فعّالية المدرسة الداخليّة في تنميّة مهارة الكلام: بحث تجريبي في المدرسة الثنويّة الإسلامية الحكومية 2 بقدوس جاوى الوسطى

Aqibah, Khusnul (2011) فعّالية المدرسة الداخليّة في تنميّة مهارة الكلام: بحث تجريبي في المدرسة الثنويّة الإسلامية الحكومية 2 بقدوس جاوى الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kebanyakan Madrasah-Madrasah di Indonesia mengalami probem dalam pembelajaran bahasa arab terlebih dalam pembelajaran keterampilan berbicara, dan sebagian problem itu adalah tidak adanya lingkungan yang kondusif yang bisa memotifasi siswa untuk bisa mempraktekkan apa yang telah mereka peroleh di kelas, apalagi di tambah dengan banyaknya sekolah-sekolah dan beberapa pesantren yang masih fokus pada satu ketrampilan berbahasa dan meninggalkan beberapa keterampilan lainnya.

Dan tidak diragukan lagi, bahwa lingkungan yang menyenangkan akan banyak memberikan pengalaman yang berkesan bagi proses belajar siswa, dan membuka cakrawala baru . Maka pendidikan tidak hanya berlangsung di kelas saja, atau pada jam pelajaran tertentu saja, tetapi aktifitas dan praktek harian akan banyak memberikan kesan serta menciptakan kebiasaan untuk membiasakan berbicara dengan bahasa sasaran.

Untuk itu Boarding School merupakan bagian terpenting untuk menciptakan lingkungan berbahasa yang kondusif yang bisa memotifasi keterampilan para siswa dalam berbahasa, karenanya untuk merealisasikannya dalam pembelajaran bahasa asing merupakan tuntutan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Boarding School dalam pengembangan keterampilan berbicara yang di fokuskan pada kelancaran siswa dalam berbicara. Dengan harapan bisa menjadi model alternative dalam pembelajaran keterampilan berbahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest two Group dengan latar pembelajaran di dua kelas yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian yaitu, siswa MAN 2 Kudus kelas XII Program Unggulan.

Temuan terpenting dalam penelitian ini adalah; Bahwa rata-rata hasil pre-tes dari class control 71,1 dan rata-rata hasil post-tes 70,13. Ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa class control tidak mengalami peningkatan bahkan cenderung menurun, sedang hasil rata-rata pre-tes class eksperimen 74,06 dan rata-rata hasil post-tes 79,20. Ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa class eksperimen mengalami kenaikan siknifikan yaitu 5,14

Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes aspek kelancaran berbicara, penelitihan menunjukkan bahwa Boarding School sangat efektif dalam peningkatan kelancaran berbicara para siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus (MAN 2 Kudus).

ABSTRACT

Most of the Islamic Schools in Indonesia have problems of Arabic learning, especially in learning process of speaking skill. And some problems are absence from conducive environment which can motivate students to practice theories getting in the class. Moreover, there are many schools and some Islamic boarding schools still concentrating in one skill language, and leaving the others.

There is no doubt that comfortable environment will much give impressive experience in learning process, and new knowledge. So, the education not only in class or in certain lesson schedule but also in daily activities and practices will much give impression, and make habit to speak with language target.

So that, boarding school is the most important part to make conducive language environment which motivates students’ skill because realizing/to realize it in learning process of foreign language is a demand which must do.

The purpose of this research is to know the effectiveness of boarding school in improving speaking skill focused in the students' fluencies of speaking. It hopes that there become alternative models in learning process of language skill. This research used experimental approach. Design of the research in this experiment is pre-test and post-test of two groups have been done in two classes as the sample of the research that is the students of MAN 2 Kudus of the best quality programmed of twelfth class.

The best result of this research is that avarages of the result of pre-test of conttrol class is 71,1, and post-test is 70,13. This showed that the skills of the students of control class did not increases but almost low. Yet the result of pre-test of experimental class is 79,06, and post-test is 79,20. This showed that the skills of the students of experimental class to have significant increase is 5,14.

Based on t-test (statistic) in the pre-test and pos-test in an aspect of the speaking skill, the research showed that the boarding school is very effective to improve speaking skill of the students of MAN 2 Kudus.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh, Syuhadak and Allah Babiker, Gareeb
Keywords: المدرسة الداخليّة; مهارة الكلام; Pesantren; Keterampilan Berbicara; Boarding school; Speaking skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:41
Last Modified: 11 Apr 2017 02:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item