Yusuf, Enjang Burhanudin (2011) تـقويم انماط أسئلة اللغة العربية لغير الناتقين بها: دراسة تقويمية في جامعة مولانا مالك إبراهم الإسلامية الحكومية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
0972004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Evaluasi menjadi bagian yang penting dari proses pendidikan, karena dengan evaluasi stakeholder pendidikan bisa mendapatkan laporan yang akan dijadikan sebagai acuan dasar dalam mengambil langkah maupun kebijakan pendidkan. Salah satu bentuk evaluasi yang diadakan di lembaga pendidikan atau sekolah adalah tes. Tes merupakan sesuatu yang di buat sebagai usaha mengenal masalah yang di hadapi siswa kemudian menentukan remedialnya. Pendapat lain mengatakan bahwa dengan tes dapat mengukur sejauh mana keberhasilan siswa dalam pengajaran. Melalui tes pula seorang guru dapat mengukur tingkat efisiensi dan efektifitas dari pengajarannya. Skor yang di peroleh dapat di katakan sebagai hasil dari suatu proses pengajaran, meskipun asumsi ini masih perlu di buktikan dengan penilitian lebih lanjut. menganalisis atau mengevaluasi silabus dan kurikulum, mengukur kemampuan siswa, menilai suatu program adalah tujuan lain dari dari sebuah tes. Dengan pengetahuan yang baik tentang tes, kita akan mampu membuat tes yang baik dengan bersandar pada tujuan-tujuan yang diinginkan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa butir-butir soal TOAFL ‘Test of Arabic as Foriegn Language’ yang disusun oleh Tim dari Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dari segi Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda. Test TOAFL ini terdiri dari pemahaman mendengar, pemahaman membaca dan unsur-unsur bahasa yang lain seperti Tata Bahasa dan Kosakata. Adapun jumlah soal tes TOAFL ini adalah 14.150 butir soal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas M2 Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan mengambil 30 mahasiswa dari kelas M2 sebagai sampelnya. Didalam menganalisa data penelitian peneliti menggunakan rumus Split Half Methode dan Spearman Brown dalam menganalisa Reliabilitas dan rumus tingkat kesukaran dan daya beda untuk menganalisa tingkat kesukaran dan daya beda. Selain itu, peneliti juga dibantu program komputer ANATES-V4 yang dirancang khusus untuk menganalisa butir-butir soal.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut:
1. Bahwa reliabilitas soal TOAFL yang disusun oleh Tim dari PKPBA UIN Maulana Malik ibrahim adalah 0,8324, dimana angka ini menunjukan bahwa tingkat reliabilitas tes ini adalah tinggi.
2. Bahwa tingkat kesukaran masing-masing butir soal TOAFL dari 150 soal adalah 105 soal (70%) memiliki tingkat kesukaran sedang, 24 soal (16%) memiliki tingkat tingkat kesukaran sangat sulit, sedang sisanya yaitu 21 soal (14%) memiliki tingkat kesukaran sangat mudah.
3. Bahwa Daya Beda 150 soal TOAFL adalah 9 soal (6%) memiliki daya beda yang baik, 70 soal (٤٧%) memiliki daya beda sedang, 20 soal (13%) memiki daya beda kurang, 32 soal (21%) tidak memiliki daya beda, dan sisanya 19 soal (13%) memiliki daya beda negatif.
ABSTRACT
Evaluation becomes an important part of the education process because with evaluation, the education stakeholders can get a report that will serve as the basic reference in taking some steps as well as education policy. One form of evaluation held in institutions or schools is testing. Test is something made in an effort to know the problems faced by students and then they will be determined their remedy. Another opinion states that testing can measure the extent of students’ success in teaching process. Through testing, teacher can measure their teaching efficiency and effectiveness. Scores obtained are a result of a teaching process although this assumption still needs to be proved by further research. Analyzing or evaluating syllabus and curriculum, measuring students’ ability, assessing a program is other goals of testing. With a good knowledge of testing, we will be able to make a good test by relying on the desired goals.
The purpose of this study is to analyze the questions items of TOAFL 'Test of Arabic as Foriegn Language' compiled by the team of the Special Programme of Arabic Learning in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang in terms of their reliability, the level of difficulty, and The Power of Difference. This TOAFL test form consists of Listening and Reading comprehension and the other elements such as Grammar and Vocabulary. The amount of the test questions is 150 items. This research was conducted in class M2 of the Special Program of Arabic Lecturing at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang.
In this study, the researcher use descriptive method with quantitative approach. The population of this study was the students of The special program of Arabic Lecturing at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, by taking 30 M2 students as the sample. In analyzing the the data, the researcher use the formula of Split Half Method and the Spearman Brown formula in analyzing reliability, the level of difficulty and the power of difference to analyze them. In addition, the researcher was also assisted by ANATES-V4 computer program specifically designed to analyze the questions items.
The results of this study are as follows:
1. The reliability of TOAFL test questions prepared by the team is 0.8324, where this figure shows that the level of reliability of this test is high.
2. The level of difficulty of each questions items of TOAFL is that of 150 questions items, 105 questions items (70%) have a medium difficulty level, 24 questions items (16%) are very difficult, while the rest were 21 questions items (14%) are very easy.
3. The power of difference of 150 TOAFL questions items is that 9 items (6%) have a good power of difference, 70 questions (47%) have a middle power of difference, 20 questions (13%) have less power of difference, 32 questions (21%) do not have the power of difference, and the remaining 19 questions (13%) have a negative power of difference.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholih, Syuhadak and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | اﻟﺼﻌﻮﺑﺔ; اﺧﺘﺒﺎر; تـقويم; اﻟﺘﻤﻴﻴﺰ; Test TOAFL; Evaluasi; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Beda; TOAFL Test; Evaluation; Reliability; Degrees of difficulty; Differenciation power. | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2017 09:44 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:27 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6256 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |