إدارة عملية تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة القراءة بدراسة الثنوية الإسلامية الحكمية الأولى بسمارنج: دراسة وصفية تقويمية

Imam Mursid, Muhammad (2011) إدارة عملية تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة القراءة بدراسة الثنوية الإسلامية الحكمية الأولى بسمارنج: دراسة وصفية تقويمية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09720020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK

Manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasi dalam suatu cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan pengawasan sumber daya organisasi.

Sedangkan Pembelajaran berbeda dengan proses belajar mengajar, pembelajaran adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang menempatkan guru sebagai fasilitator dan manajer dari berbagai sumber dan fasilitas untuk dipelajari siswa dan murid sebagai subjek didik, terdapat beberapa karakteristik penting dari istilah pembelajaran diantaranya adalah: Pembelajaran berarti Membelajarkan Siswa, Proses Pembelajaran Berlangsung di Mana Saja dan Pembelajaran Berorientasi pada Pencapaian Tujuan.

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Aktivitas membaca pada hakikatnya bukan sekadar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks dengan baik, tetapi merupakan aktivitas yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek kecakapan berbahasa lainnya dari seorang pembaca untuk dapat memahami teks dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut, dalam proses pembelajaran membaca para siswa perlu dibekali dengan strategi atau teknik membaca yang tepat yang dapat memudahkan mereka dalam memahami teks.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi dalam adminitrasi pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan siswa membaca teks bahasa Arab pada aspek pemahaman yang meliputi; pemahaman informasi dalam teks (isi teks) dan pemahaman ide/pokok kalimat dalam paragraf. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 3 langkah; (1) Penyusunan rencana pengajaran, (2) implementasi administrasi pembelajaran, (4) Penilaian. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari; 1) Observasi, 2) Angket, 3) dan interview.

Populasi dari penelitian ini adalah para siswa di MAN I Semarang Jawa Tengah. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan 2 yang berjumlah 180 siswa pada tahun pelajaran 2010-2011.

Berdasarkan pengamatan dari penulis bahwa penelitian dari ranah persiapan para guru dalam mengimplementasikan manajemen pembelajaran bahasa Arab dalam mahãrah qirã’ah sebelum pembelajaran dimulai mengahasilkan bebarapa kekurangan, diantaranya adalah: dari penunilasan program tahunan belum ditulis qo’idah dari materi pembelajaran, kekerangan dari program semester diantara kekuranganya adalah: (1) tidak adanya judul mata pelajaran, (2) tidak adanya qo’idah dari tiap-tiap mahãrah, (3) tidak adanya empat keterampilan berbahasa yang harus dipampangkan, (4) tidak adanya penulisan huruf hijaiyah yang akan diucapkan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Kemudian penulis menemukan beberapa kekurangan dalam penulisan sylabus diantaranya adalah tidak ditulisnya empat keterampilan berbahasa dalam standar kompetensi secara urut dari keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis.

Adapun menurut pengamatan penulis, para guru dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran di kelas kadang-kadang menggunakan bahasa Arab dan sering menggunakan bahasa Indonesia

Sedangkan menurut pengamatan penulis dalam proses evaluasi juga ada beberapa kekurangan diantaranya adalah: jarang guru mengadakan evaluasi setelah proses pembelajaran berakhir dan evaluasi hanya diadakan satu kali dalam satu semester, serta banyak kekurangan dalam penulisan soal tes menurut qa’idah penulisan soal.

Berdasarkan dari hasil penelitian ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media yang dipakai peneliti dalam ranah pembelajaran maharah qiro’ah (keterampilan membaca bahasa Arab) atau keterampilan yang lain seperti maharah istima' (mendengar), maharah kalam (berbicara) dan maharah kitabah (menulis), atau dengan menggunakan media yang lain.

ABSTRACT

Managemen is the proses of planning, organizing, leading, and controling, the work of organization members and of using all available organizational resources to reach slates organizational goals. In other word that management is attainment of organizational goals on an effective an efficient manner through planning, orgnizing, leading, and controlling organizational resourch.

Instruction is a set of event that effect learnersin such a way that learning is facilitated, instruction my include events that are generated by a page of print, by a picture, by televition program or by combination of physical objects, among ather thing. Of course, a teacher may play an essential role in tehe arrangement of any of these event.

Reading skill is one of language skill that needs to be improved and developed. Actually, reading activity is not merely pronouncing sound symbols in the text; it is also a complex skill that engages various aspects of skill that reader has to comprehend the text as well. To reach that purpose, the reading teaching process also necessitates students to be supported by suitable reading strategy and technique that make them easy to comprehend the text.

The research aimed at knowing the effectiveness of Explanation Program, acting, and evaluating in improving and developing students’ reading skill that comprises comprehension of text information (content) as well as comprehension of main ideas in each paragraph. Based on that purpose, it is expected that the result of this research becomes an alternative model potentially exercised for teaching Arabic reading skill.

This research is analytic description. The research consists of four steps: 1) planning, 2) acting, 2) observation, and 4) evaluation. Instrument for data collecting consist of : 1) observation, 2) questionnaire, and 3)interview.

The population at this research is students of State Islamic Senior High School I of Semarang).. And the sample in this research is students at the first and second class Madrasah Aliyah negeri I Semarang [State Islamic Senior High School] Semarang).amount to 180 students.

Based on the collecting data from researcher than the teachers before going on implementation the admisitration of teaching in the reading skill. There are some weaknesses, for exmple: from the years program was not writen the grammer from the material, from semester program, there are some weaknesses like: (1) there is not title of material, (2) there is not grammer in every skills of languages, (3) there is not four language skills must be writen, (4) there is not arabic alphabet where the student must talk it in the learning proces. The reasercher find some weaknesess too in the writen of sylabus, there are: : there is not writen four langauage skills in the standart competence step by step from listening skill, speaking skill, reading skill and writing skill.

Clearly, that every steps in the writing of learning proces have to some elementery processes, than the steps of writing administration of learning is not soo duties, those are depen on the teachers when they improve in the class or out of the class.

Depen on the researcher, the teacher when they teach some time talking by Indonesian langauage more than Arabic, they did not write the material of learning before learning process. Depen on the evaluation of master school to some of Arabic teachers that they can’t manage the students in the class, so the student can be active and creative in the class or out of class. Most the teacher instruc by classic method, they speak all the time in the class.

Based on the researcher, when the teachers get on the evaluation just in the midle and the last of year not every the end of learning, beside it there are more mistakes when the teacher write the question depen on the writing queston methode.

While from the aspect of average result students obtained from both kinds of reading skill, it showed that students’ competence in comprehension of the text content (text information) was more effective than their competence in comprehension of main ideas.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Syuhadak and Mohamed Bakheet Ahmad, Bakry
Keywords: إدارة; عملية تعليم; مهارة القراءة; Manajemen; Pembelajaran; Keterampilan Membaca; Bahasa Arab; Managemen; Instruction; Reading Skill Arabic
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 27 Apr 2017 06:03
Last Modified: 27 Apr 2017 06:03
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item View Item