multiple linear regression analysis model. The analysis showed that the partial tax aggressiveness had no effect on CSR. While the views simultaneously aggressiveness tax firm size, ROA and leverage influenced to CSR. The study also revealed only the size of the control variables that affected the company's CSR, while ROA and leverage had no effect. This indicated that large companies tended to be under pressure to perform social responsibility, thus tended to disclose more extensive information to be viewed positively by the public.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Andriani, Sri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Agresivitas Pajak; Corporate Social Responsibility; Ukuran Perusahaan; ROA Dan Laverage; Tax Aggressiveness; Corporate Social Responsibility; Company Size; ROA and Laverage. | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi | ||||||
Depositing User: | Karina Danariyanti | ||||||
Date Deposited: | 17 May 2017 13:27 | ||||||
Last Modified: | 17 May 2017 13:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6578 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |