استخدام استرتجية (التعليم النشيط والابتكار والابتداع والفعالي والممتع) في تنمية مهارة القراءة: بحث تجريبي في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكمية الأولي بسمارانج

Nurhan, Muhammad (2011) استخدام استرتجية (التعليم النشيط والابتكار والابتداع والفعالي والممتع) في تنمية مهارة القراءة: بحث تجريبي في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكمية الأولي بسمارانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dunia pendidika telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, begitu pula metode pembelajaran dan strategi pembelajaran seiring dengan perkembangan tehnologi pendidikan saat ini. Akan tetapi problematika yang timbul khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab di sebagian besar madrasah kita sampai saat ini seperti tidak ada jalan untuk menyelesaiannya. Diantara permasalahan besar yang dihadapi sampai saat ini adalah minimnya pencapaiaan tujuan pembelajaran Bahasa Arab seperti yang diharapkan. Hal ini banyak faktor yang mempengarui terhadap kemunduran mutu pembelajaran Bahasa Arab di madrasah-madrasah tersebut, diantaranya metode dan setrategi pembelajaran yang digunakan tidak sesui dengan kebutuhan anak saat ini dan tidak dapat mrnarik minat siswa kita untuk lebih giat belajar, hingga banyak siswa yang merasa jemu dan bosan saat mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Guru yang sukses pada hakekatnya adalah kesuksesan guru dalam memilih metode dan strategi pembelajaran yang dapat mengantarkan materi pelajaran pada siswa dengan cara yang termudah. Maka kadang guru telah menguasai banyak materi, akan tetapi tidak pandai dalam memilih metode dan strategi pembelajaran yang cocok, maka keberhasilan tidak dapat menyertai dalam pekerjaannya. Dan penguasaan materi yang banyak tidak ada manfaatnya. Ada sebuah ungkapan yang menyatakan “Memilih metode dan strategi pembelajaran yang sesui jauh lebih penting dari materi pelajaran itu sendiri “

Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka penulis memilih judul penelitiannya “Penggunaan Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dalam meningkatkan ketrampilan membaca . Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri I semarang, dikarenakan penulis menganggap bahwa jika strategi pembelajaran ini diterapkan oleh guru secara benar, maka dapat meningkatkan ketrampilan membaca para siswanya dan dapat membantu menyelesaikan permasalahan – permasalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran Bahasa Arab saat ini.

Rumusan permasalah dari penelitian ini adalah: Rendahnya kemapuan siswa dalam memahami teks bacaan, memahami ide pokok dan ide penunjang dari teks bacaan tersebut, yang disebabkan, tidak diterapkannya metode dan strategi pembelajaran yang sesu ai untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap ide pokok dan ide penunjang dari suatu teks bacaan tersebut. Rumusan permasalahan ini membutuhkan pertanyaan sebagai berikut : (1) Bagaimana strategi pembelajaran PAIKEM ini diterapkan untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam membaca di MAN I Semarang ? (2) Sejauhmana efektifitas penggunaan strategi pembelajaran PAIKEM ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap ide pokok dari suatu teks bacaan ? (3) Sejauhmana efektifitas penggunaan strategi pembelajaran PAIKEM ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap ide penunjang dari suatu teks bacaan di MAN I Semarang?

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen ( Experiment Researceh) dengan desain eksperimen menggunakan dua kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen dan kedua kelompok kontrol. Adapun langkah-langkah eksperimen ini meliputi : (1) Peneliti melakukan pre-test pada kedua kelompok tersebut, (2) Menyusun rencana program pembelajaran (RPP), (3)Melaksanakan RPP, (4) melakukan pengamatan selama proses, (5) Melaksanakan post -test pada kedua kelompok. Adapun sasaran (populasi) dari penelitian ini adalah guru dan siswa MAN I Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Dan diantara instrumen pengumpulan data pada penelitian kali ini menggunakan: (1) Observasi secara terprogram, (2) wawancara, (3) Quesioner, (4) test.

Adapun hasil dari penelitian ini dapat saya simpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan strategi PAIKEM dalam upaya meningkatkan ketrampilan membaca siswa MAN I Semarang terbukti efektif, (2) Penggunaan strategi PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ide pokok dari teks bacaan, (3) Penggunaan strategi PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ide penunjang dari teks bacaan.

ABSTRACT

Education culturehas a rapidly development, with also in education methode and education strategy along with education technology development. But a problemrised espessially in learning of Arabic language withmost part of Islamic boarding school like there is no resolver. The preblomatically is including the lower value of arabic learning direction not at most like it’s expected. There is a factors that work on this condition of quality regression in arabic learning progress.Appertainly in methode and strategy it is not suitable for student and it is not interisting for them to learn this more and more and so this condition make them boring to follow the session.

In fact, the teacher’s achievement is the achievement ofpicking a methode and strategy that with it can delivered the material leason in easiest way. Sometimes there’s a theacher with overcoming a lot of lesson’s matery but can not find any methode than the achievement can not accompany the profession. If that so, the overcoming matery is not usefull. There’e an idiom that choosing a right methode is more important than the matery it self.

Based on this problem, the author choose a title for the research: The Application of Paikem strategy (Active Learning, Inovative, Creative, Efective, Cheerfully) to improving student reading skill. Experimental research at Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang.) the author has an assumption that applicating this methode in a right way will appreciate well in student reading skill and solve the problems that the teacher found.

The problem formulation of this research are: Student low ability for understanding literature, understanding the main ideas and secondary ideas caused from unapplied the right methode n strategy for improving the student in understanding the main ideas and secondary ideas of literature.

The problem formulation had an explanation of: 1. How applied this Pakem strategy for improving the student reading ability at MAN 1 Semarang. 2. How far this methode will reach an effectiveness to improve the student abilty of understanding the main ideas of literature. 3. How far this methode will reach an effectiveness to improve the student abilty of understanding the secondary ideas of literature.

This research use an experimental methode that has two group, the first group is an experimental group and the second group is a control group. Experimental action in this research including: 1. The researchator had a pre-test for both group. 2. Arranging a learning plan program (RPP). 3. Implementation of a learning plan program (RPP). 4. Observation during a process. 5. Had a post-test for both group.

The target population in this research is a teachers and a students of MAN 1 Semarang on periode 2010-2011. The instrument for collecting datas including: 1. Programmed observation. 2. Interview. 3. Questionnaire. 4. Test

The result of this research can be concleded in: 1. The application of Paikem strategy in order to improving the student reading ability at MAN 1 Semarang is effective. 2. Using of Paikem strategy will improve the student reading ability to understanding the main ideas of literature. 3. Using of Paikem strategy will improve the student reading ability to understanding the secondary ideas of literature.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis and Mohamed Bakheet Ahmad, Bakry
Keywords: استرتجية; تنمية مهارة القراءة ;Setrategi PAIKEM; Meningkatkan ketrampilan membaca; : Paikem Strategy: Reading skill improvitation
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 27 Apr 2017 06:06
Last Modified: 27 Apr 2017 06:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item