Implementasi algoritma Floyd Warshall untuk pencarian jalur terpendek Non Player Character (NPC) pada game 3d pembelajaran kosa kata Bahasa Arab

Az-Zahra, Rifqi Rahmatika (2017) Implementasi algoritma Floyd Warshall untuk pencarian jalur terpendek Non Player Character (NPC) pada game 3d pembelajaran kosa kata Bahasa Arab. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12650112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan sangatlah penting untuk kehidupan manusia, Seperti halnya aktifitas mendidik merupakan tugas yang sangat mulia penyambung risalah para Nabi dan Rasul.Berbagai peristiwa serta kejadian –kejadian alam terjadi tertulis di dalam Al qur’an. Banyak hal yang harus kita pelajari di dalam Al qur’an. Al qur’an menggunakan bahasa arab, Oleh karena itu kita harus mempelajari bahasa arab supaya memahami isi yang terkandung di dalam Al qur’an.

Game edukasi merupakan sebuah permainan dibuat dan dirancang khusus untuk dijadikan sebuah media yang digunakan untuk mengajar orang melalui materi yang berisikan suara,text,gambar,video,dan animasi.,yang memiliki tujuan untuk dapat memperluas konsep, memberikan pemahaman yang lebih baik dari materi. Mereka dapat bermain sambil belajar dengan mudah Pembelajaran Kosakata bahasa arab adalah game edukasi berbasis desktop dengan menggunakan floyd warshall algoritm sebagai pathfinding pada npc dan menggunakan engine unity 3d. Player bertugas, menyelesaikan misi yaitu syarat pengenalan kosa kata bahasa arab.NPC mengimplementasikan sitem kecerdasan buatan yang akan mencari keberadaan pemain.

Pada penelitian ini, memanfaatkan metode Floyd warshall sebagai pencarian rute terdekat. Dalam penelitian ini dilakukan proses uji coba yang berdasarkan pada jarak tiap node dihasilkan 93,75% sukses dari ketepatan dan kecepatan dalam menentukan jarak terpendek.

ENGLISH:

Education is essential for human life, as well as educating activity is very noble task of connecting the message of the Prophets and Messengers. Various events and events - natural events occur are written in the Al Quran. Many things we have learned in the Al Quran. Al Qur'an uses the Arabic language; therefore we have to study the Arabic language in order to understand the content that contained in the Al Quran.

Educational game is a game created and designed specifically to be used as a medium that used to teach people through the material which contains voice, text, image, video, and animation, which the goal is to expand the concept, provide a better understanding of the material. They can play and learn with ease. Vocabulary Learning Arabic is a desktop-based educational game using Warshall floyd Encryption as pathfinding on npc and use unity 3d engine. Player duty, completing the mission that the terms introduction of Arabic vocabulary. NPC implement artificial intelligence system that will look for the presence of players.

In this study, utilizing the method of search as warshall Floyd routes nearby. In the study conducted a trial process which is based on the distance of each node resulting 93.75% success of accuracy and speed in determining the shortest distance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Faisal, Muhammad and Nugroho, Fresy
Keywords: Pencarian Rute; Game Edukasi; Floyd Warshall; Search Routes; Educational Games; Floyd Warshall
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 26 Apr 2017 09:11
Last Modified: 26 Apr 2017 09:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6527

Actions (login required)

View Item View Item