Lailiyah, Isririn (2002) Pelaksanaan CBSA sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam: Studi kasus di MIN Tanjung Tani Prambon Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110211.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan pada dasarnya merupakan proses memanusiakan manusia karena pendidikan merupakan satu-satunya proyek manusia sebagai upaya regenerasi. Oleh karena itu tujuan inti pendidikan adalah mencetak manusia yang mempunyai kemampuan dan mempunyai peran pada masa yang akan datang. Sedangkan tujuan pendidikan Islam adalah menjadikan manusia yang sempurna dan utama sesuai dengan ajaran agama Islam.kemudian ketika dunia pendidikan banyak disoroti karena kurang mendorong daya pikir anak didik, maka segala upaya para pakar pendidikan berusaha untuk menjawab masalah tersebut. Maka munculah gaya belajar dengan menggunakan pendekatan sistem CBSA (Lara Belajar Siswa Aktif) hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar yang menggunakan sistem CBSA dapat menciptakan interaksi belajar mengajar yang edukatif.
Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis mngadakan penelitian tentang pendekatan proses belajar mengajar dengan sistem CBSA terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam di MIN Tanjung Tani Prambon Nganjuk.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam penulisan ini adalah tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di MIN Tanjung Tani Prambon Nganjuk, hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan CBSA terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam serta bagaimana hasil pendekatan CBSA terhadap prestasi yang diperoleh siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di MIN Tanjung Tani Prambon Nganjuk, hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi serta hasil yang dicapai dalam penggunaan sistem CBSA ini terutama tentang prestasi belajar siswa.
(ntuk mendapatkan data valid maka penulis menggunakan beberapa metode antara lain: interview, observasi, angket dan dokumenter. Setelah mendapatkan data itu maka penulis menganalisa data tersebut dengan menggunakan rumus: P=F xl٠o%
Setelah mengadakan penelitian, maka penulis memperoleh informasi data yaitu tentang telah diterapkannya sistem CBSA terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar di MIN lanjung lani Prambon Nganjuk juga terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam pada khususnya. Pelaksanaan pendekatan sistem CBSA terhadap mata palajaran pendidikan agama Islam di MIN lanjung lani Prambon Nganjuk telah diterapkan dengan baik Penerapan ini sangat sesuai dengan kurikulum 1994 guna meningkatkan keaktifan siswa dan guru. Sedangkan hambatan yang dihadapi guru dan siswa dalam pelaksanaan sistem CBSA adalah kurangnya buku, baik buku pegangan (paket) maupun buku penunjang serta sarana- sarana pendukung lainnya.
Guru pendidikan agama Islam di MIN lanjung lani Prambon Nganjuk melaksanakan berbagai upaya agar penerapan CBSA dapat diterapkan sepenuhnya dengan menggunakan metode-metode yang bervariasi, penciptaan suasana interaksi dalam proses belajar mengajar dan metode-metode yang bervariasi, dapat menumbuhkan serta mengembangkan motivasi siswa, ,,adi disini penempatan CBSA dapat sepenuhnya diterapkan dan betul-betul merupakan suatu strategi belajar mengajar pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Santoso, Racmat Iman |
Keywords: | prestasi belajar siswa; Pendidikan Agama Islam; MIN Tanjung Tani Prambon |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 09:17 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 09:17 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62712 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |