Qomariyah, Siti (2002) Faktor-faktor yang menyebabkan tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa: Studi di MTs Sunan Kalijogo Karangbesuki Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110052.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa di MTs. Sunan Kalijogo Karangbesuki Sukun Malang. Prestasi dalam belajar adalah merupakan suatu hasil yang telah dicapai yang ditandai dengan suatu perubahan tingkah laku pada diri seseorang atau individu siswa, baik dalam bentuk tingkah laku, afektif, kognitif maupun psikomotorik.
Kaitannya dengan penulisan Skripsi ini “Studi mengenai faktor-faktor yang menyebabkan tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa (Studi di MTs. Sunan Kalijogo Karangbesuki Sukun Malang)”, adalah mengkaji tentang faktor apa saja yang dapat menyebabkan tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa guna untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat prestasi belajar siswa dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkan uraian tersebut secara rinci Skripsi ini mengkaji masalah :
1. Faktor internal dan faktor eksternal apa yang dapat menyebabkan tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa.
2. Bagaimana upaya siswa yang mengalami prestasi belajar tinggi maupun prestasi belajar rendah.
3. Bagaimana bentuk prestasi belajar siswa.
Tujuan yang ingin dicapai dalam rumusan masalah tersebut adalah ingin mengetahui dan sekaligus memperoleh data sehingga akan terjawab semua permasalahan tersebut di atas. Adapun hasilnya dapat berguna sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan hal-hal yang perlu dikembangkan yang berkaitan dengan faktor-faktor yang dapat membantu meningkatkan nilai prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan.
Untuk mencapai hasil yang diinginkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, interview, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Sunan Kalijogo Karangbesuki Sukun Malang. Adapun dari populasi yang ada penulis mengambil sampel kelas 2. Satu kelas jumlah siswa keseluruhan 33 siswa peneliti menggunakan sampel bertujuan atau purposive sampel yang dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Pengambilan sumber data melalui Bapak Kepala Sekolah, Wali Kelas 2, guru bidang studi aqida akhlak dan orang tua siswa kelas 2. Setelah data terkumpul terlebih dahulu dilakukan klasifikasi dalam pengumpulan data, selaniuinya data tersebut dianalisis dalam rangka mencapai tuiuan penelitan. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu : teknik analisis disknpiit' kwalilatif Berdasarkan hasil penelitian faktor-faktor yang dapat menyebabkan tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa adalah bersumber dari faktor internal dan faktor eksternal faktor internal menyangkut tentang fisiologi dan psikologis siswa, faktor eksternal menyangkut tentang lingkungan atau pendidikan dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Sebagai akhir dan pembahasan skripsi dapat diberikan beberapa kesimpulan alas analisis yang penulis lakukan serta diberikan saran-saran yang berguna bagi pengembangan kwalitas dan kwantitas lembaga pendidikan MTs. Sunan Kahiogo Karangbesuki Sukun Malang di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Samauna, Nurdin |
Keywords: | faktor tinggi rendahnya prestasi belajar siswa; MTs Sunan Kalijogo Karangbesuki |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 09:28 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 09:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62571 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |