Muntafi’ah, Zuni (2002) Penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan minat anak belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ihsan Karangpakis Purwoasri Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110033.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Setiap orang muslim mempimyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mempelajari dan mengajarkan Al Qur'an, sebab A!-Qur'an adalah wahyu Allah yang terakhir dan menjadi rahmat bagi seluruh umat. Di samping itu menjadi pegangan hidup, tuntunan, pedoman serta petunjuk bagi segenap manusia dalam mengarungi kehidupan.
Melihat kondisi dan realita umat Islam dewasa ini, ketidakmampuan membaca A!-Qur'an memmjukkan indikasi prosentase yang meningkat. Jelasnya mereka tidak hanya datang dari keluarga yang penghayatan Islamnya kurang, tetapi juga dari keluarga pemuka agamapun tidak sedikit yang buta huruf A!-Qur’an.
Keadaan yang demikian, jelas menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi umat Islam. Oleh karena itu para ahli dalam pengajaran A!-Qur'an berupaya untuk menemukan suatu metode pengajaran A!-Qur'an yang tepat, mudah, cepat serta tidak membosankan sebagai langkah awal yang efektif guna menarik minat masyarakat terutama anak-anak agar mau belajar membaca A!-Qur'an. Salah satu diantaranya adalah metode An٠Nahdliyah yang diterapkan di TPQ. Penerapan metode ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak dan guru-guru dituntut benar-benar ahli dalam ilmu A!-Qur'an.
Hal ini cukup menank bagi penulis untuk diimgkap sebagai bahan kajian dalam skripsi, dan penulis merasa perlu meneliti metode An-Nahdliyah yang digunakan dalam pengajaran A!-Qur’an pada suatu lembaga pendidikan yaitu TPQ Al-Ihsan. Penelitian ini penulis agendakan dalam suatu skripsi yang berjudul " Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Minat Anak Belajar Membaca Ai-Qur’an di TPQ Al-lhsan Karangpakis Purwoasri Kediri ”.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana pelaksanaan pengajaran A!-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Ihsan Karangpakis Purwoasri Kediri, 2) Bagaimana minat anak belajar membaca A!-Qur'an di TPQ Al-Ihsan Karangpakis Purwoasri Kediri, 3) Upaya-upaya apa sajakah yang dilakukan untuk meningkatkan minat anak belajar membaca A!-Qur'an di TPQ Al- Ihsan Karangpakis Purwoasri Kediri.
Adapun tujuan pembahasan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran A!-Qur١an dengan metode An-Nal١dliyah di TPQ Al-lhsan Karangpakis Purwoasri Kediri, untuk mengetahui minat anak belajar membaca Al- Qur'an di TPQ AMhsan Karangpakis Purwoasri Kediri, untuk mengetahui upaya- upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat anak belajar membaca Al-Qu٢'an di TPQ Al-Ihsan Karangpakis Purwoasri Kediri.
Adapun metode yang digunakan dalam pembahasan skripsi ini adalah metode induktif dan metode deduktif. Sedangkan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Setelah data terkumpul kemudian data dianalisis. Untuk data yang bersifat kualitaif penulis menggunakan metode analisa deskriptif yaitu dengan jalan menguraikan atau menjelaskn data yang diperoleh. Sedangkan untuk menganalisa data yang sifatnya kuantitatif, penulis menggunakan tekhnik prosentase frekuensi dengan menghitung prosentase dari frekuensi gejala yang tampak dengan rumus :P=٤x 100 /٥o N
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa oencrapan metode An- Nahdliyah dalam pengajaran A!-Qur٠an di TPQ Al-Ihsan sangat diminati anak-anak. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Ihsan telah dapat meningkatkan minat anak belajar membaca A!-Qur'an.
Sebagai saran dari hasil kesimpulan adalah bagi para ustadz-ustadzah hendaklah memilih suatu metode pengajaran yang lebih tepat agar santri tidak mudah bosan atau jenuh dalam belajarnya sehingga dapat meningkatkan minat anak dalam belajar A!-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djumransyah, Djumransyah |
Keywords: | penerapan metode An-Nahdliyah; minat belajar membaca Al-Qur'an; TPQ Al-Ihsan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 09:28 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 09:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62566 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |