تطوير المواد التعليمية بالحاسوب لترقية مهارتي الاستماع و الكلام: بالتطبيق على مدرسة روضة العلوم الثنوية الإسلامية غوينجان ترانجكيل باطي جاوى الوسطى

Inayah, Inayah (2011) تطوير المواد التعليمية بالحاسوب لترقية مهارتي الاستماع و الكلام: بالتطبيق على مدرسة روضة العلوم الثنوية الإسلامية غوينجان ترانجكيل باطي جاوى الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (27MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Buku ajar yang diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab kurang memperhatikan pembelajaran kemahiran mendengar dan berbicara bahasa Arab. Hal ini tampak dari materi yang disajikan, dimana mayoritas materi lebih cenderung pada teks bacaan (kemahiran membaca). Selain itu, latihan yang diberikan untuk kemahiran mendengar dan berbicara bahasa Arab juga tergolong sedikit. Hal lain yang perlu ditambahkan di sini adalah tidak adanya permainan bahasa yang mampu mendukung kemahiran mendengar dan berbicara bahasa Arab untuk siswa.

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui pengembangan materi ajar berbasis komputer dalam peningkatan pemahaman siswa terhadap tuturan bahasa Arab 2. Mengetahui pengembangan materi ajar berbasis komputer dalam peningkatan identifikasi ide pokok materi yang diperdengarkan 3. Mengetahui pengembangan materi ajar berbasis komputer dalam peningkatan penarikan kesimpulan materi yang diperdengarkan siswa 4. Mengetahui pengembangan materi ajar berbasis komputer dalam peningkatan pengungkapan ide fikiran secara lisan dengan menggunakan tata bahasa yang sesuai 5. Mengetahui pengembangan materi ajar berbasis komputer dalam peningkatan pemfokusan ujaran lisan pada esensi makna 6. Mengetahui pengembangan materi ajar berbasis komputer dalam peningkatan penggunaan isyarat dan gerakan tubuh untuk menyampaikan ide fikiran 7. Mengetahui pengaruh penggunaan pengembangan materi ajar berbasis komputer dalam peningkatan kemahiran mendengar dan berbicara bahasa Arab

Berdasarkan problematika di atas, peneliti mengembangkan materi ajar berbasis computer dengan program Microsoft Power Point untuk pembelajaran kemahiran mendengar dan berbicara bahasa arab. Peneliti juga mengembangkan latihan dan permainan bahasa untuk pembelajaran kemahiran mendengar dan berbicara bahasa arab. Guna penelitian tesis ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif berbasis riset dan pengembangan.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI madrasah raudlatul ulum guyangan trangkil pati jawa tengah tahun ajaran 2010 – 2011 yang berjumlah 507 orang dengan rincian 211 siswa dan 296 siswi. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI program IPA-3 yang berjumlah 54 siswa sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XI program IPA-4 yang berjumlah 54 siswa sebagai kelas control. Peneliti mengambil sampel secara purposif acak.

Instrument yang digunakan berupa interview, observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemahiran mendengar dan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI madrasah raudlatul ulum guyangan trangkil pati jawa tengah. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic menggunakan uji T-Test Independent dengan hasil 3,782. Dan hipotesis yang diajukan diterima.

ABSTRACT

The guiding book of Arabic teaching which in used in Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati Central Java, a little part of listening and speaking Arabic skill. This problem explain that study subject matter of this book more priority to the text. And opportunity the student to explore their thinking or listen of sound from native speaker is anxious. Beside that, the practice of listening and speaking Arabic is most give way.

The purpose of this research are : 1. To know developing of study subject matter based on computer in increasing Arabic expression understanding 2. To know developing of study subject matter based on computer in increasing identification of main idea from instructional material listened 3. To know developing of study subject matter based on computer in increasing pull of conclution 4. To know developing of study subject matter based on computer in increasing express of idea with tongue 5. To know developing of study subject matter based on computer in increasing speak focus on essensial meaning 6. To know developing of study subject matter based on computer in increasing signal application and gymnastics 7. To know effective Developing of Study Subject Matter Based on Computer to improve Listening And Speaking Arabic Skill.

From those statement, the researcher tries to develop a study subject matter to develop Arabic listening and speaking skill. Beside that, the researcher develop of training in listening and speaking Arabic skill and playing to increasing listening and speaking Arabic skill. The researcher used cuantitative and developing (RnD) research method.

The population of this research were all student of Islamic high school of Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati Central Java, which number are 507 student. The researcher took 54 as a sample from second degree in scientific 3 programme as experiment class. And 54 as a sample from second degree in scientific 4 programme as control class. The researcher divided those number purposively and randomly. The researcher collected the data using observation, interview, questioner and test.

The result of the research is that the application of developing study subject matter based on computer can increase of listening and speaking Arabic skill of Islamic high school of raudlatul ulum guyangan trangkil pati Central Java student with T-Test Independent value is 3,782 after conculted with table value on scale 1 % and 5 %. And the hypothesis in this research is accepted.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Idris Jauhar, Nasaruddin and Mahmud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: تطوير; مواد التعليمية; حاسوب; مهارة الاستماع; مهارة الكلام; pengembangan; materi ajar; berbasis computer; kemahiran mendengar bahasa arab; kemahiran berbicara bahasa arab; Developing; Subject Matter; Based on Computer; Listening Arabic Skill; Speaking Arabic Skill.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:42
Last Modified: 11 Apr 2017 02:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6259

Actions (login required)

View Item View Item