Sya’roni, M. (2002) Peranan pengelolaan kelas dalam upaya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 1 Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110151.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan pengajaran, dalam arti tercapainya tujuan pengajaran, diantaranya tergantung pada kemampuan guru dalam mengatur kelas. Kelas yang dapat menciptakan situasi yang memungkinkan anak didik dapat belajar dengan baik dalam suasana yang wajar, tanpa tekanan dan kondisi yang merangsang anak didik untuk belajar, sehingga akan meningkatkan prestasi belajar yang dihasilkan. Maka, dalam hal ini diperlukan adanya pengelolaan kelas yang baik.
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Dalam hal ini misalnya, penghentian tingkah laku siswa yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran bagi siswa yang tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dan penetapan norma kelompok yang produktif.
Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa berupa kesan- kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dan aktivitas belajar, diantaranya hasil tersebut dapat dilihat dalam setiap penode tertentu yang terwujud dalam bentuk nilai angka dalam raport.
Dari uraian diatas, penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul “ Peranan Pengelolaan Kelas Dalam [paya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri I Kandangan Kabupaten Kediri Dalam hal ini rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas di SLTP Negeri I Kandangan 2. Bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam di SLTP Negeri 1 Kandangan 3. Bagaimana peranan pengelolaan kelas dalam upaya peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam di SLTP Negeri I Kandangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk ٠٠ I Mengetahui bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas di SLTP Negeri I Kandangan 2. Mengetahui bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam di SLTP Negeri 1 Kandangan 3. Mengetahui bagaimana peranan pengelolaan kelas dalam upaya peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam di SLTP Negeri I Kandangan.
Untuk mencapai tujuan-tujuan diatas, penulis menggunakan pendekatan teoritis dan analisis data. Pendekatan teoritis disajikan dalam bab pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan teoritis. Sedangkan untuk penyajian dan analisa data disajikan dalam bab ketiga.
Dalam pembahasan skripsi ini, metode yang penulis gunakan yaitu : metode deduktif, induktif, dan komparatif. Sedangkan metode penelitian yang penulis lakukan dalam upaya memperoleh data yang valid dalam penelitian ini meliputi : penentuan populasi dan sampel, penentuan responden dan metode pengumpulan data. Metode pengumpulan data ini terbagi menjadi beberapa metode yaitu : metode observasi, interview, dokumenter dan kuisioner / angket.
Adapun untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penulis menggunakan dua metode yaitu: untuk data yang bersifat kualitatif, penulis menggunakan metode reflektif thinking dan untuk data yang bersifat kuantitatif, penulis menggunakan metode analisis diskriptif prosentatif dengan memakai rumus:
00٠/٠ام=م
V
Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa : 1. pelaksanaan pengelolaan kelas di SLTP Negeri I Kandangan sudah dilaksanakan seoptimal mungkin. Hal ini nampak dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh guru yang selalu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas, pendekatan dalam pengelolaan kelas dan peran serta yang positif dari siswa dalam tindakan pengelolaan kelas. 2. prestasi belajar pendidikan agama islam di SLTP Negeri I Kandangan adalah dalam kategori lebih dari cukup. Hal ini nampak dari sebagian besar nilai yang dihasilkan siswa adalah nilai 7 yang dalam kategori lebih dari cukup. 3. peranan pengelolaan kelas dalam upaya peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam di SLTP Negeri I Kandangan adalah sangat penting untuk diperhatikan oleh guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Hal ini nampak dari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai keberhasilan pengelolaan kelas dan juga dari sebagaian besar siswa senang menerima upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru dengan alasan agar prestasi belajar yang dihasilkan semakin baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo |
Keywords: | peningkatan prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam; SLTPN 1 Kandangan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 13:44 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 13:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62647 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |