إعداد الكتاب المدرسي لتنمية مهارة الكلام: بحث تطوري تجريبي في مدرسة روضة العلوم الثنوية للبنين بكانجيران كوندانج لاكى مالانج جاوى الشرقية

Abdurrahman, Abdurrahman (2011) إعداد الكتاب المدرسي لتنمية مهارة الكلام: بحث تطوري تجريبي في مدرسة روضة العلوم الثنوية للبنين بكانجيران كوندانج لاكى مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview
[img] Other (Text Book)
09720001.rar - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Kompetensi berbicara dinilai sebagai kompetensi kedua setelah kompetensi mendengar, dan bukan bagian yang terpisah dari bagian pembelajaran Bahasa Arab yang lain, bahkan kompetensi berbicara adalah tujuan dari semua bagian kompetensi yang lain. Namun, kita melihat bahwa pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah dan Pondok Pesantren tidak berorientasi pada bagian penting ini, karena pembelajaran Bahasa Arab lebih banyak diorientasikan untuk tujuan Agama saja, yaitu memahami Nash Agama. Dan hal ini terlihat, ketika kita melihat siswa yang lemah dalam kompetensi berbicara, bahkan mereka lemah hanya untuk menyampaikan hal-hal yang sederhana sekalipun, tentang kehidupan mereka sendiri. Selain memang Kurikulum yang diberlakukan memang menentukan beberapa tujuan pembelajaran kearah sana. MA Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi Malang, setelah diobservasi oleh peneliti, terlihat bahwa siswa disana berada pada posisi lemah pada kompetensi berbicara.

Rumusan masalah penelitian yang akan dibahasa oleh peneliti ini adalah bahwa siswa merasa kesulitan memahami Materi Pelajaran dalam Buku Ajar, karena rendahnya kemampuan bahasa Arab mereka, sehingga menjadikan kemampuan berbahasa Arab mereka menjadi cenderung rendah dalam semua bagian kompetensi bahasa yang empat, terutama kompetensi berbicara. Karena itu, peneliti bertanya-tanya dalam dirinya: materi pelajaran apa yang sesuai untuk pembelajaran Bahasa Arab dalam kompetensi berbicara.

Penelitian ini adalah kajian pengembangan (RnD), penelitian jenis ini adalah untuk menghasilkan produk tertentu dan eksperimen efektifitasnya. Pengembagan dalam bidang Pendidikan dimaksudkan untuk penerapan produk demi peningkatan produktifitas dan validitasnya. Produk yang ingin dikembangkan oleh peneliti adalah pembuatan Buku Ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dengan mengacu pada tujuan-tujuan pembelajaran, kompetensi yang harus dicapai, sebegaimana yang telah ditetapkan dalam Kurikulum. Sementara objek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi Malang Tahun Ajaran: 2010-2011, berjumlah 42 siswa, yang diklasifikasi dalam dua kelas: kelas XA dan kelas XB. Dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik: observasi, angket dan tes.

Adapun kesimpulan penelitian ini adalah: (1) bahwa pembuatan Buku Ajar yang sesuai untuk pembelajaran kompetensi berbicara bagi siswa MA Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi Malang berhasil dengan memperhatikan teori pembuatan Buku Ajar untuk pembelajaran Bahasa Arab, terutama kompetensi berbicara, dan (2) karakteristik dari Buku Ajar yang elah dibuat adalah: bahwa peneliti membagi Buku yang dibuatnya kedalam tiga bagian: bagian kosa kata baru, materi teks yang terdiri dari teks dialog dan khitab, dan bagian latihan. Peneliti mendisain Bukunya dalam bentuk buku mandiri, yang tidak lagi membutuhkan buku pendampin kecuali dalam hal Qawa’id.

ABSTRACT

Speaking competence competencies rated as second only to the competency hearing, and not a separate part of learning the Arabic language to another, even speaking competence is the goal of other competencies. However, we see that learning Arabic at the Madrasah ang Pesantren not oriented in this important part, because learning Arabic language more oriented to religious purposes only, that is understood Nash Religion. And this is seen, when we see students who are weak in the competence to speak, even they are weak just to say tings that are simple ones, about ther own lives. In iddition to imposed curriculum does indeed set some goals towards learning there. Islamic high school Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglagi Malang, once observed by reaserchers, show that the students there are in a weak position on the competence to speak.

The formulation of research problems will be discussed by this reasearchers is that students fint it difficult to understand the lesson material in the textbook, due the lower their Arabic language skills, making them into Arabic language skills tend to be low in all the four part of language competence, particularly competence to speak. Therefore, researchers wondered within himself: what is appropriate subject matter for learning Arabic in the competence to speak.

This study is a review of the Development and Research (RnD), this type of research is to produce a particular product and its effectiveness experimentally. Education in developing a field intended for application of products for increased productivity and validity. Product to be developed by the researchers is making textbook according to the need of students, with reference the learning goals, competencies to be achieved, as stipulated in the curriculum. While the object of this study is the class X of Islamic high school Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglagi Malang, year: 2010-2011, totalling 42 students, are classified into two classes: class XA and class XB. And to collect data, researchers used techniques: observation, questionnaires and tests.

The conclusions of this study are: (1) that the manufacture Textbook appropriate to speak of learning competencies for students of Islamic high school Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglagi Malang, successful with respect to the theory of creation Textbook for Arabic language learning, especially speaking copmpetence, and (2) the characteristics of textbook of pretext is made are: thet the researchers divided the book is made into three parts: the new vocabulary, text material consisting of text dialogue and khitab, and part of the axercise. Researchers designed the book in the form of independent book, which no longer need the book except in term qawa’id and competition book.
`

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syuhadak, Syuhadak and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: الكتاب المدرسي; مهارة الكلام; Buku Ajar; Kompetensi Berbicara; Textbook; Speaking Competence
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:44
Last Modified: 11 Apr 2017 02:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6255

Actions (login required)

View Item View Item