Kusnia, Kusnia (2015) Pengembangan media multimedia interaktif berbasis Adobe Flash pada subtema lingkungan tempat tinggalku untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Ardimulyo 1 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran tematik merupakan satu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai, atau sikap pembelajaran, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema.
Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan media multimedia Interaktif tematik berupa CD pembelajaran berbasis adobe flash yang merupakan aplikasi untuk membuat animasi, hiburan dan berbagai komponen web, diintegrasikan dengan vidio dalam halaman web sehingga dapat menjadi aplikasi multimedia yang kaya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran dan meningkatkan berpikir kritis siwa yang didukung dengan hasil belajar siswa pada subtema lingkungan tempat tinggalku. Penelitian Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Penelitian dilaksanakan di kelas IVB SDN Ardimulyo 1 Singosari Malang. Hasil analisis penilaian dari validator diperoleh media multimedia interaktif berbasis adobe flash tergolong positif atau baik, serta memenuhi kriteria keefektifan yaitu hasil berpikir kritis dan hasil belajar meningkat dari sebelum dan sesudah menggunakan media tematik. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test didapat thitung > ttabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulanya terdapat perbedaan signifikan pada hasil berpikir kritis yang didukung hasil belajar tematik siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media multimedia interaktif berbasis adobe flash di SDN Ardimulyo 1 Singosari Malang. Hasil belajar menunjukkan nilai awal sebesar 66,7% menjadi 89,9% dengan perbedaan 23,2%. Media ini mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru tematik sebesar 90%, dari uji coba lapangan media ajar mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 90%, sedangkan dari ahli desain media ajar interaktif mendapat nilai 88%.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media multimedia interaktif berbasis adobe flash pada subtema lingkungan tempat tempat tinggalku kelas IV layak, praktis, menarik, dan efektif serta dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.
ENGLISH:
Thematic learning is an attempt to integrate knowledge, skills, value, or the attitude of learning, and creative thinking by using themes.
To realize that learning is required media interactive multimedia such as CD based learning adobe flash which is an application for creating animated, entertaiment and various web component, integrated with vidio web pages so that it can be a rich multimedia application. The purpose of this research was to determine the development of instructional media and improve student’ critical thinking are supported by student learning outcomes in my neighborhood subtema. This researh uses Research and Development (R & D) method, Dick and Carey’s model. The research was conducted in fourth grade B in state elementary school Ardimulyo 1 Singosari Malang. The result obtained validator assessment analysis of media based interactive multimedia adobe flash classified as positive or either, and meet the criteria of effectiveness that is the result of critical thinking and learning outcomes increased from before and after the use of thematic media. From manual calculations using the t-test obtained thitung > ttabel, meaning Ho is refused and Ha is accepted, the conclution there is a significant in the result that supported student’ critical thinking fourth grade in thematic learning outcomes before and after the use of media based interactive multimedia adobe flash at state elementary school Ardimulyo 1 singosari Malang. The result of stufy showed an initial value of 66,7% to 89,9% with a 23,2% difference. The media gets a good qualification assessment, because based on the validation results obtained from teacher thematic value gets 90%, from field trials of teaching media got a decent qualifying subject validation of all field trials. From content expert gets 90%, while the value of interactive instructional media design expert scored 88%.
Based it can be concluded that the development of media based interactive multimedia adobe flash on my neighborhood subtema fourth grade is be decent, practical, attractive and effective and can improve student’ critical thinking.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Tematik; Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Adobe Flash; Thematic Learning; Critical Thinking; Achievement; Adobe Flash | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2017 13:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2017 13:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6558 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |