Farida, Siti Nur (2002) Upaya guru agama dalam memotivasi belajar siswa: Studi Kasus di SMU Avisena Kedung Cangkring Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110139.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan masalah yang penting dalam kehidupan, sebagaimana tertuang dalam UUD RI No 02 Th 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional BAB 2 Pasal 4, Oleh sebab itu baru dikatakan pendidikan bila didalamnya ada komponen diantaranya guru, karena tanpa guru proses belajar mengajar tidak akan terlakssana. Maka dalam kajian ini yang akan dibahas penulis meliputi : motivasi.guru dan tugasnya, langkah guru dalam memotivasi siswa dan bentuk motivasi yang diberikan guru tersebut.
Motivasi merupakan pendorong yang harus ada dalam pendidikan baik formal maupun informal, karena motivasi adalah suatu usaha yang dilakukan guru terhadap siswa untuk mencapai tujuan. Guru merupakan pendidik yang bertugas membimbing, mendidik, memotivasi dan mengevaluasi siswa. Jadi dalam suatu pendidikan yang utama harus ada adalah guru karena guru merupakan komponen yang pertama dan paling utama selain komponen siswa dan lainnya. Oleh karena itu motivasi yang diberikan guru terhadap siswa sangatlah membantu tercapainya tujuan pendidikan.
Oleh sebab itu dalam hal ini guru sangat berperan dalam maju mundurnya suatu pendidikan. Karena hal tersebutlah maka sebagai seorang guru terlebih guru agama harus mengetahui metode apa yang akan digunakan guru untuk mencapai tujuan, dan guru harus memotivasi siswa dengan bermacam-macam motivasi agar siswa dalam belajar juga dapat merasakan bahwa motivasi yang diberikan guru tidak hanya monoton saja. Dengan adanya kajian seperti ini diharapkan dapat menambah eratnya hubungan antara guru, siswa dan orang tua siswa untuk mencapai tujuan pendidikan seutuhnya.
Adapun metode pembahasan yang penulis gunakan dalam penulisan Karya Ilmiah kali ini adalah metode induktif dan deduktif. Sedangkan metode penelitian yang penulis pakai yaitu metode observasi, dokumentasi,angket, dan interview dan rumus yang penulis gunakan yaitu ’ ١
P=F\1OO%
Dan selanjutnya seeara opeiasional motivasi yang diberikan guru terhadap siswanya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan kajian bagi para pendidik betapa berpengaruhnya guru dalam dunia pendidikan terutama guru agama yang bertugas sebagai Da i baik dalam lembaga formal maupun informal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djazuli, Djazuli |
Keywords: | upaya guru agama; motivasi; SMU Avisena |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 13:53 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 13:53 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62632 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |