Muniroh, Fitrotul (2002) Studi tentang kerjasama orang tua siswa dan dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMU Negeri 01 Ngantang Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110198.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kerjasama Orang tua siswa dan guru sangatlah diperlirkan dai ani pelaksanaan pendidikan. Di lembaga pendidikan dalam usalia meningkatkan kualitas pendidikan atau minat belajar siswa maka kerjasama orang tua murid dan guru sangat diperlukan. Karena pendidikan tidak lianya tanggung jawab guru dan pemerintali saja, akan tetapi orang tua juga ikut berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa yang mengarah pada usaha pencapaian tujuan pendidikan yang baik. Dalam GBHN 1993 disebut baliwa pendidikan itu berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta pemerintali. Disamping itu kita mengenal dengan adanya “Tripusat Pendidikan " yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu: pendidikan keluarga, sekolah dan pemerintah.
Dalam kerjasama antara orang tua dan guru, pennasalalian dan tujuan yang dapat penulis rumuskan yaitu sejauh mana hubungan kerjasama orang tua murid dan guru di SMU Negen 01 Ngantang, bagaimana bentuk-bentuk kerjasama antara orang tua murid dan guru di SMU Negen 01 Ngantang, faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang dan mengliambat kerjasama orang tua siswa dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Dalam masai all dan tujuan diatas, kerjasama orang tua siswa dan gum dapat meliputi bidang-bidang tertentu misalnya dalam memberikan motivasi dan pembinaan belajar anak, dalam usaha pemenulian fasilitas belajar anak, dan kerjasama dalam bidang penyediaan dana atau biaya pendidikan. Setelali mengetaliui betapa pentingnya kerjasama antara guru dan orang tua siswa maka pihak sekolali yang terdin dari kepala sekolah para guru dan karyawan menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan jalan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan wali murid yang mana pertemuan itu dilaksanakan dengan cara undangan khusus.
Berangkat dari permasakihan diatas maka penulis merasa tertank untuk mengadakan penelitian secara langsung di SMU Negeri 01 Ngantang, yakni dengan tujuan untuk mendiskripsikan kerjasama orang tua siswa dan guru di SMU Negeri 01 Ngantang dalam upaya membantu anak-anak pada waktu belajar di rum all maupun di sekolali dalam mencapai tujuan semaksimal mungkin, untuk mengetaliui sejauh mana hubungan kerjasama orang tua siswa dan guru dal am meningkatkan minat belajar siswa, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang dan menghambat kerjasama orang tua siswa dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Dalam penelitian penarikan sampel penulis gunakan dua cara yaitu pertama untuk sampel orang tua siswa dilakukan dengan cara sampling research, artmya didalam penelitian ini tidak meneliti semua populasi, akan tetapi hanya meneliti sebagian saja dengan pertimbangan sudali mewakili dan keseluruhannya. Kedua untuk sampel guru dilakukan dengan cara teknik total sampling yaitu penarikan sampel ditiadakan sama sekali dengan memasukkan seluruh populasi sebagai sampel, yakni selama jumlah popolasi itu diketaliui terbatas atau apabila populasi kurang dan 100 maka pengambilan sampel bisa diampil semua.
Untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode interview, metode angket, metode observasi, dan metode dokumenter, kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dalam bentuk prosentase dengan rumus:
100'دك=م
٨٧
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kerjasama yang dilakukan oleh orang tua siswa dan guni di SMU Negeri 01 Ngantang cukup baik. Sebagai bukti adalah sebagai keikut sertaan orang tua dalam mengikuti kegiatan sekolali, sehingga segala kebutuhan yang diperlukan baik oleh sekolali maupun oleh anak didik dapat dipenuhi dan diperhatikan oleh orang tua, disamping itu adanya guni dalam menjalankan tanggung jawab sebagai tenaga pendidik yang mengarahkan dan membina anak, terlihat pada setiap guru dalam mempeiiiatikan kesulitan belajar dan juga perliatiannya terhadap siswa yang rendali motivasinya. Kerjasama orang tua dan guni di SMU Negeri 01 Ngantag diwujudkan dalam bentuk suatu organisasi badan pembantu penyelenggara pendidikan (BP3 ) dan bidang-bidang kerjasama orang tua siswa dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMU Negeri 01 Ngantang berupa kerjasama dalam penyediaan dana atau biaya pendidikan, kerjasama dalam pemberian motivasi belajar dan bimbingan belajar anak, serta kerjasama dalam penyedian sarana dan prasarana pendidikan. Dari hasil penelitian juga dapat diketaliui faktor-faktor yang penunjang dan menghambat kerjasama orang tua siswa dan guni dalain meningkatkan minat belajar siswa di SMU Negeri 01 Ngantang dan peranan orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain orang tua ،sebagai pendidik di rumali dan guru sebagai pendidik di sekolali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Santoso, Racmat Iman |
Keywords: | studi kerjasama orang tua; murid dan guru; minat belajar siswa; SMU Negeri 01 Ngantang |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 09:17 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 09:17 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62708 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |