Amiruddin, Muhammad (2011) تطوير مادة الاستماع في اختبارات كفاية اللغة العربية للأجانب على أساس اختبارات اللغة الانكليزية للأجانب: بحث تطوري في جامعة مولانا مالك إبراهم مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (23MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Shollallahu `alihi wa sallam merupakan sosok yang paling pas untuk diteladani karena beliau adalah sosok pendengar yang tepat, audien yang setia dan kuat disamping tokoh dunia akhirat yang sangat cermat menyimak yang bertugas memperbaiki akhlak.
Namun masih sering kali terdengar keluhan dan kerepotan banyak kalangan dalam hal tes istima` TOAFL. Hal ini diantaranya disebabkan karena jarangnya bahan dan sulitnya modul penunjang istima` TOAFL Arab. Dalam ujian kelanjutan studi, tes kenaikan jabatan dan urusan- urusan akademik harus melewati jalur tunggal ini.
Karena urgennya kecakapan mendengarkan bahasa, tim pembelajaran dianjurkan mengembangkan teknologi yang sudah terjangkau untuk melakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar guna menunjang keberhasilan ta`lim bahasa pada umumnya,
Berdasarkan statemen tersebut, pembelajaran keterampilan menyimak dan tips sukses menjadi audien harus disosialisasikan dan ditanamkan lebih dini secara kontinu kepada semua peserta didik terutama diawal pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Arab.
Dari hasil pengamatan peneliti dan wawancara dengan dosen-dosen bahasa arab, menunjukkan bahwa sebagian dari mahasiswa merasa sulit dalam latihan kecakapan mendengarkan. Selain mengupayakan lingkungan bahasa dan sering menyentuh laboratorium bahasa, maka pengembangan CD dan modul pembelajaran Istima sangat penting untuk diproduksi dan dimasyarakatkan terutama di basis konsentrasi kampus yang bilingual university ini.
Selanjutnya berdasarkan pada fakta permasalahan diatas, rumusan penelitian ini adalah bagaimana kongkritnya perancangan isi, tujuan, metode dan media dalam materi menyimak yang berbasis TOEFL dapat terwujud.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Khusus Pembinaan Bahasa Arab Universitas Islam Neger i Maliki Malang. Penelitian ini berlangsung selama hampir 2 bulan.
Berdasarkan hasil angket langsung tertutup ditemukan minimnya kesadaran serta minat banyak mahasiswa untuk terampil dalam mendengarkan, begitu juga halnya dengan ketersediaan media pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan materi istima` TOAFL berbasis TOEFL di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun ajaran 2010-2011 dapat meningkatkan skor istima` TOAFL mahasiswanya. Hal ini terbukti dengan hasil ujian Pre-test dan Post-Test yang menunjukkan signifikan mencapai level 5,334 .
Selama dalam penelitian ini, peneliti sangat merasakan pentingnya sosok dosen perguruan tinggi mengikuti perkembangan software mutahir guna menunjang Proses Belajar Mengajar bila dibandingkan dengan mahasiswa yang lebih pintar menggunakan komputer. Mempopulerkan media pembelajaran bahasa Al Qur an ini sangatlah perlu yaitu dengan memperbanyak dan meningkatkan produksi-produk seperti modul, cd atau buku yang memberikan pembelajaran mandiri sehingga membantu sosialisasi bahasa Kalamullah yang kita muliakan.
ABSTRACT
Muhammad Shollallahu `alaihi wa sallam is the most suitable figure to be an example of Muslim because he is the best listener, a loyal and strong audience; besides, he is also a figure of life and death that carefully listen and who has a task to improve good deed (akhlak).
However, it is still often heard many complaints and hassles in listening test of TOAFL. It is caused the rarity and the difficulty of supporting modules of TOAFL. In the test of pursuing the next study, the test of reaching higher position, academic matters must pass this single procedure.
As the ability of listening language is urgent, the lesson team is encouraged to develop available technology to conduct research and developing of lesson materials to support the successfulness of teaching of the language in general.
In the line with the above statement, the learning of listening skill and success tips to be listener
should be socialized and taught in early stage continuously to all students especially in the first stage of language learning, specifically Arabian language.
From the result of the researcher’s observation and interview of the lecturers show that a number of the students are difficult to do listening skill exercises. Therefore not only providing language learning environment and involving laboratory are important but also the developing of CD and listening learning module are crucial to produce and socialize, mainly in the campus which has bilingual university base of concentration.
Furthermore, according to the fact above, the formulation of this research is intended to see how concrete the design of the content, purpose, method, and media in listening material that is based on TOEFL can be realized.
The applied method in this research is the developing research. This research is conducted in the special program of Arabic language education of Islamic State University Maliki Malang. It has been done for a month.
Based on the result of close direct questionnaire, there was the lack of awareness, motivation of students to be able to listen and the availability of learning media in many places. The research shows that the developing of listening material of TOAFL based on TOEFL in UIN in academic year 2010-1011 can improve listening score of the students. This has evidently proved that the result of pre-test and post-test that show significant improvement on the level 5,334.
During conducting this research, the researcher feels the importance of university lecturer to follow the development of current software to support teaching and learning process compare to the students who master in using computer. In order to apply this Al-Quran language media, it is believed that the products like module, CD, books that give independent learning so that these things can help socialize of Kalamullah language that can we adore.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | أساس اختبارات اللغة الانكليزية للأجانب; مادة الاستماع; Proficiency Listening; Istima `TOAFL Arabic; Developing Listening Skills; Kemahiran Mendengarkan; Istima` TOAFL Bahasa Arab; Pengembangan Keterampilan Menyimak | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2017 13:04 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 10:55 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6538 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |