Responsive Banner

Pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di MTs Hamid Rusdi Bumiayu Kedung Kandang Malang

Hanifah, Hanifah (2001) Pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di MTs Hamid Rusdi Bumiayu Kedung Kandang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
97110535.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pada zaman modern ini individu-individu akan menghadapi banyak permasalah dan sifatnya kompleks. Demikiann juga dengan siswa yang ada di sekolah sebagai individu yang tidak akan lepas dari masalah baik yang menvangkut kesulitan belajar, studi lanjutan, penggunaan waktu senggang, masalah pribadi dan masalah bergaul dengan temannya.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang bertanggung jawab untuk menyiapkan anak didiknya agar berhasil menjalankan proses belajar mengaiar dan mamnu memecahkan masalah-masalah vano dihadapinva. Oleh karena itu bimbingan dan penyuluhan perlu diberikan kepada seluruh siswa dan alangkah lebih baiknya jika bimbingan itu diberikan sebelum individu atau siswa terlanjur mengalami kesulitan dan problem. Hendaknya di setiap sekolah diusahakan adanya tenaga khusus yang memberikan bantuan, pelayanan dan bimbingan terhadap siswa-siswi untuk menumbuhkan motivasi bakat dan nilai- nilai terhadap anak didik agar tujuan pendidikan di sekolah pada umumnya, dan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan pada khususnya dapat tercapai dengan baik

Sehubungan dengan hal di atas penulis membahas tentang : Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di MTs Hamid Rusdi, Jenis-jenis masalah yang dialami siswa MTs Hamid Rusdi. Jenis-jenis bimbingan yang diberikan oleh Guru konselor di MTs Hamid Rusdi.

Sebagai populasi dalam penelitian skripsi ini adalah seluruh siswa siswi MTs Hamid Rusdi Bumiayu Kedung Kandang Malang dan petugas Bimbingan dan Penyuluhan, sedangkun yang menjadi sampel adalah siswa siswi kelas 2. Dan yang menjadi responden adalah petugas Bimbingan dan Penyuluhan dan 80 siswa.

Data-data tersebut diperoleh menggunakan metode pengumpulan data : (1) Observasi (2) Interview (3) Angket dan (4) Dokumentasi dan selanjutnya dianalisa dengan menggunakan metode analisa deskriptif dan prosentase dengan menggunakan rumus.

Hasil penelitian secara empirik menunjukkan pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di MTs Hamid Rusdi Bumiayu Kedung kandang Malang berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi siswa. Siswa Madrasah Tsanawiyah Hamid Rusdi juga banyak menghadapi masalah, baik dalam masalah belajar, pendidikan, menggunakan waktu senggang, masalah pribadi, masalah sosial. Sedangkan mengenai berbagai bimbingan yang diberikan oleh guru konselor yaitu bimbingan belajar dengan memberikan cara belajar yang efisien dan efektif, bimbingan pendidikan dengan membantu siswa dalam memilih sekolah lanjutan, bimbingan penggunaan waktu senggang dengan memberikan bantuan kepada siswa dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif, bimbingan masalah pribadi dengan memberikan nasehat kepada siswa yang bermasalah, bimbingan sosial dengan memberikan bantuan bagaimana cara bergaul yang baik dengan teman.

Walaupun pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di MTs Hamid Rusdi sudah berjalan dengan baik, namun perlu adanya peningkatan pelayanan Bimbingan pada siswa sehingga pelayanan dapat menyentuh pada seluruh lapisan siswa, dalam artian yang mendapat pelayanan Bimbingan tidak hanya siswa yang bermasalah saja akan tetapi siswa yang tidak bermasalah juga merasakan manfaat adanya bimbingan dan penyuluhan di sekolah.

Petugas Bimbingan dan penyuluhan hendaknya memperjelas kembali keberadaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah agar Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah tidak berkesan sebagai tempat siswa yang bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi
Keywords: bimbingan dan penyuluhan
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 02 Apr 2024 09:17
Last Modified: 02 Apr 2024 09:17
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62713

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item