Aisyiyah, Ainul (2002) Pengaruh pelaksanaan program menghafal Al-Qur'an terhadap prestasi belajar siswa: Studi kasus di Madrasah Aliyah Keagamaan Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110007.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
A!-Qur١an adalah kitab Allah yang kekal dan bennu’jizat yang diturunkan kepada Rasul-Nya, yakni Muhammad 5٨٧٧ dan untuk disampaikan pada umat manusia sebagai pedoman hidup guna mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup baik di dunia maupun di akhirat.
ALQur’an merupakan bacaan yang terbaik, selain dibaca al-Qur’an perlu untuk dihafalkan, karena dengan menghafal a!-Qur’an akan dapat menjaga keaslian dan kemurnian a!-Qur’an itu sendiri. Menghafal a!-Qur’an merupakan kebutuhan umat Islam sepanjang zaman.
Di Indonesia banyak lembaga pendidikan Islam yang mengelola secara khusus menghafal a!-Qur’an. Dan lembaga pendidikan di lingkungan pondok pesantren karangasem ini memberikan kesempatan untuk belajar menghafal a!-Qur’an meskipun di lembaga ini sudah padat dengan materi pelajaran, lembaga ini adalah Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK).
Belajar merupakan kebutuhan setiap orang, meski demikian setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam mencapai tujuan belajar (prestasi belajar), yang mana untuk mencapai prestasi belajar dipengaruhi banyak faktor, baik faktor intern maupun ekstern.
Dengan materi pelajaran yang padat serta adanya program menghafal al- Qur’an apakah tidak mempengaruhi prestasi belajar, karena penulis mempunyai asumsi bahwa semakin banyak materi yang dipelajari siswa, maka kesempatan belajar akan berkurang sehingga akan mempengaruhi terhadap penurunan prestasi belajar siswa, begitu juga sebaliknya. Dari uraian tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Our'an terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Keagamaan Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan).
Adapun ruang lingkup penelitian ini meliputi: Prestasi Belajar Siswa, Faktor- faktor yang mendukung dan menghambat prestasi belajar siswa dan pengaruh pelaksanaan program menghafal al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa MAK. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa , faktor- faktor yang mendukung dan menghambat prestasi belajar siswa serta pengaruh pelaksanaan program menghafal a!-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa MAK. Untuk memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan metode observasi, dokumenter, interview dan angket. Sedangkan pembahasannya menggunakan metode induktif, deduktif serta komparasi. Analisa data yang dipergunakan adalah prosentase untuk data yang bersifat kuantitatif dan dengan teknik analisa deskriptif untuk data yang bersifat kualitatif.
Oleh sebab itu, dalam penulisan skripsi ini penulis menempuh beberapa prosedur penelitian yaitu: (1) Library Research, yaitu suatu penelitian dengan membaca kepustakaan/ teori-teori yang sesuai dengan judul penelitian, (2) Melakukan survey dalam rangka untuk ntemperoleh data yang akurat dengan mengadakan penelitian di lapangan.
Adapun kajian pustaka yang penulis paparkan adalah pengertian menghafal a!-Qur’an, metode menghafal al-Qur١an, keutamaan menghafal a!-Qur’an, pengertian prestasi belajar, upaya peningkatan prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengruhi prestasi belajar siswa dan pengaruh pelaksanaan program menghafal a!-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil yang penulis peroleh dari penelitian adalah kondisi obyektif Madrasah dan data-data tentang pengaruh pelaksanaan program menghafal a!-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa. Kondisi obyektif Madrasah Aliyah Keagamaan tersebut mehputi: sejarah berdirinya MAK, letak geografis MAK, keadaan guru MAK, keadaan siswa MAK, struktur organisasi MAK, kurikulum MAK, fasilitas MAK serta kegiatan siswa MAK.
Mengenai pelaksanaan program menghafal a!-Qur’an, pada dasarnya tidak mempenganihi terhadap penurunan prestasi belajar siswa yang mana dengan pelaksanaan program menghafal a!-Qur’an tersebut ternyata prestasi belajar siswa biasa-biasa saja, yaitu baik. Hal ini karena didukung oleh berbagai faktor, baik intent maupun ekstern yakni metode belajar mengajar, tingginya minat pada diri siswa untuk belajar dan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun |
Keywords: | program mengahafal Al-Qur'an; prestasi belajar siswa; MA Keagamaan Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 09:28 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 09:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62565 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |