Aplikasi pengambilan keputusan dengan metode Tsukamoto pada penentuan tingkat kepuasan pelanggan: Studi kasus di Toko Kencana Kediri

Agustin, Venny Riana (2015) Aplikasi pengambilan keputusan dengan metode Tsukamoto pada penentuan tingkat kepuasan pelanggan: Studi kasus di Toko Kencana Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11610024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Metode Tsukamoto merupakan salah satu metode fuzzy inference system pada logika kabur untuk pengambilan keputusan. Tahapan pengambilan keputusan pada metode ini yaitu pengaburan (proses mengubah masukan tegas menjadi masukan kabur), pembentukan aturan kabur, analisis logika kabur, penegasan (defuzzyfikasi), serta penarikan kesimpulan dan interpretasi hasil.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah aplikasi metode Tsukamoto pada tingkat kepuasan pelanggan toko dengan menggunakan 3 variabel masukan yaitu kualitas pelayanan, kualitas barang, harga dan 1 variabel keluaran yaitu kepuasan pelanggan.

Hasil yang diperoleh, metode Tsukamoto bekerja melalui tahapan pengaburan (proses mengubah masukan tegas menjadi masukan kabur), pembentukan aturan kabur dengan rumus umum JIKA a adalah A MAKA b adalah B, analisis logika kabur untuk mendapatkan nilai α tiap aturan, penegasan (defuzzyfikasi) dengan rata-rata terbobot, serta penarikan kesimpulan dan interpretasi hasil. Pada contoh kasus pelanggan dengan nilai 16 kualitas pelayanan, nilai 17 kualitas barang, dan nilai 16 pada harga, diperoleh hasil dengan nilai kepuasan 45,29063 dan tingkat kepuasannya adalah rendah.

Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan lebih dari 4 variabel dan menggunakan program dalam proses perhitungannya.;

EMGLISH:

Tsukamoto method is one method of fuzzy inference system on fuzzy logic for decision making. Steps of the decision making in this method, namely fuzzyfication (process changing the input into fuzzy), the establishment of fuzzy rules, fuzzy logic analysis, defuzzyfication (affirmation), as well as the conclusion and interpretation of the results.

The purpose of this research is to determine the application of the steps of Tsukamoto method on the level of customer satisfaction with three input variables that is the quality of services, the quality of goods, prices, and one variable output that is customer satisfaction.

The results from this research are steps of the decision making in Tsukamoto method, namely fuzzyfication (process changing input into fuzzy), the establishment of fuzzy rules by the general form IF a is A THEN b is B, fuzzy logic analysis to get α in every rule, defuzzyfication (affirmation) by weighted average method, as well as the withdrawal of the conclusion and interpretation of the results. On customers at the case, in value of 16 the quality of services, the value of 17 the quality of goods, and value of 16 a price, a value of the results is 45,29063 and the level is low satisfaction.

For the next research the writer suggests to use more than four variables and using program in the process of the calculations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Irawan, Wahyu Hengky and Nashichuddin, Achmad
Keywords: Logika Kabur; Metode Tsukamoto; Kepuasan Pelanggan Fuzzy Logic; Tsukamoto Method; Customer Satisfaction
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Matematika
Depositing User: Ahmad Zaini
Date Deposited: 16 May 2017 07:35
Last Modified: 16 May 2017 07:35
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6514

Actions (login required)

View Item View Item