إعداد الكتاب المصاحب "كتاب التعبير" للمستوى الأول من كتاب سلسلة تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة والكتابة: بحث تطويري تجريبي في معهد عمر بن الخطاب العالي بسوربايا

Fauzi Jaiz, Imam (2011) إعداد الكتاب المصاحب "كتاب التعبير" للمستوى الأول من كتاب سلسلة تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة والكتابة: بحث تطويري تجريبي في معهد عمر بن الخطاب العالي بسوربايا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bahan ajar adalah merupakan salah satu dari lima unsur kegiatan belajar mengajar, yaitu : kurikulum, pelajar, guru, lingkungan dan bahan ajar. Para penanggungjawab bidang akademik sering mengeluhkan kesulitan untuk menyusun sebuah bahan ajar yang biasanya berbentuk buku teks. Boleh jadi kunci kesulitan ini adalah bahwa penyusunan bahan ajar itu menuntut dipenuhinya syarat-syarat yang jika diabaikan, maka ia akan menjadi sia-sia. Banyak lembaga pendidikan di Indonesia yang menjadikan buku-buku ajarnya dalam pembelajaran Bahasa Arab dari karya-karya ulama-ulama Timur Tengah. Padahal faktanya pembelajaran dengan menggunakan buku-buku ini memiliki banyak problem, karena beberapa kandungan budaya dan lingkungan tidak sesuai denga para mahasiswa. Diantaranya adalah Yayasan Asia Moslim Al Khoiriyah yang mengasuh lembaga-lembaga pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia, diantaranya Ma'had Umar bin Al Khattab di Surabaya yang menjadikan Kitab Silsilah sebagai bagian terbesar buku-buku ajarnya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan penyusunan buku pendamping dari Kitab Ta'bir dari Silsilah Ta'lim Lughoh 'Arabiyah untuk mengembangkan ketrampilan berbicara dan menulis dan apakah buku pendamping itu efektif untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dan menulis

Penelitian ini menggunakan desain pengembangan eksperimen di mana peneliti mengembangkan Kitab Ta'bir dari Silsilah Ta'lim Lughoh 'Arabiyah untuk level pertama, kemudian mempraktekkan pada mahasiswa level satu itu dengan membagi kelas menjadi dua bagian, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, di mana masing-masng berjumlah 16 mahasiswa. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah : (1) Dokumen, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Angket, (5) Ujian.

Hasil penelitian ini adalah : (1) bahwa dalam penyusunannya buku pendamping ini memperhatikan aspek-aspek kejiwaan, budaya dan kebahasaan mahasiswa dan prosesnya melalui fase-fase pengumpulan teks-teks dan odel- model latihan, kemudian fase perencanaan peta kerja, fase penulisan teks awal, fase koreksi, fase koreksi ulang menyeluruh dengan bantuan ahli, fase pencetakan, fase eksperimen, dan fase koreksi kembali, (2) dan bahwa buku pendamping ini efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bagi kelompok eksperimen ditinjau dari sisi bahwa ada 7 mahasiswa (46,75 %) lulus dengan prestasi istimewa, dan hanya ada satu mahasiswa yang gagal, padahal dari kelas kontrol mahasiswa yang gagal ada 11 (68,5 %) dan tidak ada satupun yang mencapai prestasi istimewa ataupun baik sekali. Dan buku pendaping ini efektif juga untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan menulis, yaitu dari sisi bahwa ada 9 mahasiswa dari kelas eksperimen (56,25 %) yang lulus dengan prestasi istimewa dan hanya satu yang tidak lulus, sedangkan dari kelas kontrol ada 10 mahasiswa (56 %) yang gagal.

ABSTRACT

The Matters of teaching is one of five elements in studying and learning, that’s; methodology, student, teacher, environment and the matters. All of responsible and supervisor in this academic faced a big problems for arrange the special book like text-book. And this problem must be solving by completion the pre- requirement, without that, it will be unscientific, meaningless and without result.

The most Institute of Education in Indonesia make the teach-books in Arabic learning from the literature of Middle-East Scholars. In fact, the learning by these books faces many problems, because the culture and environment aspect be different with Indonesian University Students. That’s like; Asian Muslim Foundation and Charity, who manage the institute of learning Arabic Language in many district of Indonesia. Especially, Umar bin Al-Khattab Islamic Boarding School Surabaya, who makes the Expression Book as the most-used of the teaching matters in this case.

The formula of this research is how to arrange the close-book of The Expression Book from the Series of Arabic Language teaching for improving speaking and writing skill. And how it will be effectively for increasing it. This research used design of developing experimental that the researcher developed the Expression Book from the Series of Arabic Language teaching for the level one, so practiced it into the university student at level one with divided to two clusters of class, which is experiment-cluster and control-cluster, each one 16 students. And the instrument-used is (1) Document, (2) Interview, (3) Observation, (4) Questionnaire, (5) Examination.

The result of research is (1) In the arrangement of this close-book, it attend to psychological aspects, culture and the conditions of student language and processed by collecting phase-texts and exercise models. And after that, used the phase programming for working map, and phase writing of first text, phase correcting, phase re-correcting support by the expert, phase printing, phase experimental and phase re-correction. (2). It denotes that this close-book effectively increasing and improving speaking skill for the experiment-cluster, because 7 students (46,75%) passed by excellence predicate, and only one student who failed, whereas the student control-cluster who failed 11 (68,5 %) and nobody of them received the excellence predicate or very good (jayyid jiddan), and this close-book effectively for improving the students-writing skill, that’s 9 students from experiment-cluster(56,25 %) who passed by excellence predicate, and just only one of them who failed, and from the control cluster only 10 students (56%) who failed.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholih, Syuhadak and Syaikhun Muhamad Sulaiman, Mohamed
Keywords: مهارة والكتابة ;كتاب التعبير ;إعداد الكتاب; تطويري; Desain Buku ajar, Pengembangan; Kitab Ta'bir; Ketrampilan berbicara; menulis; design of teach-book; improving; Expression Book; Speaking; Writing Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:43
Last Modified: 11 Apr 2017 02:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item