Khoiriyah, Nadiyatul (2020) Penggunaan metode ummi dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an bagi anak berkebutuhan khusus di SD Anak Saleh Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13110044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Al-Qur’an merupakan kalamullah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai risalah yang universal dan merupakan sebuah petunjuk bagi semua manusia yang mau berpikir. Allah menjadikan amalan membaca Al-Qur’an termasuk sebagai salah satu ibadah yang bernilai pahala. Maka umat Islam diharuskan dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah dan aturan yang benar.
Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an diperlukan sebuah metode. Metode Ummi merupakan metode yang mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan tartil. Metode Ummi adalah suatu metode yang dikembangkan oleh Ummi Foundation (UF) Surabaya dan sudah menyebar di berbagai daerah. Sesuai dengan motto, metode Ummi mengusung pembelajaran Al-Qur’an yang mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Dalam pembelajarannya metode Ummi mengambil konsep pendekatan bahasa ibu dengan memuat 3 unsur yaitu: Direct Methode (Metode Langsung), Repetition (Pengulangan) dan kasih sayang tulus.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi pada anak berkebutuhan khusus di SD Anak Saleh Malang, (2) mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi pada anak berkebutuhan khusus di SD Anak saleh Malang, (3) mendeskripsikan dan menganalisis hasil pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi pada anak berkebutuhan khusus di SD Anak Saleh Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data yakni melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi bagi anak berkebuthhan khusus ada empat, pertama menjalin kerjasama lembaga antara SD Anak Saleh Malang dengan Ummi Foundation cabang Malang, yang kedua penanaman pemahaman target-target pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap guru Ummi, ketiga placement test dan yang keempat membuat jadwal. Proses pembelajaran Al-Qur’an untuk anak berkebutuhan khusus dilaksanakan melalui 7 tahapan mengajar Al-Qur’an dan dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kemampuan peserta didik. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan membaca Al-Qur’an anak berkebutuhan khusus selama pembelajaran menggunakan metode Ummi mengalami peningkatan yang baik.
ENGLISH:
Al-Qur’an is a kalamullah revealed to Prophet Muhammad SAW. as universal treatise and a guide for all people who want to think. Allah made reading Al-Qur’an included as one of the worship that is worth the divine rewards. Therefore, Muslims are required to be able to read the Al-Qur'an according to the correct rules and regulations.
There is one method needed in the learning process of the Al-Qur’an. Ummi method is a method that was developed by Ummi Foundation (UF) Surabaya and spread in various regions. By following the motto, the Ummi method carries the learning of Al-Qur'an which is easy, fun, and touching. In the learning process, the Ummi method adopted the concept of a mother tongue approach by containing 3 elements, namely: Direct Method, Repetition and sincere affection.
This research aims to: (1) describe and analyze the learning plan of reading Al-Qur’an using Ummi Method for the child with special needs in SD Anak Saleh Malang, (2) describe and analyze the learning process of reading Al-Qur’an using Ummi Method for the child with special needs in SD Anak Saleh Malang, (3) describe and analyze the learning result of reading Al-Qur’an using Ummi Method for the child with special needs in SD Anak Saleh Malang.
To achieve the above objectives, a qualitative descriptive research approach is used. Data collection techniques used are the data triangulation that is through interviews, observation, and documentation.
The results of the research showed that there are four learning plans of Al-Qur’an using Ummi methods for children with special needs, the first is establish institutional cooperation between SD Anak Salih Malang and Malang branch Foundation, the second is establishing an understanding of learning targets and Lesson Plan for Ummi teachers, the third is a placement test, and the fourth is make the schedule. The learning process of Al-Qur’an for the child with special needs done by 7 steps of teaching Al-Qur’an and is done flexibly according to the ability of students. The result obtained is the child with special needs’ reading Al-Qur’an ability during the learning using Ummi method has a good increase.
ARABIC:
القرآن هو كلام الله المنزل يوحى إلى نبيه المرسل المصطفى محمد ﷺ رسالة ورحمة للعالمين وهدى للناس المفكرين. ويجزي من قرأه عبادة له، فعلى المسلمين وجوب التعلم لقدرة قراءته قراءة صحيحة مجودة.
فيحتاج المنهج أو الطريقة أثناء تعليم قراءة القرآن كي يحصل على الهدف السابق. وكان طريقة "أمي" من طرق تعليم قراءة القرآن بالترتيل. تنشئ مؤسسة "أمي" (Ummi Foundation) بسورابايا جوى الشرقية هذه الطريقة وتنشرها إلى مدارس القرآن في بعض المدن والقرى. اعتمادا على شعارها، تجيء طريقة "أمي" بأساس سهولة وفرحة ولطفة. ولديها ثلاثة عناصر تعليمية على يؤخذ من مفهوم لغة الأم ، هي طريقة مباشرة (direct method) وتكرارية (repetition) وحب خالص.
فيهدف هذا البحث: 1) أن يصف ويحلل الخطة التعليمية لقراءة القرآن بطريقة "أمي" لدى أطفال معاقين بمدرسة SD Anak Saleh Malang الابتدائة، 2) أن يصف ويحلل عملية التعليمية لقراءة القرآن بطريقة "أمي" لدى أطفال معاقين بمدرسة SD Anak Saleh Malang الابتدائة، 3) أن يصف ويحلل النتائج التعليمية لقراءة القرآن بطريقة "أمي" لدى أطفال معاقين بمدرسة SD Anak Saleh Malang الابتدائة.
تحتاج الباحثة لحصول الأهداف المذكورة إلى نوع بحث وصفي كيفي . أما طريقة جمع البيانات هي تثليث البيانات يجري على سبيل التساؤل والملاحظة الميدانية والتوثيق.
تشير نتائج هذا البحث إلى أن الخطة التعليمية لقراءة القرآن بطريقة "أمي" لدى أطفال معاقين بمدرسة SD Anak Saleh Malang الابتدائة تندرج إلى أربعة طرق، الأولى إقامة التعاون بين مؤسستي Ummi Foundation و SD Anak Saleh Malang، الثانية بيان الأهداف التعليمية وخطط تنفيذ التعليم (RPP) لمعلمي "أمي"، الثالثة الاختابر لتحديد المستوى، والرابعة كتابة الجدول التعليمي. وتنفذ عملية تعليم قراءة القرآن في تلك المدرسة على سبعة مراحل حسب قدرة الطلاب. وترتقي مهارة الطلاب المعاقين لقراءة القرآن بطريقة "أمي" ارتقاء مرتفعا.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah |
Keywords: | Al-Qur’an; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Metode Ummi; Reading Al-Qur’an Ability; Ummi Method |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadiyatul Khoiriyah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 13:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 13:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/64896 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |